Ke Negara Mana Saya Harus Mengatur VPN Saya?

Jika Anda baru mengenal jaringan pribadi virtual, Anda mungkin bertanya-tanya ke mana Anda harus menghubungkan VPN baru Anda. Lagi pula, ketika Anda dapat terhubung di mana saja di dunia, pilihannya bisa sangat banyak. Berikut adalah beberapa aturan praktis untuk menemukan negara dan server terbaik untuk Anda.

Server VPN Mana yang Harus Saya Pilih?

Ada beberapa alasan mengapa Anda menggunakan VPN, tetapi dua yang paling penting adalah keamanan dan kemampuan untuk mengubah lokasi digital—pikirkan untuk lolos dari sensor atau masuk ke perpustakaan Netflix negara lain. Ada beberapa kegunaan yang tidak termasuk dalam salah satu kategori, seperti torrent, tetapi kita akan membicarakannya nanti.

Yang mana saja yang diprioritaskan untuk Anda akan memutuskan negara mana yang harus Anda hubungkan ke. Jika Anda tinggal di negara dengan internet bebas sensor dan keamanan adalah satu-satunya perhatian Anda, Anda harus memilih server yang paling dekat dengan Anda. Ini terutama karena semakin jauh sebuah server, semakin buruk kecepatan Anda.

Dengan menghubungkan dekat, Anda mendapatkan kecepatan terbaik dan dapat menikmati perlindungan terowongan VPN, yang berarti Anda dapat menjelajahi internet tanpa terlalu khawatir tentang siapa pun yang mengintip koneksi Anda. Jika, karena alasan apa pun, Anda mendapatkan kecepatan yang buruk bahkan di server terdekat, lihat kiat kami tentang cara meningkatkan kecepatan VPN.

Menghubungkan ke Negara Lain

Tentu saja, banyak orang akan mendapatkan VPN terutama agar mereka dapat memalsukan lokasi mereka, dengan keamanan sebagai perhatian sekunder. Dalam hal ini, Anda tentu saja harus terhubung ke negara tempat Anda ingin muncul. Orang Eropa mungkin ingin terhubung ke Netflix AS, misalnya, sementara orang Amerika yang sedang berlibur mungkin ingin menggunakan server AS untuk mengakses akun perbankan online mereka.

Namun, pilihan pertama Anda harus selalu menjadi server yang lebih dekat. Jika Anda terhubung ke A.S. dari Eropa, misalnya, coba pilih server di Pantai Timur, sementara orang-orang di Asia atau Australia mungkin harus memilih server Pantai Barat. Jika Anda berada di Amerika Serikat, sambungkan ke Irlandia atau Prancis daripada ke server Polandia. Jika Anda memerlukan alamat IP UE; Anda mengerti.

Hal yang sama berlaku untuk orang yang ingin menghindari sensor internet: jika Anda berada di China, coba sambungkan ke server di Taiwan, Jepang, atau Singapura untuk mendapatkan kecepatan yang baik. Hal yang sama berlaku untuk orang-orang di Rusia timur yang mencoba menghindari blokade rezim, meskipun orang-orang di Moskow mungkin ingin terhubung ke server UE.

Jika Anda menggunakan VPN untuk terhubung ke Netflix atau layanan streaming lainnya, ada kemungkinan Anda menang tidak dapat melewatinya karena sebagian besar layanan ini memiliki tindakan anti-VPN. Ketika ini terjadi, teruslah mencoba server baru sampai Anda menemukan server yang berfungsi. Ini mungkin berarti Anda harus menggunakan server yang lebih lambat, tetapi setidaknya Anda dapat menonton apa yang Anda inginkan.

Negara yang Tidak Terhubung ke

Tentu saja, ada beberapa negara yang tidak boleh Anda hubungkan, biasanya karena Anda berisiko mengalami semacam pelacakan. Meskipun di atas kertas VPN Anda seharusnya dapat melindungi Anda dari itu, di bawah beberapa rezim otoriter Anda dapat menemukan data Anda disita ketika server, misalnya.

Risiko itu juga ada di negara lain, karena VPN akan bekerja sama dengan penegak hukum di bawah keadaan tertentu, itu hanya jauh lebih besar di tempat-tempat terbatas. Perhatikan bahwa India mungkin akan bergabung dengan klub itu akhir tahun ini.

Singkatnya, negara mana pun yang ingin ditembus oleh orang lain harus terlarang bagi pengguna VPN. Pikirkan tempat-tempat seperti Cina, Iran, Rusia, dan negara lain di mana VPN ilegal atau dikontrol secara ketat. Biasanya, sulit untuk menemukan server di tempat-tempat ini karena hanya sedikit penyedia VPN yang mau berinvestasi di dalamnya—bukan berarti kami menyalahkan mereka—tetapi jika Anda melihatnya, jangan sambungkan kecuali benar-benar diperlukan.

Menemukan Server Torrenting Terbaik

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya , torrent sedikit berbeda karena Anda membutuhkan keamanan yang baik dan untuk memilih lokasi yang baik. Untungnya, situs torrent telah melakukan beberapa pekerjaan untuk Anda. Misalnya, meskipun mengakses The Pirate Bay tidak mungkin dilakukan di UE, ada lusinan situs proxy yang dapat Anda akses.

Setelah pengawas hak cipta mengetahuinya, mereka dengan cepat ditutup, tetapi mereka akan muncul lagi di bawah yang lain Alamat IP. Sebagai hasil dari permainan digital whack-a-mole ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir dari mana Anda mengakses situs torrent. Selama Anda terhubung melalui VPN, Anda akan baik-baik saja. Jika tidak, Anda berisiko terkena denda yang besar jika mengunduh materi berhak cipta tanpa izin. (Tentu saja, kami tidak menyarankan pembajakan dan menyarankan Anda mengikuti undang-undang hak cipta di negara Anda.)

Apakah Anda harus menggunakan server torrent khusus atau tidak seperti yang disediakan oleh NordVPN atau ProtonVPN, kami tidak sepenuhnya yakin. Sebagai aturan umum, kami menyarankan Anda menggunakan server khusus jika tersedia. Tetapi jika layanan VPN Anda hanya menggunakan server serba guna, jangan terlalu khawatir menggunakannya untuk torrent. Selama terowongan VPN melakukan tugasnya, Anda harus aman.

Di Mana Saya Harus Menghubungkan VPN Saya?

Hasilnya adalah ketika datang ke server VPN, lebih dekat lebih baik. Apa pun tujuan Anda menggunakan VPN, selalu pastikan Anda menggunakan server terdekat. Mudah-mudahan, Anda dapat terhubung ke internet tanpa terlalu banyak kerumitan atau waktu memuat.

Itulah berita seputar Ke Negara Mana Saya Harus Mengatur VPN Saya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.