Linux Mint 21.1 “Vera” Sekarang dalam Beta: Inilah yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Linux Mint adalah salah satu distribusi Linux desktop paling populer, dan versi 21 dirilis awal tahun ini. Pembaruan berikutnya, rilis minor, sekarang tersedia untuk pengujian yang lebih baik.

Linux Mint 21 adalah pembaruan yang signifikan, dengan platform inti Ubuntu 22.04 dan perubahan besar pada semua opsi lingkungan desktop. Linux Mint 21.1, dijuluki “Vera,” adalah pemutakhiran berskala lebih kecil berdasarkan rilis yang sama dari Ubuntu. Persyaratan sistem juga tetap tidak berubah — RAM 2 GB (direkomendasikan 4 GB), ruang disk 20 GB (direkomendasikan 100 GB), dan resolusi layar minimal 1024×768 resolusi.

Peningkatan utama dalam rilis ini, setidaknya untuk Varian desktop Cinnamon, adalah penyertaan Cinnamon 5.6. Ini memiliki applet Corner Bar baru di panel yang diaktifkan secara default, yang menyembunyikan semua jendela dan menampilkan desktop saat diklik – mirip dengan tombol desktop di taskbar Windows 7 dan Windows 10.

Tampilan dan nuansa baru, tanpa folder hijau lagi ikon secara default Linux Mint

Ikon Komputer, Sampah, dan Jaringan di desktop sekarang disembunyikan, karena dapat diakses dari pengelola file, dan proyek Linux Mint mengatakan pintasan desktop “hanya digunakan sesekali”. Warna default juga telah diperbarui agar lebih hidup, dan ikon folder kini berwarna kuning, bukan hijau. Terakhir, ada suara sistem baru yang diadaptasi dari sumber daya Desain Material Google.

Linux Mint selalu berfokus pada penyesuaian, sehingga sebagian besar perubahan desain pada pembaruan 21.1 dapat dibalik, jika Anda lebih menyukai tampilan dan nuansa lama. Linux Mint 21.1 Beta tersedia untuk diunduh dalam edisi Cinnamon, MATE, dan Xfce.

Sumber: Linux Mint, OMG! Ubuntu!

Disadur dari HowToGeek.com.