Memahami Pengubah Akses di Java

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

An access modifier adalah jenis deklarasi variabel khusus yang mengontrol bagaimana dan di mana kode lain dapat menggunakan kelas, variabel, atau metode yang dideklarasikan. Blog ini akan menjelaskan apa itu pengubah akses dan tiga tingkat visibilitas yang berbeda untuk kelas, metode, dan variabel dengan beberapa contoh praktis.

Memahami ruang lingkup kode Anda sangat penting untuk menulis program yang dapat dibaca dan dipelihara. Pengubah akses adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan ini. Mereka memberi tahu pengguna lain tentang kode Anda bagaimana Anda ingin mereka berinteraksi dengan metode atau variabel tertentu. Jika Anda baru mengenal pemrograman Java, konsep-konsep ini mungkin tampak membingungkan pada pandangan pertama; namun, begitu Anda mempelajarinya sekali atau dua kali, mereka menjadi lebih jelas. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengubah akses di Java.
Access Pengubah di Java

Access pengubah adalah kata kunci khusus yang memungkinkan Anda menentukan bagaimana kode lain dapat berinteraksi dengan metode atau variabel tertentu di dalam kelas. Seperti banyak konsep pemrograman, pengubah akses sederhana dalam praktiknya tetapi dapat membingungkan pada awalnya. Setelah Anda memahaminya, mereka dapat membantu membuat kode Anda lebih mudah dibaca dan dipelihara.

Ada empat jenis pengubah akses yang berbeda di java:
Private: Anggota pribadi dapat diakses dalam lingkup kelas.Default: Anggota tanpa pengubah akses juga dikenal sebagai paket-pribadi. Yang hanya dapat diakses di dalam kelas dalam paket yang sama. Dilindungi: Anggota yang dilindungi dapat diakses dalam semua kelas dalam paket yang sama dan subkelas dari paket lain. Publik: Anggota publik dapat diakses di mana saja.
Lihat desain tabel di bawah ini untuk lebih memahami tingkat akses pengubah yang berbeda di Java.
Apa itu Access Modifiers di JavaAkses pengubah dan cakupannya di Java
Dalam representasi di atas, bidang dengan `Y` adalah lingkup pengubah yang diizinkan. Kolom kosong tidak mengizinkan aksesibilitas anggota mana pun.
Conclusion

Perbedaan utama antara setiap tingkat visibilitas adalah siapa yang dapat mengaksesnya: – publik – semua orang – pribadi – hanya kelas yang berisi variabel/metode – dilindungi – kelas yang berisi variabel /method dan setiap kelas yang diturunkan darinya Visibilitas kelas, metode, atau variabel menentukan apakah dan bagaimana metode atau kelas lain dapat berinteraksi dengannya. Ini disebut enkapsulasi, dan ini adalah salah satu landasan pemrograman berorientasi objek. Dan sekarang setelah Anda mengetahui apa itu pengubah akses dan cara kerjanya, Anda dapat menggunakannya dalam kode Anda sendiri agar lebih mudah dibaca dan dipelihara.

Referensi tecadmin.com