Mengapa AirPods Terus Terputus? Perbaikan Paling Umum

AirPods adalah cara yang bergaya dan nyaman untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon. Namun, tidak ada yang lebih buruk daripada volume yang terputus selama sesi jam atau pertemuan penting. Alasan ini terjadi cukup umum dan mudah diperbaiki. Mari kita lihat mengapa AirPods Anda terus terputus dari perangkat Anda dan bagaimana cara memperbaikinya.

Firmware Anda Kedaluwarsa

AirPods memiliki sistem pemrograman terintegrasi yang disebut firmware, yang beroperasi mirip dengan OS komputer Anda. Sebagian besar waktu, firmware ini akan diperbarui secara otomatis saat Anda terhubung ke Wi-Fi untuk membawa perangkat sesuai dengan standar industri dan keamanan baru. Akan ada saat-saat ketika Anda jauh dari jaringan Wi-Fi, dan Anda terjebak dengan AirPods usang yang tidak berfungsi. Anda dapat mengakses pembaruan firmware dari perangkat seluler.

Di Perangkat iOS

Saat AirPods Anda terhubung ke perangkat seluler (iPad, iPhone), ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbarui firmware mereka:
Buka Pengaturan di perangkat iOS Anda dan ketuk Bluetooth.Pilih AirPods Anda dari daftar perangkat. Ketuk ikon “i” (ikon informasi) di sebelah nama perangkat Anda. Di sini, Anda dapat melihat versi AirPods Anda. Periksa untuk melihat apakah ini versi terbaru, lalu saat menggunakan Wi-Fi (atau data seluler jika Anda memilikinya), unduh dan instal versi saat ini.
Di MacBook dan Perangkat Lain

Sayangnya, tidak ada cara untuk memperbarui firmware AirPods melalui Android, Windows, dan bahkan komputer MacBook. Jika Anda perlu memperbarui firmware dan tidak memiliki iPhone atau iPad, cari teman yang dapat membantu Anda.

Bluetooth Interference

AirPods menggunakan Bluetooth untuk terhubung ke perangkat Anda. Terkadang, ada gangguan dengan perangkat lain di sekitar Anda. Misalnya, router memancarkan sinyal pada frekuensi 2.4GHz, yang merupakan frekuensi yang sama dengan Bluetooth. Berdiri di samping router dapat menimbulkan gangguan pada AirPods Anda. Sebagian besar perangkat nirkabel dan gadget seperti mouse atau keyboard juga disiarkan pada 2.4GHz.

Jika Anda bekerja di kantor atau di kedai kopi, ada kemungkinan besar beberapa gangguan menyebabkan sambungan AirPods Anda terputus. Coba pindah ke area yang lebih terpencil dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Deteksi Telinga Otomatis

Semua model AirPod memiliki sensor internal yang mendeteksi apakah AirPods ada di telinga Anda atau tidak. Mereka mungkin mati jika sensor mendeteksi gerakan cepat dari AirPods.

Ini menjengkelkan jika Anda kesulitan menyimpan AirPods di telinga Anda dan selalu harus menyesuaikannya. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan fungsi ini dengan melakukan hal berikut:
Buka Pengaturan di perangkat iOS Anda dan ketuk Bluetooth. Pilih AirPods Anda dari daftar perangkat. Ketuk ikon “i” (informasi) di sebelah nama Hapus pilihan “Deteksi Telinga Otomatis ” option.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, AirPods Anda akan tetap menyala selama Anda menggunakannya, apa pun gerakannya.

Versi Bluetooth yang Berbeda

AirPods berjalan di Bluetooth 5.0. Jika Anda memasangkannya dengan PC Windows atau perangkat Android lama, atau bahkan Mac lama, perangkat tersebut mungkin menjalankan Bluetooth versi lama. Ketika ini terjadi, AirPods harus menurunkan versi untuk terhubung dengan perangkat. Ini menurunkan jangkauan dan kualitas koneksi AirPods, yang dapat menyebabkan pemutusan.

Jika Anda memiliki perangkat Bluetooth lama, Anda dapat membeli drive Bluetooth 5.0 eksternal. Alat praktis ini memancarkan sinyal Bluetooth 5.0.

Jika Anda sudah memiliki adaptor Bluetooth 5.0, Anda dapat menggunakan drive eksternal untuk meningkatkan sinyal, memberi Anda lebih banyak ruang untuk bergerak jika Anda perlu berada jauh dari perangkat selama beberapa menit.

Catatan: Drive eksternal ini biasanya USB. Mereka paling baik digunakan dengan komputer, tetapi ada adaptor yang dapat Anda beli untuk perangkat seluler Anda untuk menyambungkannya.

Accumulated Grime dan Wear

AirPods portabel, jadi Anda mungkin membawanya ke mana pun Anda pergi. Ini dapat membuat banyak keausan pada perangkat, yang dapat menimbulkan masalah di telepon. Sangat penting untuk merawat AirPods Anda dengan baik dengan menyimpannya dalam wadah saat tidak digunakan.

Cara lain yang baik untuk menjaga AirPods Anda tetap berjalan dengan baik adalah dengan membersihkannya setiap beberapa hari.Pertama, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 70% isopropil alkohol, sikat gigi, tusuk gigi, kapas, dan kain tidak berbulu.

Untuk membersihkan dan merawat AirPods, ikuti petunjuk berikut:
Taruh sedikit alkohol pada kapas dan kain.Gunakan kapas untuk masuk ke semua dari celah-celah perangkat. Keluarkan kotoran atau kotoran telinga.Gunakan tusuk gigi untuk mengitari tepi dan lipatan AirPods. Berhati-hatilah dengan bagian ini, karena bagian jala AirPods sangat halus dan dapat pecah. Ambil sikat gigi dan bersihkan kotoran kecil atau halus dari AirPods secara perlahan. Seka AirPods dengan kain dan selesai! AirPods Anda dalam kondisi baik adalah penting. Jika Anda merawatnya, Anda tidak akan mengalami terlalu banyak masalah saat menghubungkannya ke perangkat Anda.

Berikut adalah beberapa cara lain agar AirPods Anda berfungsi kembali.

Masukkan AirPods Anda ke Dalam Wadahnya

Setelah AirPods Anda terputus, ada kalanya mereka jangan sambungkan kembali secara otomatis ke perangkat Anda.

Saat Anda memasukkan kembali AirPods ke dalam wadahnya, fungsi pengisian daya akan mengakhiri koneksi apa pun yang dimiliki AirPods. Saat Anda mengeluarkannya kembali, mereka akan mencoba menyambung kembali lagi.

Setel Ulang AirPods Anda

Seperti kebanyakan gadget, AirPods biasanya dapat diperbaiki dengan menyetel ulang secara manual. Untuk melakukannya, lakukan hal berikut:
Tempatkan AirPods Anda di kasing. Mereka harus memiliki setidaknya 75% dari masa pakai baterainya, jadi jika dayanya hampir habis, isi dayanya sekarang.Buka penutup casing, dengan AirPods Anda, dan tahan tombol kembali selama 20 detik.Setelah lampu mati putih menjadi kekuningan, Anda telah berhasil mengatur ulang AirPods.
AirPods Anda seharusnya sudah berfungsi normal sekarang. Periksa dan pastikan tidak ada lagi masalah pemutusan, lalu nikmatilah!

Tidak Ada Suara Dari AirPods yang Terhubung

Ada beberapa alasan Anda mungkin tidak menerima suara di salah satu atau kedua earbud, bahkan dengan konektivitas yang tepat. Salah satu penyebab umum adalah pengaturan audio ponsel Anda tidak seimbang. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatur ulang AirPods Anda, tetapi Anda juga dapat masuk ke pengaturan perangkat Anda dan menyeimbangkan kembali audio Anda. Berikut adalah petunjuk untuk semua perangkat yang tersedia.

Untuk Perangkat iOS
Dalam pengaturan perangkat Anda, buka tab “Aksesibilitas”. Di tab “aksesibilitas”, pilih “Audio/Visual.” Setel bilah keseimbangan ke tengah.
Untuk Perangkat Android
Dalam perangkat Anda pengaturan perangkat, buka tab “Aksesibilitas”. Pilih tab “Audio and On-Screen Text”. Di bagian “Audio balance”, atur bilah keseimbangan ke tengah.
Untuk Mac
Klik ikon Bluetooth, pilih AirPods Anda, lalu pilih “Open Sound Preferences.” Temukan tab “Output” dan pilih AirPods Anda lagi. Atur balance bar ke tengah.
Untuk Windows
Dalam pengaturan, pilih “System.” Temukan tab “Sound”, lalu klik.Dalam “Output” ”, pilih AirPods Anda sebagai perangkat output. Klik “Device Properties.” Atur keseimbangan audio untuk kedua AirPods ke 50.
FAQ
Apakah AirPods berfungsi sama di perangkat Android dan Windows? perangkat akan dapat terhubung. Namun, banyak fitur, termasuk pemeriksaan masa pakai baterai dan deteksi telinga otomatis, hanya diaktifkan di perangkat iOS. Anda juga tidak dapat memeriksa pembaruan untuk AirPods Anda menggunakan apa pun selain perangkat iOS.

Untungnya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang menambahkan beberapa fungsi yang sangat dibutuhkan untuk perangkat Anda dengan AirPods. Anda dapat menemukan panduan yang bagus untuk mereka secara online.
Saya telah mencoba semua metode ini dan AirPods saya masih terputus. Apa yang harus saya lakukan?

Kemungkinan masalahnya terletak pada perangkat pemutar Anda, bukan AirPods. Buka perangkat Anda dan atasi masalah pengaturan Bluetooth. Cara yang baik dan mudah untuk memeriksanya adalah dengan menemukan perangkat Bluetooth lain dan melihat apakah Anda mengalami masalah koneksi.

Sebelum Kami Putuskan

Kami berharap artikel ini membantu Anda dalam memutuskan sambungan AirPods yang mengganggu itu. Kami telah membuat daftar cara terbaik dan paling nyaman untuk memperbaiki masalah ini, tetapi selalu ada lebih banyak untuk mengetahuinya.

Untuk pembaca yang paham teknologi, apa saja metode lain yang Anda gunakan untuk membuat AirPod Anda berfungsi kembali? Beri tahu kami semua tentang mereka di bagian komentar!