Mengapa Anda Harus Menggunakan Banyak Browser

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Hari-hari perang browser telah berakhir. Hampir semua orang telah memutuskan browser mana yang paling cocok untuk mereka. Namun, Anda tidak perlu menjalin hubungan eksklusif dengan Chrome, Edge, atau Safari. Sebenarnya, ada banyak alasan bagus untuk memiliki dua atau lebih browser yang Anda gunakan secara teratur.

Pisahkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Anda

Tren kerja dari rumah akan tetap ada. Dan dengan begitu banyak orang yang menggunakan komputer pribadi mereka untuk tujuan bisnis, masuk akal untuk memasang dinding pemisah antara pekerjaan dan kehidupan rumah.

Hal ini terutama berlaku jika atasan Anda memberi Anda email kerja dan kredensial masuk untuk berbagai layanan dan alat . Masuk ke Gmail pribadi Anda dan Gmail kantor Anda di peramban yang sama adalah resep untuk pesan yang terlewat, mengirim email dari akun yang salah, atau mencampuradukkan sejumlah hal penting lainnya karena Anda secara tidak sengaja masuk ke akun Google yang salah.

Menjaga semua data terkait bisnis Anda di browsernya sendiri membawa manfaat lain. Misalnya, Anda masuk ke akun Google pribadi Anda dan mencari hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan sepanjang hari ketika Anda duduk di malam hari untuk menonton beberapa YouTube. Dalam hal ini, saran video Anda mungkin sangat dipengaruhi oleh pencarian Anda selama hari kerja, sehingga sedikit lebih sulit untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Membagi Aktivitas Online Anda

Ini bukan hanya menjaga kehidupan profesional Anda terpisah dari urusan pribadi Anda. Jika Anda memiliki hobi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengunduh peramban hanya untuk mereka. Misalnya, saya seorang pembuat film hobi dan memiliki akun khusus dengan login unik untuk proyek saya. Sangat membantu selama setiap tahap proses pembuatan film untuk memiliki semua akun saya, bookmark, sejarah, log, dan banyak lagi di satu tempat. Dan karena sering kali berminggu-minggu atau berbulan-bulan antara login, memiliki browser dengan semua yang disimpan dan siap digunakan ketika saya siap untuk melanjutkan pekerjaan pada sebuah proyek atau memulai sesuatu yang baru itu nyaman.

Jika Anda memiliki hasrat yang mengharuskan Anda untuk menghabiskan banyak uang waktu online, seperti podcasting, kerajinan tangan, fotografi, musik, menulis, berkebun, streaming game, pengerjaan kayu, memasak, dll., pertimbangkan untuk mengunduh browser hanya untuk aktivitas itu. Anda mungkin terkejut betapa banyak hal yang berjalan lebih lancar ketika Anda memiliki ruang khusus untuk melakukannya. Anggap saja sebagai studio virtual untuk hobi Anda.

Media sosial juga dapat menjadi aktivitas yang Anda inginkan untuk mendedikasikan browser. Situs-situs seperti Facebook, Twitter, Instagram, Reddit, Minds, Pinterest, dan banyak lagi bisa sangat menyita waktu. Sebagian besar dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengalihkan perhatian kita dengan layanan ini. Pertimbangkan untuk keluar dari semua akun Anda dan masuk dengan browser yang hanya untuk jejaring sosial. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak terlalu terganggu selama hari kerja, dan Anda tidak akan jatuh ke dalam lubang kelinci begitu banyak atau terlibat dalam argumen yang tidak berguna dengan orang asing ketika Anda seharusnya melakukan sesuatu yang produktif.

Tingkatkan Privasi Anda Saat Menjelajah Web

Bukan rahasia lagi bahwa ribuan perusahaan melacak aktivitas online Anda. Dan tidak ada alasan Anda harus memberi mereka segalanya. Menggunakan beberapa browser menyebarkan semua pelacak menyeramkan itu ke banyak tempat berbeda, memberi para penambang data jauh lebih sedikit untuk digunakan. Plus, jika Anda memiliki nama samaran online untuk tujuan privasi, memiliki browser untuk persona itu untuk digunakan secara eksklusif membantu mengurangi jumlah data yang bercampur antara kepribadian manusia Anda yang sebenarnya dan identitas online Anda. Namun, Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam VPN yang berkualitas jika Anda ingin penyembunyian yang lebih komprehensif.

Menggunakan banyak browser juga memudahkan untuk menghapus data Anda. Misalkan Anda ingin menutup akun dan menghapus data yang telah terkumpul untuk aktivitas online tertentu. Jika semua yang Anda lakukan ada dalam satu browser, Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam menelusuri riwayat, kredensial masuk, akun media sosial, dan lainnya dalam upaya menargetkan aktivitas tersebut. Jika Anda memiliki peramban khusus untuk aktivitas tersebut, Anda dapat menghemat waktu pembersihan selama berjam-jam karena Anda tidak perlu menyaring begitu banyak data.

Manfaatkan Fitur Unik Peramban yang Berbeda

Membatasi diri Anda pada satu peramban sebenarnya dapat menurunkan pengalaman online Anda. Anda mungkin berpikir semua browser itu sama, tapi itu tidak benar. Setiap browser memiliki set fitur uniknya sendiri. Dan meskipun ada banyak tumpang tindih, tidak ada browser yang memiliki segalanya. Misalnya, Safari tidak memiliki fitur seperti Mode Layar Penuh, Tab Samping, dan ekstensi khusus. Dan beberapa browser memiliki fitur khusus. Misalnya, browser yang berpusat pada privasi, Brave, mematikan semua pelacak dan iklan secara default dan bahkan memiliki mata uang kripto sendiri yang dapat diperoleh pengguna. Plus, beberapa browser hanya lebih baik daripada yang lain pada tugas-tugas tertentu. Luangkan waktu beberapa menit untuk menjelajahi perangkat dan alur kerja unik setiap browser untuk menentukan browser mana yang terbaik untuk penggunaan tertentu.

Hal-Hal Kecil Membuat Perbedaan Besar

Tidak semua alasan memiliki banyak browser dapat masuk ke dalam kategori yang luas. Terkadang, nyaman untuk dapat menjalankan program lain untuk memeriksa sesuatu. Misalnya, halaman web tidak berfungsi di browser Anda. Mungkinkah situs web sedang down, atau Anda entah bagaimana telah diblokir? Cara terbaik untuk memeriksanya adalah dengan mengaktifkan browser kedua Anda untuk melihat apakah masalah juga ada di sana.

Atau mungkin Anda telah diblokir oleh seseorang di Twitter, tetapi Anda masih ingin melihat tweet mereka. Alih-alih keluar dari Twitter, cukup tarik browser Anda yang lain untuk melihat apa yang Anda lewatkan.

Selain itu, Anda mungkin perlu menginstal ekstensi browser untuk tugas tertentu yang Anda lakukan secara rutin. Namun, Anda tidak ingin menggunakannya sepanjang waktu untuk alasan apa pun, dan Anda tidak ingin menonaktifkan dan mengaktifkannya setiap kali Anda menggunakannya. Solusi yang bagus adalah memasang peramban dengan ekstensi tersebut untuk tujuan itu dan beralih bolak-balik antar peramban saat Anda membutuhkannya.

Jika Anda menggunakan VPN, beberapa peramban juga bisa berguna. Jika Anda menggunakan metode yang disebut “split tunneling”, Anda dapat menggunakan situs web yang sama pada dua browser tetapi membuatnya terlihat seperti Anda adalah dua orang yang berbeda yang masuk dari lokasi yang berbeda.

Browser seperti mobil yang berjalan di sepanjang informasi jalan raya super. Tidak ada yang salah dengan memiliki satu mobil untuk pergi dari sini ke sana. Namun, pertimbangkan untuk memiliki beberapa browser seperti memiliki garasi yang penuh dengan mobil: komuter harian Anda, mobil balap, sepeda motor, truk pickup, dan bahkan mobil listrik. Masing-masing memiliki kegunaan tertentu dan fitur unik. Dan tidak seperti mobil, browser gratis dan tidak perlu ganti bensin atau oli.

Itulah berita seputar Mengapa Anda Harus Menggunakan Banyak Peramban, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.