Mengapa Kipas Laptop Saya Sangat Keras? Berikut Beberapa Tips

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak orang senang menggunakan laptop: ringan, portabel, dan bisa sangat bertenaga. Namun, portabilitas ada harganya: komponen dan baterai sering kali sempit di dalam laptop. Jadi, ketika keadaan menjadi panas, Anda mungkin melihat kipas laptop Anda berjuang untuk menjaga suhu tetap rendah dan mengeluarkan banyak suara. Banyak hal yang dapat menyebabkan kipas laptop Anda menjadi keras, tetapi untungnya, Anda dapat mengatasi sebagian besar masalah tanpa kesulitan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari mengapa kipas laptop Anda begitu keras, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini mengungkapkan penyebab potensial dan menyarankan solusinya.

Kipas Angin Laptop Keras di Mac

Biasanya, perangkat Mac tidak mengeluarkan banyak suara, jadi Anda mungkin terkejut saat menyadari bahwa perangkat Anda menjadi lebih keras entah dari mana. Ini bisa mengganggu, terutama jika tidak ada alasan yang jelas. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kipas laptop Anda bermasalah dan menjadi lebih keras dari biasanya:

Sirkulasi Udara Buruk

Saat menggunakan Mac di tempat tidur mungkin terdengar nyaman, hal itu dapat memengaruhi perilaku kipas. Bantal, selimut, atau permukaan lembut lainnya dapat menutupi ventilasi udara Mac Anda, sehingga menyebabkan sirkulasi udara yang buruk. Dalam kasus seperti itu, kipas tidak mendapatkan cukup udara dan mulai bermasalah, menimbulkan banyak kebisingan.

Untungnya, solusi untuk masalah ini mudah: letakkan Mac Anda di permukaan yang rata dan biarkan kipas “bernapas”. Jika Anda ingin membuat kipas lebih efisien, Anda dapat membeli dudukan laptop yang mengangkatnya dari permukaan. Selain membantu kipas Anda bekerja lebih baik, dudukan laptop memberikan sudut pandang yang lebih baik, yang meningkatkan postur Anda.

Dust

Salah satu alasan paling umum untuk kipas Mac yang berisik adalah debu. Debu dapat menumpuk di sekitar kipas, memengaruhi kinerjanya, dan merusak berbagai komponen. Solusinya sederhana: bersihkan debu dari sekitar kipas. Anda harus membuka Mac Anda menggunakan obeng untuk melakukannya.

Jika Anda tidak nyaman dengan ini, kami sarankan untuk membawa Mac Anda ke profesional.

Apps Berjalan di Latar Belakang

Jika Anda memiliki banyak aplikasi, program, atau game yang berjalan di latar belakang, suhu Mac Anda mungkin naik, dan kipas mungkin kesulitan untuk berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan Monitor Aktivitas untuk meninjau aplikasi dan keluar dari proses untuk memastikan kipas Anda tidak bekerja terlalu keras. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka “Aplikasi.” Tekan “Utilitas.” Pilih “Monitor Aktivitas.” Buka tab “CPU” untuk melihat daftar semua aplikasi dan tugas yang aktif. Yang paling menguras CPU Anda akan berada di bagian atas. Pilih tugas yang ingin Anda hentikan dan tekan “X” di sudut kiri atas.
SMC Settings

System Management Controller (SMC) bertanggung jawab atas fungsi daya yang berbeda, termasuk penggemar. Masalah dengan pengaturan SMC dapat mempengaruhi kinerja kipas. Jika Anda menduga ini masalahnya, coba atur ulang pengaturan SMC. Prosesnya bervariasi tergantung pada model dan baterai yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki Mac dengan chip M1, Anda tidak perlu mengatur ulang SMC sama sekali karena chip tersebut sebenarnya menangani semua fungsi SMC.

Mereka yang memiliki Mac lama dengan removable baterai harus mengikuti petunjuk ini untuk mengatur ulang pengaturan SMC:
Matikan perangkat.Keluarkan baterai.Tekan dan tahan tombol daya selama sekitar lima detik.Masukkan kembali baterai.Nyalakan Mac Anda.
Jika Anda memiliki Mac dengan perangkat yang tidak dapat dilepas baterai, inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengatur ulang pengaturan SMC:
Matikan perangkat Anda. Tekan dan tahan Shift + Control + Option di sisi kiri keyboard, lalu tekan dan tahan tombol daya. Tekan terus keempat tombol selama 10 detik.Lepaskan tombol dan hidupkan perangkat Anda.
Mereka yang memiliki laptop Mac dengan chip T2 harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang pengaturan SMC:
Matikan Mac Anda.Tekan dan tahan tombol daya untuk sekitar 10 detik.Lepaskan tombol, tunggu beberapa detik, dan nyalakan Mac.
Laptop Fan Running Loud di Windows 10 atau 11

Jika Anda memiliki laptop Windows dan tiba-tiba kipas Anda menjadi lebih keras, ada banyak tindakan Anda dapat mengambil untuk mengurangi kebisingan. Mari kita lihat penyebab paling umum dari kipas berisik pada laptop Windows:

Dust

Dust adalah salah satu penyebab paling umum dari kipas laptop yang berisik. Seiring waktu, debu dapat menumpuk di sekitar kipas dan memengaruhi kinerjanya. Kipas perlu bekerja lebih keras untuk menghasilkan efisiensi yang sama, yang mengakibatkan panas berlebih dan kebisingan.

Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk membersihkan laptop Anda setahun sekali. Buka laptop Anda dan gunakan blower untuk menghilangkan partikel debu. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, mungkin lebih baik menyerahkannya kepada profesional.

Malware

Salah satu musuh terburuk laptop Windows adalah malware. Program berbahaya dapat membahayakan kinerja perangkat Anda, menyebabkan panas berlebih, dan membuat kipas tegang.

Anda dapat memeriksa apakah laptop Windows Anda terinfeksi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka menu Start, ketik “Task Manager,” dan buka. Di bawah tab “Processes” , Anda akan melihat daftar aplikasi dan proses latar belakang. Laptop Anda terinfeksi jika ada huruf atau angka yang terlihat tidak biasa atau tidak teratur.
Perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak selalu berhasil. Itulah mengapa memperhatikan perilaku laptop Anda sangat penting. Gejala seperti jendela pop-up yang tidak terduga, suara acak, modifikasi file dan folder yang tidak dapat dijelaskan, dan kurangnya ruang hard drive adalah indikator khas laptop Anda terinfeksi.

Program antivirus yang baik sangat penting untuk menjaga kipas Anda beroperasi dengan lancar dan untuk keseluruhan kinerja dan security.

Aplikasi dan Proses yang Berjalan di Latar Belakang

Semakin banyak aplikasi, program, dan proses yang berjalan di laptop Anda, semakin keras kipas harus bekerja untuk menjaga suhu pada tingkat yang optimal. Jadi, untuk memastikan kipas laptop tidak bekerja terlalu keras, Anda harus mengakhiri proses yang tidak perlu. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan menu Start, ketik “Task Manager,” dan buka. Pastikan tab “Processes” dipilih. Anda akan melihat daftar aplikasi dan proses latar belakang. Temukan yang ingin Anda akhiri, klik kanan padanya, dan pilih “Akhiri tugas.” Ulangi proses ini jika perlu.
Sirkulasi Udara yang Berbahaya

Kebanyakan laptop Windows memiliki kipas di bawah sistem. Jika Anda menggunakan laptop di tempat tidur atau menyimpannya di pangkuan, Anda berisiko membatasi sirkulasi udara, sehingga mencegah kipas beroperasi secara normal. Untungnya, ada perbaikan yang mudah: letakkan laptop Anda di permukaan yang rata dan keras di mana tidak ada penghalang aliran udara.

Anda dapat melangkah lebih jauh dan membeli dudukan laptop yang akan menjaga perangkat Anda pada posisi yang tepat dan memberi Anda sudut pandang yang lebih baik . Pendingin laptop juga merupakan pilihan tepat jika Anda ingin mencegah panas berlebih.

Kipas Keras di HP Laptop

HP Laptop terkenal dengan kualitas, teknologi inovatif, dan masa pakai baterai. Meskipun tahan lama dan andal, laptop HP dapat mengalami masalah yang berbeda, termasuk kipas yang berisik. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebisingan dan memastikan kipas Anda bekerja dengan lancar.

Pengaturan Profil Termal

Laptop HP tertentu memiliki pengaturan profil termal dalam aplikasi HP Command Center. Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan preferensi pendinginan dan suhu untuk memaksimalkan kinerja laptop.

Berikut cara mengurangi kebisingan kipas dengan mengubah pengaturan profil termal:
Buka menu Start, ketik “HP Command Center”, dan buka. Pilih “Thermal Profile ” dari menu di sebelah kiri. Pilih mode yang diinginkan. Sebaiknya gunakan mode senyap jika Anda tidak menjalankan aplikasi, program, atau game yang menuntut.
Dust

Meskipun mungkin terlihat bersih di luar, bagian dalam laptop Anda dapat dipenuhi debu. Penumpukan debu adalah salah satu penyebab paling umum dari panas berlebih, kipas berisik, dan perangkat keras yang rusak. Ketika ada banyak debu di sekitar ventilasi udara atau interior laptop, kipas harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan panas.

Pembersihan mendetail dianjurkan setahun sekali. Ini melibatkan membuka laptop Anda dan menggunakan blower untuk menghilangkan penumpukan debu. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan penumpukan debu di sekitar ventilasi.

Aplikasi dan Proses yang Berjalan di Latar Belakang

Kipas laptop Anda dirancang untuk menjaga perangkat Anda tetap beroperasi pada suhu optimal. Efisiensinya bergantung pada beberapa faktor seperti kualitas material, desain, frekuensi penggunaan, dll. Efisiensi kipas juga bergantung pada aplikasi dan program yang Anda jalankan di laptop.

Jika Anda menggunakan banyak aplikasi, game, dan program secara bersamaan, kipas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tetap rendah. Meskipun hal ini mungkin tidak langsung menjadi masalah, hal ini dapat merusak kipas dari waktu ke waktu dan menghasilkan suara bising.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, Anda harus memperhatikan aplikasi dan proses yang berjalan di latar belakang. Terkadang, Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi tertentu sedang berjalan saat laptop Anda menyala. Berikut cara memeriksa dan menutup aplikasi dan proses yang tidak Anda gunakan:
Luncurkan menu Start, ketik “Task Manager,” dan buka. Di bawah tab “Processes”, Anda akan menemukan daftar semua aplikasi dan proses yang aktif. Temukan yang tidak Anda butuhkan, klik kanan padanya, dan pilih “Akhiri tugas.” Ulangi langkah ini untuk setiap aplikasi dan proses yang ingin Anda akhiri.
Sirkulasi Udara Buruk

Menempatkan laptop di atas bantal, selimut, atau pangkuan mungkin nyaman, tetapi tidak ada gunanya bagi perangkat. Permukaan seperti itu membatasi aliran udara ke kipas, dan tanpa udara, kipas tidak dapat melakukan tugasnya.

Jangan khawatir; laptop Anda dapat menangani ini jika Anda melakukannya dari waktu ke waktu. Tetapi jika Anda terus-menerus menggunakan komputer seperti ini, Anda akan melihat kipas Anda berjuang untuk berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan panas berlebih dan dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras.

Cara terbaik untuk memastikan kipas mendapat cukup udara adalah dengan meletakkan laptop di permukaan yang keras dan rata. Jika Anda tidak suka duduk di meja sambil menggunakan perangkat, Anda dapat membeli dudukan laptop untuk tempat tidur Anda. Dudukan semacam itu dirancang untuk memberikan aliran udara yang optimal. Selain itu, Anda dapat membeli bantalan pendingin untuk memberikan dukungan tambahan pada kipas dan meningkatkan efisiensinya.

Ada solusi cepat dan mudah untuk mengurangi kebisingan kipas jika Anda menggunakan laptop di tempat tidur atau di permukaan yang lembut. Angkat perangkat dan tunggu 10-20 detik. Ini akan membantu kipas mendapatkan udara yang dibutuhkan untuk menghilangkan panas lebih cepat.

Kipas Laptop Bersuara Keras di Laptop Asus

Asus adalah salah satu produsen laptop paling terkenal di pasar. Laptop perusahaan tahan lama dan dibuat dari bahan berkualitas tinggi, tetapi tidak tahan terhadap berbagai masalah. Salah satu masalah yang dapat muncul adalah kipas yang keras. Karena kipas bertanggung jawab untuk memastikan laptop Anda tidak terlalu panas, Anda tidak boleh mengabaikan masalah yang mengindikasikan adanya masalah.

Berikut adalah penyebab paling umum untuk laptop yang berisik.

Dust

Sama seperti bagian luar laptop Anda dapat menjadi berdebu jika tidak dibersihkan, hal yang sama dapat terjadi pada interior. Seiring waktu, debu dapat merangkak ke ventilasi udara dan mencapai kipas. Hal ini membuat kipas tegang dan membuatnya bekerja lebih keras dari biasanya untuk menjaga suhu tetap rendah.

Jika Anda ingin kipas berfungsi dengan baik, Anda harus membersihkan area tersebut setidaknya setahun sekali. Untuk hasil terbaik, buka laptop Anda dengan obeng dan gunakan blower untuk menghilangkan debu. Anda juga dapat menggunakan vakum di sekitar ventilasi udara.

Sirkulasi Udara Tidak Cukup

Tidak peduli seberapa kuat kipas laptop Anda, itu tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya jika tidak memiliki cukup udara. Karena sebagian besar laptop Asus memiliki kipas di bagian bawah, Anda harus berhati-hati di mana Anda memegang laptop. Misalnya, jika Anda menyimpannya di pangkuan atau di atas bantal, Anda hampir pasti membatasi aliran udara ke kipas.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan sirkulasi udara yang baik adalah dengan meletakkan laptop di atas meja atau benda keras lainnya, permukaan rata. Anda selalu dapat menggunakan dudukan laptop jika ingin lebih mudah dibawa. Selain itu, pendingin laptop selalu merupakan pilihan yang baik untuk mencegah kipas bekerja terlalu keras.

Aplikasi dan Proses Berjalan di Latar Belakang

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, kipas laptop Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu optimal. Jika Anda memiliki banyak aplikasi dan proses yang terbuka secara bersamaan, kipas Anda mungkin tidak dapat menanganinya, sehingga menimbulkan banyak kebisingan.

Berikut cara memastikan tidak ada aplikasi dan proses yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang:
Luncurkan menu Mulai, ketik “Task Manager,” dan buka. Di bawah tab “Processes”, temukan aplikasi atau proses yang tidak Anda perlukan, klik kanan padanya, dan klik “End task.” Ulangi langkah-langkah tersebut seperlunya.
Fan Mode

Pilih laptop Asus memungkinkan Anda untuk memilih mode kipas tergantung pada beban kerja. Jika Anda telah mengatur perangkat ke mode kinerja, suara kipas laptop Anda akan lebih keras dari biasanya. Berikut cara menyesuaikan mode kipas di laptop Asus Anda:
Buka menu Start, ketik “MyASUS,” dan luncurkan. Pilih “Customization.” Temukan “ASUS Intelligent Performance Technology” dan pilih salah satu dari tiga mode. Jika Anda menginginkan kipas yang senyap, pilih mode bisikan. Ingatlah bahwa Anda tidak boleh menjalankan aplikasi dan game yang menuntut saat menggunakan mode ini karena dapat mengakibatkan panas berlebih.
Tidak Ada Penggemar Penggemar yang Keras

Kipas laptop yang berisik lebih dari sekadar mengganggu; itu pertanda ada yang tidak beres. Kipas berisik biasanya berjalan seiring dengan panas berlebih, yang dapat merusak perangkat keras dan memengaruhi kinerja perangkat. Beberapa faktor dapat menyebabkan kipas angin kencang, dan semakin cepat Anda menangani penyebabnya, semakin baik.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan kipas laptop Anda? Apakah Anda berhasil mengidentifikasi penyebab dan menyelesaikan masalah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.