Mengapa SSD yang Lebih Kecil Lebih Lambat Dibandingkan SSD yang Lebih Besar

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Eshma/Shutterstock.com

SSD dengan kapasitas yang lebih besar secara andal memposting angka kinerja yang lebih baik daripada hard disk berkapasitas lebih kecil dari merek dan model yang sama. Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang cara kerja SSD, ini tampak seperti sebuah misteri, tetapi alasan di balik perlambatan ini sangat masuk akal. SSD yang Lebih Besar Memiliki Lebih Banyak Saluran Data dan DRAM

An SSD terdiri dari chip memori NAND yang disusun dalam kelompok, terhubung ke SSD pengontrol. Pengontrol adalah perangkat cerdas yang memutuskan tempat penyimpanan data secara fisik di SSD.

Dengan lebih banyak kelompok chip memori, masing-masing terhubung ke pengontrol oleh bus data khusus, pengontrol dapat membaca dan menulis data secara paralel. Semakin banyak cluster yang Anda miliki, semakin banyak jalur independen untuk memindahkan data bolak-balik. Ini memiliki efek tambahan pada kinerja karena setiap modul memori independen dapat mengirim dan menerima data tanpa mempengaruhi

Drive yang Lebih Kecil Menjadi Lebih Penuh Lebih Cepat

SSD paling cepat saat masih baru dan relatif kosong. Itu karena SSD harus menghapus seluruh blok sel memori sebelum menulis ke dalamnya. Jika semua sel memori kosong, drive hanya menulis ke ruang kosong. Namun, jika blok terisi sebagian, drive pertama-tama harus menyalin data yang ada ke dalam cache, menghapus blok, lalu menulis ke blok kosong yang baru.

Ini menambah overhead pada operasi drive dan memperlambat segalanya. Inilah sebabnya mengapa SSD menghapus blok memori di latar belakang yang telah ditandai untuk dihapus dan melakukan “housekeeping” untuk mengkonsolidasikan data, meminimalkan blok memori yang terisi sebagian.

Advertisement

Semakin penuh SSD Anda, semakin sedikit blok kosong untuk menulis, dan SSD yang lebih besar cenderung tidak sepenuh drive yang lebih kecil. Ini adalah alasan lain mengapa drive yang lebih kecil dapat menurunkan kinerja lebih cepat.

Ada Lebih Banyak Kinerja SSD

Meskipun memiliki lebih banyak modul memori secara paralel memang meningkatkan kinerja, ini hanya satu aspek kinerja SSD. Jenis memori mempengaruhi kecepatan dasar di mana blok memori dapat dihapus dan ditulis, jadi jika dua drive yang Anda bandingkan juga berbeda dalam jenis modul memori yang mereka gunakan, itu berdampak pada perbedaan kinerja apa pun.

RELATEDMulti-Layer SSD: Apa itu SLC, MLC, TLC, QLC, dan PLC?

Pengontrol SSD juga sangat penting untuk kinerja. Kecerdasan pengontrol dalam hal memprediksi data mana yang akan di-cache atau cara mengacak data untuk memastikan drive selalu berkinerja baik memiliki efek dunia nyata yang signifikan. Dengan kata lain, otak SSD sama pentingnya dengan kekuatannya.

Berbicara tentang cache, drive yang lebih besar mungkin memiliki alokasi memori cache yang lebih besar secara proporsional. Semakin besar cache drive, semakin cepat kinerjanya saat mempertahankan transfer besar atau merespons dengan cepat permintaan data yang sering. Hal yang sama berlaku untuk hard disk drive mekanis (HDD), di mana dua drive yang identik akan bekerja lebih baik pada drive dengan memori cache lebih banyak.

Mengapa Tidak Membuat SSD Kecil Lebih Paralel?

Mau tidak mau, kita harus bertanya-tanya mengapa drive yang lebih kecil tidak t diberikan jumlah modul memori yang sama dengan drive yang lebih besar. Cukup buat modul lebih kecil, bukan? Ini akan bekerja secara teori, tetapi realitas ekonomi produksi memori membuat ini menjadi ide yang buruk.

Ada lantai biaya di bawah yang Anda tidak dapat membuat modul memori tidak peduli seberapa rendah kapasitasnya, karena aspek manufaktur tertentu tetap terlepas dari kapasitas modul . Anda akan melihat sesuatu yang mirip dengan drive mekanis tradisional. Mungkin tidak ada perbedaan dalam biaya pembuatan hard drive mekanis 120GB dan 250GB, sebagai contoh. Itu berarti tidak ada yang akan membuat drive berkapasitas lebih kecil.

Advertisement

Modul memori yang digunakan dengan SSD yang lebih kecil menunjukkan keseimbangan terbaik antara biaya dan kapasitas per modul. Dengan kata lain, drive dengan lebih banyak modul tetapi lebih sedikit kapasitas per modul akan berharga sama dengan drive yang lebih besar dengan jumlah modul yang sama.

SSD Internal Terbaik tahun 2022 SSD Internal Terbaik Secara KeseluruhanSamsung 870 EVOAmazon$99,99 $149,99 Hemat 33%

SSD Internal Anggaran TerbaikWD Blue SN550 NVMe SSD InternalAmazon$101,97$124,99 Hemat 18%

SSD Internal Terbaik untuk GamingWD_BLACK 1TB SN850 NVMeAmazon$139.99 $229.99 Hemat 39%

SSD NVMe Internal TerbaikSamsung 980 PRO SSD dengan HeatsinkAmazon$174.99 $229,99 SSD Hemat 24% M$

.XPG TerbaikPGG

SSD PCIe internal terbaikSamsung 970 EVO PlusAmazon$104,99 $114,40 Hemat 8%

Itulah berita seputar Mengapa SSD yang Lebih Kecil Lebih Lambat Dibandingkan SSD yang Lebih Besar, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.