Mengapa Steam Deck Anda Mengatakan Terlalu Panas, dan Cara Memperbaikinya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setelah mengalami gelombang panas global selama sebulan, Valve khawatir bahwa pengguna Steam Deck dapat secara tidak sengaja membakar konsol mereka. Perusahaan memperkenalkan peringatan “Steam Deck terlalu panas” baru dengan pembaruan SteamOS 3.3. Jika Anda melihat peringatan ini, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian untuk menjaga konsol Anda dari pelambatan atau panas berlebih.

Untungnya, penyesuaian ini cukup mudah. Kami akan mengutak-atik pengaturan kinerja konsol Anda untuk mengurangi konsumsi daya, yang akan meningkatkan masa pakai baterai dan termal yang lebih baik saat memainkan game AAA. Periksa apakah Anda dapat mendengar dan merasakan penggemar Steam Deck Anda saat bermain game—jika tidak, hubungi Dukungan Steam atau beli kipas pengganti. Dan jika Anda berada di luar di bawah terik matahari, masuklah ke dalam agar Steam Deck tetap sejuk. Konsol ini tidak dibuat untuk gelombang panas.

Sekarang, buka game dan tekan tombol tiga titik di sisi kanan Steam Deck Anda untuk membuka menu opsi cepat. Ketuk ikon baterai. Anda akan melihat penggeser kecerahan dan tombol “Tampilan Lanjutan”. Mengurangi kecerahan layar dapat meningkatkan masa pakai baterai Anda (dan sedikit meningkatkan kinerja termal), tetapi kami ingin memasuki “Tampilan Lanjutan” untuk pengaturan yang lebih kuat.

Setelah membuka “Tampilan Lanjutan”, Anda akan melihat opsi untuk FPS dan kecepatan penyegaran perangkat Anda . Menurunkan kecepatan refresh dapat mengurangi latensi, tetapi membatasi FPS pada nilai rendah (seperti 30FPS) akan menghemat masa pakai baterai dan sedikit meningkatkan termal.

Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik pada termal dan masa pakai baterai dengan mengurangi watt sistem dan kecepatan clock GPU —ini juga dapat meningkatkan kinerja di beberapa game AAA. Saya sarankan untuk menurunkan kecepatan clock GPU menjadi 1.000 MHz dan menyetel penggeser watt ke nilai yang sama. (Jika Anda menemukan bahwa pengaturan ini berdampak negatif pada permainan, tingkatkan watt dan kecepatan clock GPU hingga semuanya bekerja dengan baik.)NbspRELATEDPerbaiki Kebisingan Kipas Steam Deck Anda dengan Penggantian iFixit Ini

Inilah satu-satunya masalah; Anda tidak selalu menginginkan pengaturan kinerja ini di setiap game. Kecepatan clock GPU sangat merepotkan, karena ini adalah setelan statis. Itu berarti game AAA akan menggunakan lebih sedikit daya, tetapi game indie yang ringan akan menggunakan lebih banyak daya.

Untuk mengatasi masalah ini, saya sangat menyarankan untuk mencentang kotak “pengaturan per game” di bagian atas “Tampilan Lanjutan”. Ini akan menerapkan pengaturan kinerja baru Anda hanya untuk permainan yang sedang dibuka.

Jika Steam Deck Anda masih terlalu panas setelah menyesuaikan pengaturan kinerja, Anda harus menghubungi Dukungan Steam. Ingatlah bahwa beberapa game tidak berfungsi dengan baik di Steam Deck—Anda dapat memeriksa daftar lengkap game Steam Deck yang Diverifikasi di situs web Valve.

Itulah berita seputar Mengapa Steam Deck Anda Mengatakan Terlalu Panas, dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.