Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Internet Anda?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

VPNs akan menurunkan kecepatan koneksi Anda, tidak peduli berapa banyak penyedia VPN yang tidak dapat dipercaya suka mengklaim sebaliknya. Mengapa VPN memperlambat koneksi Anda, dan apakah ada cara untuk memperbaiki masalah ini?

Apa yang Mempengaruhi Kecepatan VPN?

Meskipun beberapa penyedia suka mengklaim bahwa VPN mereka dapat meningkatkan kecepatan internet Anda, faktanya VPN akan selalu menyebabkan kerugian kecepatan, pertanyaannya adalah hanya berapa banyak. Ketika VPN dikatakan cepat, itu hanya berarti ia kehilangan kecepatan lebih sedikit daripada pesaingnya. Ada tiga alasan utama mengapa VPN memperlambat koneksi Anda, berikut urutannya.

Jarak ke Server VPN

Masalah terbesar yang memengaruhi kecepatan internet saat menggunakan VPN adalah jarak antara Anda dan server VPN, dan semakin besar jaraknya, semakin parah kerugiannya. Jika, misalnya, Anda berada di New York City, server di Boston akan membuat Anda kehilangan kecepatan lebih sedikit daripada yang ada di Los Angeles, belum lagi server di Tokyo.

Ini karena, betapapun halusnya data, data tetap harus mematuhi hukum fisika. Saat Anda menjelajahi internet, Anda mengirim dan menerima apa yang disebut paket data, dan mereka perlu melakukan perjalanan secara fisik ke dan dari Anda. Semakin panjang rute, semakin lama penundaan antara panggilan dan respons.

Anda dapat melihat ini secara langsung saat menguji kecepatan Anda sendiri: sambungkan ke server terdekat dan kemudian ke server yang lebih jauh. Kemungkinannya adalah server pertama akan memberi Anda hasil tahun yang lebih baik dan cepat daripada yang kedua. Namun, jika tidak, salah satu faktor lain mungkin berperan.

Server Load

Faktor penting lainnya dalam perlambatan VPN adalah beban pada server yang Anda sambungkan. Sebuah server hanya dapat menangani begitu banyak lalu lintas. Semakin dekat Anda mencapai batas itu, semakin besar perlambatannya, tidak ada jalan lain.

Akibatnya, jika Anda terhubung ke server bahkan hanya beberapa mil jauhnya dari Anda yang mendekati kapasitas, Anda mungkin mendapatkan hasil yang lebih buruk daripada dari server di negara lain yang kosong dari pengguna. Dari ketiga faktor tersebut, faktor inilah yang paling dipengaruhi oleh penyedia VPN itu sendiri. Layanan yang baik akan berinvestasi dalam infrastruktur yang lebih baik sehingga pengguna tidak akan mengalami pelambatan karena beban server—server ExpressVPN adalah contoh yang baik.

Enkripsi & Protokol

Faktor terakhir yang memengaruhi kecepatan VPN adalah protokol dan enkripsi yang digunakan. Meskipun tidak sepenting jarak dan beban server, itu memang berperan. Ini karena ketika Anda menggunakan VPN, Anda mengirimkan informasi Anda melalui apa yang disebut terowongan VPN. Sebelum dikirim, paket dienkripsi dan kemudian didekripsi saat sampai ke tujuan. Proses ini membutuhkan waktu. Itu tidak banyak, tetapi dalam hubungannya dengan faktor-faktor lain, itu bisa bertambah.

Heavier membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenkripsi dan mendekripsi, sehingga berperan, seperti halnya protokol yang digunakan. Ini sebagian karena protokol VPN menentukan tingkat enkripsi—tetapi juga karena beberapa lebih cepat daripada yang lain. Misalnya, IKEv2 lebih cepat daripada OpenVPN, tetapi memiliki beberapa masalah keamanan.

Cara Mempercepat Koneksi VPN Anda

Dengan mengingat informasi di atas, kami juga dapat mencari cara untuk mempercepat koneksi VPN Anda. Tidak semua tips kami akan bekerja untuk semua orang, tetapi bahkan menerapkannya dalam ukuran sederhana akan melihat beberapa peningkatan serius.

Pilih Server Terdekat

Cara termudah adalah dengan menggunakan server yang berbeda. Jika Anda berada di New York, pilih server itu di Boston daripada yang ada di Los Angeles. Jika Anda berada di Inggris, gunakan satu di Inggris atau Irlandia daripada di daratan Eropa. Karena itu, jika Anda menggunakan VPN untuk mengakses Netflix , Anda tidak dapat mengubah server dengan mudah, jadi Anda mungkin ingin melihat opsi lain.

Ubah Protokol

Kita akan mulai dengan satu tip yang harus Anda waspadai, yaitu mengubah protokol. Ini karena, kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, mengacaukan pengaturan protokol berpotensi membahayakan keamanan Anda. Namun, jika koneksi Anda sangat lambat, mengubah dari TCP ke UDP dapat mempercepat koneksi Anda, atau bahkan menggunakan IKEv2 alih-alih OpenVPN jika keamanan bukan menjadi perhatian utama Anda.

Pilih Penyedia VPN yang Baik

Akhirnya, bisa jadi begitu penyedia Anda menggunakan server yang buruk. Dalam hal ini, kami sarankan Anda memeriksa pilihan VPN terbaik kami, karena sebagian besar dari mereka bekerja dengan sangat baik. VPN tercepat di luar sana mungkin adalah ExpressVPN karena menggunakan arsitektur server canggih untuk menyeimbangkan beban.

Perbedaan antara penyedia yang baik dan yang buruk seperti perbedaan antara siang dan malam. Berpindah penyedia VPN bisa menjadi solusi sederhana—jika mahal—yang Anda cari untuk memperbaiki masalah kecepatan Anda.

Itulah berita seputar Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Internet Anda?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.