Menjalankan Banyak Perintah Sekaligus di Linux

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kita akan belajar tentang cara menjalankan beberapa perintah secara bersamaan di Linux dalam artikel ini. Setiap operator memiliki kelebihannya sendiri dalam hal memisahkan perintah. Tutorial ini akan sedikit membantu dalam meningkatkan cara kita mengeksekusi perintah dan skrip shell penulis.

Sistem operasi Linux menawarkan antarmuka baris perintah sederhana untuk mengelola sistem. Ada shell seperti Bash, CSH, dan Zsh yang menerima perintah dari pengguna dan mengarahkannya ke kernel. Perintah digunakan untuk melakukan beberapa fungsi pada sistem. Kami juga dapat menentukan beberapa shell sekaligus dan menjalankannya satu demi satu.

Ada tiga opsi berbeda yang tersedia menggunakan operator pemisah. Di bagian berikut, kita akan melihatnya secara detail.
.tg{border-collapse:collapse;border-color:#aaa;border-spacing:0}.tg
td{batas:1px
abu-abu solid; overflow: tersembunyi; bantalan: 10px
5px;word-break:normal}.tg
th{background-color:#f38630;border-color:#aaa;border-style:solid;border-width:0px;color:#fff;font-family:Arial,sans-serif;font-size:14px;font -berat: normal; luapan: tersembunyi; bantalan: 10px
5px;word-break:normal}.tg .tg-eqm3{border-color:inherit;font-size:18px;text-align:left;vertical-align:top}.tg .tg-0pky{border-color: mewarisi;text-align:left;vertical-align:top}OperatorSyntaxDisscriptionSemicolon (;)command1; command2Jalankan kedua perintah satu per satuLogical AND (&&)command1 && commnd2Jalankan command2 hanya jika command1 berhasilLogical OR (||)command1 || command2Jalankan command2 hanya jika commadn1 failed
Mari kita bahas semua opsi secara mendetail.
Menggunakan Titik koma (;)

Semicolon (;) perintah terpisah untuk menjamin bahwa perintah berikutnya berjalan terlepas dari status keluar yang sebelumnya. Gunakan opsi ini untuk memastikan bahwa perintah berjalan setelah penyelesaian yang sebelumnya.

Syntax:

command1; perintah2; commandN 

Contoh:

date; pwd; whoami Sabtu 6 Agustus 01:56:05 UTC 2022 /home/rahul rahul 

Meskipun perintah kedua gagal karena kesalahan izin, perintah ketiga masih dijalankan dalam perintah berikut:

date; sentuh /root/a.txt; whoami Sabtu 6 Agustus 01:59:31 UTC 2022 sentuh: tidak dapat menyentuh `/root/a.txt`: Izin ditolak rahul ]praMenjalankan Beberapa Perintah Sekaligus di Linux dengan Titik KomaMenjalankan perintah yang dipisahkan titik komaMenggunakan Logical AND Operator (&&)

Setelah eksekusi perintah sebelumnya berhasil, perintah berikutnya juga akan dijalankan. Operator logika AND (&&) memeriksa status keluar dari perintah sebelumnya.

Namun, jika perintah sebelumnya selesai dengan status keluar bukan nol, eksekusi akan berhenti di sini. Tidak ada perintah berikutnya yang akan dijalankan dalam case

Syntax:
command1 && command2 && commandN 

Contoh:

mkdir ./backups && cd ./backups 

Perintah terakhir tidak akan berjalan jika yang pertama perintah gagal karena alasan apa pun:

 mkdir /root/backups && cd /root/backups mkdir: tidak dapat membuat direktori `/root/backups`: Izin ditolak 

Menjalankan Beberapa Perintah Sekaligus di Linux dengan Logis DANMenggunakan logika AND antara beberapa perintahMenggunakan Logical OR Operator (||)

Kondisi logical OR (||) memeriksa status keluar dari perintah sebelumnya dan mengeksekusi perintah berikutnya hanya jika perintah sebelumnya gagal.

Syntax:

command1 || perintah2 || commandN 

Anda dapat menggunakan konstruksi ini dalam skrip shell untuk menentukan apakah file atau perintah tersedia. Misalnya, dalam skrip cadangan, Anda dapat memeriksa apakah /usr/bin/mysqldump ada atau tidak, dan jika tidak, Anda dapat mencetak pesan atau menghentikan proses.

[ -s /usr/bin /mysqldump ] || echo "command not found" 

Gunakan ini untuk menguji perintah atau file yang tidak ada di sistem Anda. Ini berguna untuk skrip bash yang membuat file jika tidak ada. Anda juga dapat menghentikan eksekusi skrip jika file yang diperlukan tidak ada.

 [ -s /usr/bin/not_a_cmd ] || echo "perintah tidak ditemukan" ]praMenjalankan Beberapa Perintah Sekaligus di Linux dengan Logis ATAUMenggunakan logika ATAU antara beberapa perintahKesimpulan

Dalam artikel ini , kita akan membahas cara menjalankan mul beberapa perintah secara bersamaan di Linux. Kami juga akan membahas berbagai operator yang digunakan untuk memisahkan perintah satu sama lain. Setiap operator mempengaruhi cara sebuah perintah dijalankan, dan masing-masing memiliki keuntungannya sendiri. Tutorial ini akan memberikan beberapa informasi berguna bagi siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan keterampilan menjalankan perintah atau menulis skrip shell.

Referensi tecadmin.com