NFT Termahal yang Pernah Dijual

Non-fungible token, atau NFT, telah merevolusi dunia seni, mengubah cara kita berpikir, menilai, dan membeli karya seni. Kolektor sudah mulai memperhatikan fenomena ini dan bergegas untuk mendapatkan karya seni digital yang unik. Permintaan ini telah membuat harga mereka meroket, itulah sebabnya penjual teratas menampilkan label harga 8 digit.

Mari kita lihat NFT paling mahal yang pernah dijual.

13. Crossroad: $6.6M

“Crossroad” adalah NFT animasi pendek yang menggambarkan orang-orang berjalan melewati tubuh besar dengan kata-kata kotor tertulis di tanah.

Tubuh yang dimaksud dibuat untuk mewakili mantan Presiden Donald Trump, dan tidak selalu tertutup penghinaan “Crossroad” dirancang untuk berubah berdasarkan hasil pemilu 2020. Jika Trump menang, karya seni itu akan menggambarkan dirinya dengan mahkota yang dikelilingi oleh api.

Karya ini dibuat oleh seniman digital terkenal yang dikenal sebagai Beeple, seniman yang sangat dihormati di dunia CryptoArt. Dia menjual beberapa NFT paling mahal sepanjang masa, dengan “Crossroad” menempati urutan ke-13 dalam daftar ini secara keseluruhan dan ketiga dibuat oleh Beeple.

12. Klik Kanan dan Simpan sebagai Pria: $7M

“Klik Kanan dan Simpan sebagai Pria” adalah format GIF NFT yang dibuat pada tahun 2018 oleh artis XCopy. Bagian ini merujuk pada kritik umum terhadap karya seni NFT bahwa siapa pun dapat menyimpan salinan gambar NFT. Ini menampilkan avatar glitching yang mewakili seseorang yang mengeluh tentang NFT di media sosial. Potongan animasi artis dipuja oleh kolektor serius, dengan potongan ini terjual sedikit di atas $7 juta pada Desember 2011.

11. Dering #109: $7.1M

“Ringers #109” adalah penjualan terbesar hingga saat ini dalam seri “Ringers”. Koleksi ini dikuratori oleh Dimitri Cherniak dan mencakup 1.000 “Blok Seni” yang dicetak. Koleksi “Ringers” menonjol di dunia CryptoArt karena menyerupai seni rupa.

Art Blok #109 terdiri dari latar belakang putih dan badan dengan warna merah sebagai warna tambahan. Potongan berukuran rata-rata, termasuk pembungkus loop, dan memiliki tata letak grid rekursif. Ini menampilkan gaya pasak mata banteng yang langka. Karya seni itu dijual pada Oktober 2021.

10. CryptoPunk #7804: $7.5M

“CryptoPunk #7804” adalah salah satu karakter paling langka dalam kumpulan “CryptoPunk” yang sangat dihormati. Set ini terdiri dari 10.000 avatar pixel-art unik yang dicetak oleh Larva Labs pada tahun 2017. Mereka secara luas dianggap sebagai inspirasi di balik gerakan CryptoArt.

Number 7804, dijual pada Maret 2021 dan menampilkan tiga atribut – cap forward, pipe, dan nuansa kecil. Ini adalah salah satu dari sembilan punk “Alien”, yang paling langka dan paling diinginkan dari seri “CryptoPunk”.

9. CryptoPunk #3100: $7.6M

“CryptoPunk #3100” adalah CryptoPunk paling langka ketujuh di antara 10.000 karakter seni piksel ini. Ini adalah salah satu dari 333 karakter dengan atribut ikat kepala dan satu dari hanya sembilan punk “Alien”. Itu dijual pada Maret 2021 seharga $ 7.584.485, hanya sehari setelah sesama “Alien” punk # 7804.

8. CryptoPunk #5577: $7,7M

“CryptoPunk #5577” adalah salah satu dari 24 punk “Kera”. Ini memiliki satu fitur, topi koboi, menjadikannya salah satu dari 142 avatar dengan aksesori ini. Itu dijual pada Februari 2022, menjadikannya pembelian CryptoPunk terbaru untuk mengambil salah satu tempat teratas.

7. CryptoPunk #4156: $10.3M

“CryptoPunk #4156,” salah satu CryptoPunk paling langka, adalah bagian dari seri “Ape” yang didambakan, dan memiliki satu atribut – bandana. Itu dijual seharga $10.315.300 pada Desember 2021.

6. CryptoPunk #7523: $11.7M

“CryptoPunk #7523” adalah CryptoPunk terlangka ketiga dalam 10.000 koleksi. Karakter biru-hijau dari varietas “Alien” ini memiliki tiga atribut – anting-anting, topi rajutan, dan topeng medis. Itu dijuluki “Covid Alien.”

Avatar dijual seharga $ 11,754,000 pada Juni 2021 sebagai bagian dari lelang NFT online, “Natively Digital: A Curated NFT Sale.” Itu menghasilkan lebih dari $ 17 juta secara total.

5. CryptoPunk #5822: $23.7M

“CryptoPunk #5822” adalah salah satu dari 10.000 avatar berbasis Ethereum yang dicetak pada tahun 2017. Ini adalah bagian dari seri “Alien” yang sangat langka dan memiliki satu atribut – sebuah bandana.

Pada Februari 2022, “CryptoPunk #5822 ” menjadi pembelian NFT CryptoPunk paling mahal dalam sejarah, dijual dengan harga dua kali lipat dari harga pemegang rekor sebelumnya.

4. Human One: $29M

“Human One” adalah karya seni hibrida antara dunia fisik dan digital. Secara konseptual, itu mewakili manusia pertama yang lahir di Metaverse. Ini terdiri dari patung video dan NFT dinamis yang sesuai, yang dirancang untuk berkembang perlahan.

Evolusinya akan dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh oleh penulisnya, Mike Winkelmann, yang dikenal sebagai Beeple. “Human One” dijual seharga $28.985.000 pada November 2021, dan itu bahkan bukan karya seni paling mahal yang dibuat oleh seniman digital yang produktif ini.

3. Jam: $52.7M

“Jam” adalah karya seni yang hampir berfungsi seperti jam literal. Namun, alih-alih memberi tahu waktu, ini menghitung hari-hari yang dihabiskan oleh pendiri WikiLeaks Julian Assange di penjara.

Assange sendiri menciptakan karya tersebut bekerja sama dengan artis pseudonim yang dikenal sebagai Pak. Tujuan dari NFT ini adalah untuk mengumpulkan uang untuk membantu mendanai pembelaan hukum Assange. Pada akhirnya, itu mengumpulkan lebih dari $ 52 juta ketika lebih dari 10.000 anggota AssangeDAO bergabung untuk membeli karya seni. Assange DAO adalah organisasi yang memperjuangkan kebebasan Assange, dan didirikan hanya untuk menawar “Jam.”

2. Setiap Hari: 5000 Hari Pertama: $69,3M

“Setiap Hari: 5000 Hari Pertama” adalah karya seni unik dalam sejarah seni digital. Ini mengambil bentuk kolase dari 5.000 gambar individu yang diambil setiap hari selama lebih dari 13 tahun. Gambar ditampilkan dalam urutan kronologis yang longgar dan mencakup gambar abstrak, peristiwa terkini, dan momen pribadi sang seniman.

Setelah menjual karya seni itu seharga $69.346.250 pada Maret 2021, pengarangnya menjadi salah satu seniman hidup dengan penjualan terbaik. Artis di balik proyek ambisius ini adalah Mike Winkelmann, yang dikenal secara profesional sebagai Beeple.

“Setiap Hari: 5000 Hari Pertama” adalah NFT termahal yang pernah dijual kepada satu pemilik.

1. Penggabungan: $91.8M

“Penggabungan” mungkin merupakan proyek NFT yang paling tidak biasa dalam daftar, karena terdiri dari lebih dari 300.000 unit massa dengan kemampuan untuk berkembang seiring waktu.

Ini menjadi NFT termahal yang pernah dijual pada Desember 2021, ketika hampir 30.000 kolektor bersatu dan menghabiskan $91.806.519 untuk itu. Pembelian tersebut tidak hanya menempati urutan teratas daftar NFT termahal, tetapi juga memecahkan rekor untuk karya seni yang dijual oleh seniman yang masih hidup.

Identitas Pak, seniman yang dimaksud, masih belum diketahui. Beberapa orang berspekulasi bahwa Pak adalah nama samaran untuk sebuah kolektif seniman daripada seorang individu. Apapun masalahnya, Pak telah menjadi salah satu seniman crypto terkemuka selama lebih dari 20 tahun.

Perlu dicatat bahwa ada diskusi seputar “Penggabungan” mengambil posisi teratas. Sementara jumlah yang dihabiskan tidak diragukan lagi yang tertinggi, jumlah pemilik telah mengangkat beberapa alis. Karena karya seni ini memiliki banyak pemilik, banyak orang mengklaim bahwa “Penggabungan” lebih merupakan koleksi daripada satu karya seni.

Revolusi Seni

Titik harga yang mencengangkan dari NFT paling mahal yang dijual hingga saat ini menunjukkan kekuatan yang dimiliki komunitas NFT menggunakan. Token-token ini telah menggemparkan dunia dan mendefinisikan kembali pemahaman tradisional tentang seni. Dengan banyaknya pembelian yang datang hanya setelah beberapa bulan, atau hanya sehari, ke atas rekor sebelumnya, hanya masalah waktu sebelum daftar ini harus diperbarui.

Apakah Anda terkejut dengan NFT termahal yang pernah dijual? Titik harga mana yang paling mengejutkan Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.