Nintendo Switch Tidak Mau Hidup? Inilah yang Harus Dilakukan

Apakah Nintendo Switch Anda tampak mati bagi dunia? Ada beberapa hal yang jelas (dan beberapa tidak begitu jelas) yang bisa salah. Mari kita lihat daftar langkah pemecahan masalah untuk mendiagnosis masalah konsol Anda dan kemungkinan memperbaikinya.

Nyalakan Secara Manual

Ini mungkin tampak jelas, tetapi ada baiknya menghilangkan hal-hal kecil yang mungkin Anda lewatkan. Jika Anda biasanya membangunkan Switch menggunakan tombol “Beranda” pada pengontrol, mungkin pengontrol kehabisan baterai. Anda sebaiknya mencoba membangunkan konsol menggunakan tombol daya pada unit sebagai gantinya.

Tekan tombol daya di bagian atas Switch untuk menyalakannya. Jika sakelar terhubung ke dok, lampu hijau di bagian depan dudukan akan menyala saat konsol menyala. Jika konsol Anda tidak terpasang ke dok, Anda akan melihat layar kunci atau logo Nintendo yang menunjukkan bahwa proses booting dimulai.

Jika logo Nintendo muncul kemudian menghilang, Switch Anda mungkin kehabisan baterai, yang membawa kami ke solusi berikutnya .

Mengisi Dayanya untuk Sementara

Jika Switch Anda tampak mati total atau tidak mau boot setelah menampilkan logo Nintendo, Anda harus mengisi dayanya sebentar. Karena proses pra-pengisian yang diperlukan oleh baterai lithium-ion, diperlukan beberapa saat sebelum Sakelar Anda menyala ketika baterai benar-benar habis. -detik, jadi pastikan Anda sudah melakukannya sebelum melanjutkan. Selanjutnya, cabut kabel daya dari dok dan sambungkan langsung ke Switch melalui konektor USB-C di bagian bawah unit. Ini akan menghilangkan dok sebagai penyebab masalah Anda.

Anda mungkin melihat indikator baterai muncul di sudut kiri atas layar, yang menunjukkan bahwa konsol sedang diisi daya. Ketahuilah bahwa konsol mungkin tidak mulai bahkan setelah ini ditampilkan, jadi berikan waktu. Coba nyalakan konsol Anda secara berkala menggunakan tombol di bagian atas pengisi daya.

Jika, setelah beberapa jam, konsol Anda tidak responsif, maka kecil kemungkinan masalahnya dapat diselesaikan dengan mengisi daya.

Coba Setel Ulang Konsol Anda

Kemungkinan lain adalah konsol Anda telah macet dan menjadi benar-benar tidak responsif terhadap input dari pengontrol, atau bahkan tombol daya. Meskipun ini mungkin jarang terjadi, ada baiknya mencoba menyetel ulang konsol Anda secara manual hanya untuk mengesampingkannya.

Anda dapat menyetel ulang konsol dengan menekan dan menahan tombol daya di bagian atas unit selama 15 detik, lalu menyalakan konsol seperti biasa (dengan menekan tombol power satu kali). Sadarilah bahwa konsol Anda mungkin kehabisan baterai jika sudah dalam kondisi ini untuk sementara waktu, jadi siapkan pengisi daya itu. tidak bekerja. Untungnya, kejadian seperti ini relatif jarang terjadi di Switch.

Pertimbangkan Mengganti Charger

Jika Switch Anda benar-benar tidak responsif dan Anda tidak melihat apa pun muncul di layar saat Anda menghubungkannya ke konsol Anda (bahkan indikator baterai kosong, atau Nintendo logo) maka salah satu kemungkinan adalah bahwa pengisi daya Anda mati. Anda dapat memeriksanya dari kerusakan seperti kabel yang terkelupas atau retak pada rumah adaptor, tetapi sering kali adaptor tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan meskipun tidak berfungsi dengan benar.

Pengganti Switch AC Adapter

Taruhan teraman di sini adalah mengganti pengisi daya langsung dengan Adaptor AC Switch Nintendo, tetapi meminjamnya terlebih dahulu mungkin merupakan solusi yang lebih hemat biaya. Anda juga dapat membeli alternatif pihak ketiga yang lebih murah yang akan melakukan pekerjaan dengan baik jika Anda dengan senang hati melepaskan aksesori pihak pertama.

Periksa Kerusakan pada Konektor USB-C

Sakelar Anda mungkin tidak mengisi daya dengan benar jika konsol Anda mengalami kerusakan pada Port USB-C di bagian bawah unit. Periksa area ini dengan cermat untuk mencari tanda-tanda kerusakan, seperti port yang bengkok, retak, atau apa pun yang tidak seharusnya terbuka.

Jika Switch memang rusak, unit perlu diperbaiki atau diganti.

Hubungi Nintendo Dukungan untuk Perbaikan

Jadi adaptor daya Anda tampaknya tidak rusak dan Switch tidak mengalami kerusakan pada port USB-C. Anda telah mencoba mengatur ulang Sakelar dan adaptor AC dan mengisi dayanya sebentar tanpa apa pun yang muncul di layar. Anda telah mencolokkan adaptor langsung ke Switch, dan Anda telah mencoba adaptor kedua untuk memastikan pengisi daya tidak disalahkan.

Pada tahap ini, mungkin ada baiknya menghubungi Dukungan Nintendo untuk melihat apakah konsol Anda dapat diperiksa dan diperbaiki . Jika konsol masih dalam garansi (berusia satu tahun di sebagian besar yurisdiksi, dua tahun di tempat-tempat seperti Australia dan UE), maka Anda mungkin dapat mengembalikannya ke pengecer tempat Anda membelinya untuk pertukaran langsung. tidak lagi tercakup dalam garansi, perbaikan purna jual adalah satu-satunya pilihan Anda. Tanpa mengetahui apa yang salah dengan konsol, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya sendiri.

Misalnya, Anda mungkin dapat mengganti baterai Switch sendiri jika masa pakai baterai tidak lagi maksimal. Mengganti baterai di Switch yang tidak lagi menyala mungkin hanya membuang-buang waktu tanpa pengujian lebih lanjut. Jika Sakelar rusak karena benturan atau kelembapan, Anda dapat memperbaikinya tetapi Anda harus mengisolasi terlebih dahulu apa yang salah.

Jika ada tanda-tanda kerusakan yang jelas pada port USB-C di bagian bawah Sakelar unit maka Anda mungkin dapat memesan pengganti $ 9,99 dari iFixit dan menyoldernya sendiri, tetapi Anda akan mendapatkan tarif yang lebih baik dengan beberapa pengalaman dan keterampilan di bawah ikat pinggang Anda. Jika Anda yakin dengan kemampuan Anda, Anda dapat menghemat banyak uang dengan melakukan perbaikan semacam ini sendiri.

Seperti banyak keterampilan hidup, ada saluran YouTube yang mendokumentasikan prosesnya menghidupkan kembali konsol mati seperti TronicsFix. Meskipun ini tidak selalu bertindak sebagai tutorial, mereka membuktikan bahwa apa yang disebut konsol “mati” dapat dihidupkan kembali dengan keterampilan dan suku cadang yang tepat. Anda mungkin menemukan hub perbaikan Nintendo Switch iFixit untuk digunakan jika Anda berpikir untuk mengambil rute DIY.

Tergantung pada apa yang salah dengan konsol, perbaikan dari Nintendo mungkin mahal. Pertimbangkan untuk membawa unit ke bengkel pihak ketiga yang mungkin dapat membantu Anda, idealnya yang berpengalaman dalam memperbaiki konsol. Jika konsol Anda masih dalam garansi, jangan pernah membukanya sendiri atau membiarkan orang lain selain Nintendo mencoba memperbaiki (bahkan jika Anda cukup yakin bahwa masalah tersebut disebabkan oleh Anda).

Penyimpanan dan Pengambilan Anda Mungkin Hilang

Jika Anda berhasil memperbaiki konsol , ada kemungkinan Anda tidak akan kehilangan data apa pun. Jika Anda memiliki Nintendo Switch Online, banyak (tetapi tidak semua) simpanan Anda akan disimpan di cloud. Setiap tangkapan yang telah Anda simpan ke penyimpanan internal Anda (bukan kartu microSD) tidak akan disimpan. awan. Pastikan Anda mengeluarkan kartu microSD sebelum mengirim konsol untuk diperbaiki.

Anda mungkin perlu menilai apakah biaya perbaikan sepadan dibandingkan dengan harga konsol baru. Saat Anda membeli konsol baru, Anda mendapatkan set lengkap: Joy-Con, dock, adaptor daya, dan konsol Switch itu sendiri. Anda bahkan mungkin menemukan kesepakatan yang memasukkan permainan atau kartu microSD yang akan lebih masuk akal daripada perbaikan.

Beberapa orang mungkin ingin bekerja lebih keras untuk memperbaiki salah satu konsol Switch asli yang mudah dimodifikasi, yang sangat dicari di pasar barang bekas.

Itulah berita seputar Nintendo Switch Tidak Mau Hidup? Inilah yang Harus Dilakukan, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.