PCIe 6.0: Apa yang Baru, dan Kapan Anda Bisa Dibeli?

Terkadang industri teknologi bergerak terlalu cepat. Kami baru saja mulai bekerja dengan PCIe 4.0 di produk konsumen, PCIe 5.0 baru saja diluncurkan, dan PCIe 6.0 sedang dalam proses. Inilah yang dapat Anda harapkan.

Pada awal Januari 2022, PCI Special Interest Group (PCI-SIG) menerbitkan spesifikasi akhir untuk PCIe 6.0, versi terbaru standar untuk standar antarmuka populer yang menghubungkan item seperti kartu grafis, SSD, dan kartu jaringan ke PC Anda.

Seperti yang telah kita lihat dengan transisi sebelumnya, PCIe 6.0 menjanjikan kecepatan data yang lebih cepat dan kompatibilitas mundur dengan kartu suara lama Anda yang tercinta. Kami tidak dapat memiliki komputer cepat yang kami lakukan tanpa PCIe, tetapi standar yang berlebihan dapat membuat beberapa tahun ke depan sedikit berantakan.

Apa itu PCIe?

PCIe adalah singkatan dari standar Peripheral Component Interconnect Express (PCIe). Ini adalah cara utama kartu ekspansi seperti kartu suara, kartu grafis, dan kartu jaringan terhubung ke PC Anda. Ini juga digunakan untuk SSD NVMe M.2 yang kecil dan cepat, tetapi drive M.2 menggunakan slot khusus yang tidak dimiliki oleh kartu ekspansi.

Jika Anda pernah membuat PC atau melihat motherboard dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan telah melihat slot PCIe. Konektor tepi datang dalam empat rasa utama: x16, x8, x4, dan x1. Sebagian besar waktu Anda dapat membedakannya karena slot x16 adalah yang besar, dan kemudian yang lainnya semakin kecil. Namun, tidak selalu demikian, karena terkadang slot x16 sebenarnya hanya mendukung x8.

Angka “x” menunjukkan jumlah jalur transfer data yang terhubung ke slot tertentu pada motherboard. Semakin tinggi jumlah jalur transfer, semakin besar potensi bandwidth untuk slot tersebut. Secara umum, Anda ingin kartu grafis terhubung ke slot x16, sementara kartu lain biasanya dapat menggunakan apa pun yang tersedia berdasarkan konfigurasi slot PCIe pada motherboard Anda.

PCIe juga memiliki keuntungan karena kompatibel dengan semua iterasi standar sebelumnya. . Kartu yang dirancang untuk PCIe 2.0, misalnya, akan tetap berfungsi di slot PCIe 6.0 asalkan Anda bisa mendapatkan driver perangkat lunak yang tepat untuk mengoperasikan perangkat.

Apa yang Baru di PCIe 6.0?

PCIe standar ditetapkan oleh PCI Special Interest Group, grup industri yang menetapkan spesifikasi untuk PCIe. Tujuan PCI-SIG adalah untuk meluncurkan standar PCIe baru setiap dua atau tiga tahun, yang secara efektif menggandakan bandwidth dari versi sebelumnya. Seperti yang diharapkan, PCIe 6.0 melakukan hal itu. Slot

PCIe 6.0 x16 memiliki kemampuan bandwidth dua arah maksimum 256 gigabyte per detik (GB/dtk), dibandingkan dengan 128 GB/dtk dengan PCIe 5.0. Untuk memahami apa artinya ini, bayangkan jika Anda memiliki kartu grafis di slot PCIe 6.0. Nomor bandwidth dua arah tersebut menunjukkan jumlah total data yang dapat dikirim kartu ke CPU dan yang dapat dikirim kembali oleh CPU ke kartu. Dalam kasus PCIe 6.0, ini berarti 128 GB/dtk sekali jalan dengan total 256 GB/dtk. Sekarang mari kita bandingkan dengan PCIe 3.0, yang merupakan standar selama bertahun-tahun dan sebagian besar masih digunakan di rumah kecuali Anda telah membuat atau membeli PC baru sejak 2019 atau 2020 (dan membayar premium untuk itu).

PCIe 3.0 maksimal pada 32 GB/dtk kumulatif pada slot x16. Jadi PCIe 6.0 memiliki bandwidth delapan kali lebih besar dari pendahulunya yang masih banyak digunakan. Itu peningkatan yang gila, tetapi game saat ini tidak akan mendekati menjenuhkan bandwidth sebanyak itu. Peningkatan paling nyata yang mungkin kami lihat di masa-masa awal adalah dengan kecepatan NVMe SSD seperti yang kami lihat dengan transisi ke PCIe 4.0–SSD yang biasanya menggunakan 4 jalur PCIe. Tetapi kapan tepatnya Anda akan mengalami standar yang lebih cepat ini di rumah?

Kapan Kami Akan Melihat PCIe 6.0?

PCI-SIG memperkirakan bahwa kami tidak akan melihat perangkat PCIe 6.0 memasuki pasar hingga 12 hingga 18 bulan sejak publikasi dari standar baru. PCIe 6.0 diumumkan pada 11 Januari 2022, jadi paling cepat, kami melihat produk PCIe 6.0 diluncurkan pada akhir 2022 atau awal 2023.

Itu skenario terbaik. Kemungkinan besar kita melihat pertengahan hingga akhir tahun 2023 untuk contoh awal PCIe 6.0, yang kemungkinan besar tidak akan ditujukan untuk konsumen.

Semua bandwidth yang dijanjikan oleh PCIe 6.0 sangat dibutuhkan di area yang mengandalkan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Ini termasuk industri otomotif dan dirgantara, pusat data, dan sebagainya. Di situlah PCI-SIG mengharapkan untuk melihat PCIe 6.0 tiba lebih dulu setelah pembuat perangkat keras mencari cara untuk mengubah spesifikasi menjadi produk yang sebenarnya.

Untuk pasar konsumen, ini bisa memakan waktu cukup lama karena terserah pembuat CPU (AMD dan Intel) dan mitra manufaktur mereka untuk mencari tahu kapan harus merilis peralatan yang mendukung PCIe 6.0. Saat ini, kita baru saja memasuki era PCIe 4.0 untuk PC rumahan. AMD merilis CPU pertama yang mendukung PCIe 4.0 untuk konsumen pada pertengahan 2019, dan Intel baru melakukannya pada awal 2021. Di sisi kartu grafis, AMD merilis GPU PCIe 4.0 pertamanya pada waktu yang hampir bersamaan dengan CPU-nya, sementara NVIDIA mengikutinya di tahun 2020.

Kemudian pada akhir tahun 2021 Intel merilis prosesor desktop “Alder Lake” yang mendukung PCIe 5.0 untuk slot tertentu dan PCIe 4.0 untuk slot lainnya, sementara AMD mengumumkan bahwa Zen-nya 4 CPU yang dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2022 juga akan mendukung PCIe 5.0. Di sisi laptop, baik AMD maupun Intel tidak merilis CPU yang mendukung PCIe 5.0 pada tulisan ini.

Jadi apa yang terjadi selanjutnya? Siapa tahu? Ketika transisi PCIe 4.0 dimulai, kartu grafis–perangkat PCIe yang paling intensif sumber daya pada PC konsumen–bahkan tidak memenuhi bandwidth maksimum PCIe 3.0. Seberapa cepat gamer atau editor video akan membutuhkan PCIe 6.0 tidak jelas. Meski begitu, seperti yang ditunjukkan AnandTech, transisi ke PCIe 6.0 bisa berarti harga yang lebih rendah. Karena kartu grafis PCIe 6.0 sepertinya tidak memerlukan koneksi x16 yang lebih besar yang mungkin menghasilkan biaya perangkat keras yang lebih rendah untuk pembeli PC sambil mempertahankan bandwidth maksimum kartu grafis saat ini. terjadi cukup cepat dengan asumsi rintangan teknis tidak menyebabkan penundaan yang serius. Dengan PCIe 4.0 dan 5.0 yang sudah saling berkerumun, lebih masuk akal untuk melewati kekacauan ini dan mencapai PCIe 6.0 sesegera mungkin.

Apakah itu yang direncanakan oleh Intel, AMD, dan pembuat komputer tidak dapat diperkirakan oleh siapa pun. Tapi jangan biarkan transisi PCIe 6.0 yang menjulang menghalangi Anda untuk mendapatkan PC atau laptop baru. Jika Anda membutuhkan komputer baru, sebaiknya jangan khawatir menunggu beberapa potensi terbaru dan terhebat pada tanggal yang tidak ditentukan.

Itulah berita seputar PCIe 6.0: Apa yang Baru, dan Kapan Anda Bisa Mendapatkannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.