Pengertian ELK-BLEDOM di Bluetooth

Jika Anda terhubung ke perangkat Bluetooth dan Anda melihat ELK-BLEDOM secara tidak terduga terdaftar di daftar perangkat, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu. Untungnya, ini adalah misteri yang dapat kami jelaskan.

ELK-BLEDOM Adalah Lampu Strip LED Bluetooth

Jika Anda melihat ELK-BLEDOM di daftar koneksi Bluetooth di perangkat apa pun (seperti iPhone, ponsel pintar Android, PC, Mac, atau lainnya ), kemungkinan besar seseorang di sekitar memiliki lampu strip LED pintar yang terpasang.

Lampu strip ini, yang dapat dikontrol melalui aplikasi ponsel cerdas melalui Bluetooth, biasanya dijual di Amazon.com, dan menggunakan chipset Bluetooth generik yang muncul sebagai “ELK-BLEDOM” dalam daftar perangkat Bluetooth.

Misalnya, berikut adalah manual untuk salah satu lampu strip yang menginstruksikan pemilik untuk terhubung ke ELK-BLEDOM untuk mengontrol lampu dengan aplikasi pada smartphone. Kemungkinan lusinan merek lampu strip LED di Amazon menggunakan chipset generik yang sama, yang mungkin tersedia langsung di China tempat mereka diproduksi.

Bagaimana Jika Saya Tidak Memiliki Lampu Strip LED?

Alasan mengapa ELK -BLEDOM adalah misteri karena orang yang memindai perangkat Bluetooth melihat lampu strip terdekat yang dimiliki oleh orang lain, kemungkinan besar tetangga mereka. Dalam satu contoh, kami melihat (dan terhubung ke) lampu strip LED yang terletak di rumah yang berbeda lebih dari 70 kaki jauhnya.

“BLE” dalam namanya mungkin mengacu pada Bluetooth Low Energy, yang merupakan jenis Bluetooth yang dirancang untuk perangkat berdaya rendah. Namun ironisnya, lampu strip LED ini tampaknya memiliki sinyal Bluetooth yang lebih kuat daripada banyak perangkat lain karena sering terlihat pada daftar Bluetooth dari jarak yang sangat jauh. Jangkauan perangkat Bluetooth umumnya sekitar 30 kaki.

Bukan Kamera Tersembunyi

Kami telah melihat desas-desus online bahwa ELK-BLEDOM mungkin merujuk ke kamera tersembunyi atau kamera keamanan dengan kemampuan Bluetooth. Setelah pencarian intensif, kami belum menemukan manual atau dokumentasi untuk mengkonfirmasi hal ini. Kemungkinan besar, rumor kamera muncul sebagai kekhawatiran dari orang-orang yang melihat ELK-BLEDOM dan tidak memiliki lampu strip LED di rumah mereka (atau mereka tidak tahu bahwa lampu strip LED mereka memiliki kemampuan Bluetooth.)

Enomful

Meski begitu, Anda dapat dengan mudah mengesampingkan kemungkinan kamera dengan mengunduh aplikasi pengontrol lampu LED di ponsel Anda, seperti duoCo Strip di iPhone atau Android. Saat Anda menjalankannya, Anda mungkin akan melihat “BLEDOM” atau “ELK-BLEDOM” di tab “Group Manage” di samping. Jika demikian, Anda tahu itu lampu strip. Selanjutnya, Anda bahkan mungkin dapat terhubung ke perangkat lampu strip jika sinyalnya cukup kuat. Hebatnya, lampu strip LED ini tidak menggunakan segala bentuk keamanan nirkabel, jadi jika Anda memilikinya, siapa pun di sekitar yang memiliki aplikasi ini dapat mengontrolnya.

Juga, jika Anda ingin mencoba menunjukkan dengan tepat di mana perangkat ELK-BLEDOM secara fisik berada, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Wunderfind (di iPhone atau Android). Untuk melakukannya, jalankan Wunderfind dan berjalan di sekitar area tersebut, dan Anda akan melihat jarak ke ELK-BLEDOM berubah saat Anda bergerak.

Melakukan ini, Anda dapat menentukan arah dan seberapa jauh jaraknya—dan mungkin menemukan perangkat jika tidak ada di rumah atau apartemen orang lain di sebelahnya. Semoga berhasil, dan tetap aman di luar sana!

Itulah berita seputar Apa itu ELK-BLEDOM di Daftar Bluetooth saya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.