Pengertian Wayback Machine

Mesin Wayback memungkinkan Anda melihat versi situs web yang lebih lama, melihat konten yang diubah, memecahkan masalah situs Anda sendiri, dan bahkan melihat konten yang tidak lagi “ada” di web. Mesin Wayback penting untuk melestarikan sejarah Internet.

Apa Itu Mesin Wayback?

Didirikan oleh Internet Archive pada 12 Mei 1996, Mesin Wayback adalah layanan online gratis yang merayapi dan mengambil snapshot situs web pada interval waktu yang berbeda dan kemudian mengarsipkannya situs, melestarikan sejarah Internet. The Wayback Machine dinamai dari Wayback Machine dari The Rocky and Bullwinkle’s Show “Peabody’s Improbable History.”

Meskipun Wayback Machine didirikan pada tahun 1996, itu sepenuhnya diprivatisasi dan hanya orang-orang tertentu yang memiliki akses ke konten tersebut. Baru pada tahun 2001 Mesin Wayback tersedia untuk umum. Pada saat penulisan, Mesin Wayback telah mengarsipkan lebih dari 663 miliar halaman web.

Apakah Mesin Wayback Legal?

Ada banyak area abu-abu dalam hal legalitas Mesin Wayback. Sebagai contoh, Eropa dapat melihat Wayback Machine sebagai pelanggaran terhadap undang-undang hak ciptanya, dan pembuat konten yang diarsipkan dapat memutuskan apakah mereka ingin konten mereka diarsipkan atau tidak. Jika pembuat konten ingin kontennya dihapus dari Mesin Wayback, maka Internet Archive harus mewajibkan.

Ada juga beberapa kasus hukum terhadap Mesin Wayback dari organisasi dan individu, seperti the Church of Scientology, Healthcare Advocates, Inc., dan lainnya.

Beberapa negara bahkan telah melarang Mesin Wayback sepenuhnya, meskipun itu lebih didasarkan pada sensor daripada masalah hukum apa pun yang sebenarnya. Mesin Wayback saat ini diblokir di Cina dan diblokir untuk waktu yang singkat di Rusia pada tahun 2015-2016.

Pentingnya Mesin Wayback

Pentingnya Mesin Wayback terlihat jelas. Melestarikan sejarah Internet cukup penting, tetapi Anda juga dapat kembali dan melihat sumber konten asli untuk melihat seperti apa sebelum pembaruan konten dibuat. Ini bisa sangat berguna di era informasi yang terus berubah.

Anda bahkan dapat menggunakan Mesin Wayback untuk memecahkan masalah dengan situs web Anda. Forbes bahkan memberikan argumen yang masuk akal untuk menggunakannya untuk memecahkan masalah SEO yang mungkin dihadapi situs Anda. Anda bahkan dapat memulihkan seluruh situs web. Wikipedia, berkat banyak bot dan sukarelawan yang berdedikasi, dapat menggantikan 9 juta referensi yang rusak berkat Wayback Machine.

Selain itu, jika sebuah situs web sedang down, Anda dapat menggunakan Wayback Machine untuk melihat situs web tersebut. Meskipun tidak akan ada konten baru di situs sampai pemilik situs memperbaiki masalah, Anda masih dapat melihat konten lama.

Penggunaan lain yang keren dari Mesin Wayback adalah kemampuan untuk melihat situs web yang tidak lagi online. Ada beberapa kekurangan di sini, meskipun. Mesin Wayback mengambil snapshot dari bagaimana sebuah situs web terlihat pada waktu tertentu pada tanggal tertentu. Bergantung pada saat Wayback Machine mengambil snapshot, beberapa konten mungkin hilang.

Ada juga masalah konten yang bersembunyi di balik dinding masuk. Salah satu contoh yang saya berikan secara pribadi adalah PlayOnline.com. Final Fantasy IX adalah permainan yang fantastis. Namun, panduan strategi BradyGames terkenal sebagai panduan strategi terburuk yang pernah ada. Alasannya adalah bahwa itu sebagian besar merupakan panduan yang tidak lengkap. Di hampir setiap bagian, dalam upaya untuk mengarahkan lebih banyak pengguna ke situs web mereka, mereka akan menambahkan catatan samping yang menyatakan sesuatu di sepanjang baris “Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengalahkan bos ini, kunjungi PlayOnline.com dan masukkan kode ini: BS103. ”

Ini, tentu saja, merupakan masalah bagi banyak pemain yang membeli panduan ini, karena Internet tidak mudah diakses oleh banyak orang pada tahun 2000 seperti sekarang ini. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk? Porsi situs web bahkan tidak ada hari ini. Jika Anda membeli panduan strategi bertahun-tahun yang lalu, Anda kurang beruntung. Jadi, saya mencoba mengaksesnya melalui Wayback Machine.

Sayangnya, Anda harus memiliki akun untuk masuk ke PlayOnline. Entah bagaimana saya masih dapat membuat akun yang sebenarnya, tetapi itu hanya mengirim saya dalam lingkaran masuk yang tak terbatas. Saya tidak pernah benar-benar dapat masuk dan mengakses konten.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, manfaat Mesin Wayback sangat luar biasa dan akan selalu terbukti menjadi salah satu sumber daya paling berguna untuk melestarikan riwayat Internet.

Itulah berita seputar Apa Itu Mesin Wayback, dan Mengapa Itu Penting?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.