Peramban Tercepat untuk PC atau Perangkat Seluler Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Peramban web sangat penting untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Anda dan mencari informasi. Peramban yang lambat mungkin membuat frustrasi, menjadikan peramban yang cepat sebagai pilihan terbaik. Meski begitu, Anda mungkin tidak tahu mana yang tercepat.

Di bawah ini, Anda akan menemukan daftar lengkap browser tercepat untuk empat sistem operasi utama, termasuk komputer dan perangkat seluler. Semuanya aman digunakan dan akan membuat penjelajahan web menjadi mudah. Baca sampai akhir untuk semua detailnya.

Browser Tercepat untuk Windows 11

Browser ini gratis untuk digunakan di Windows 11 dan sistem operasi yang lebih lama. Kata “cepat” dapat diterapkan ke berbagai kategori, tetapi kami terutama berfokus pada seberapa responsif browser dan seberapa cepat sesuatu dimuat. Penting untuk diingat bahwa kecepatan internet Anda akan melambat bahkan browser tercepat di planet ini.

Untuk semua kategori kami, Anda harus menganggap perangkat Anda terhubung ke jaringan yang cepat dan memiliki lebih dari cukup RAM untuk menangani proses. Lebih adil untuk mengukur seberapa cepat browser dengan cara ini.

Google Chrome

Tidak mengherankan Google Chrome berada di urutan teratas daftar ini, karena banyak orang menganggap browser ini secepat kilat. Mengenai kecepatan murni dalam waktu pemuatan dan responsivitas, Chrome biasanya menjadi pemenang dalam pengujian. Chrome didasarkan pada proyek browser Chromium open-source Google, yang berarti Google tahu cara mengoptimalkan kode sumber lebih baik daripada orang lain.

Google Chrome dapat memuat grafik di layar dan aplikasi JavaScript dengan cepat. Ini juga menawarkan waktu respons yang singkat, mencegah Anda merasakan kelambatan. Namun, laporan bahwa Chrome menggunakan terlalu banyak RAM adalah akurat.

Jika komputer Anda tidak memiliki cukup RAM, membuka terlalu banyak tab di Chrome dapat memperlambatnya. Masalah ini bahkan mengganggu PC yang kuat, tetapi kebanyakan orang tidak membuka terlalu banyak tab sekaligus. Untuk kasus penggunaan standar, browser ini ampuh.

Selain kecepatan, Chrome adalah produk yang lengkap dalam hampir semua aspek. Ini memiliki perpustakaan ekstensi paling luas dan banyak fitur bermanfaat secara default. Saat fitur sinkronisasi diaktifkan, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan di perangkat yang berbeda.

Microsoft Edge

Edge telah menjadi browser Windows default sejak 2015, menggantikan Internet Explorer. Ini juga merupakan browser berbasis Chromium, peningkatan yang membuatnya hampir secepat Google Chrome. Keduanya sama di hampir semua area.

Sebagai browser berbasis Chromium, Edge dapat menggunakan ekstensi Chrome tanpa modifikasi. Ini berguna jika Anda menyukai ekstensi tertentu tetapi khawatir tentang migrasi.

Fitur Edge lainnya termasuk alat koleksi dan menu konteks. Meskipun tidak terlalu berbeda dalam hal ini, semua komputer Windows sudah menginstalnya. Oleh karena itu, Anda dapat meluncurkannya dan segera mulai menjelajah jika Anda memiliki PC Windows.

Opera

Meskipun Opera dulunya merupakan peramban yang agak khusus, baru-baru ini Opera mendapatkan daya tarik di antara pengguna yang bukan penggemar Chrome atau Edge. Opera bukan browser tercepat yang tersedia, tetapi itu tidak berarti lambat. Namun, dalam hal rendering grafik, ia tertinggal di belakang. Tes

In, Opera memuat situs web lebih lambat daripada browser di atas. Namun, itu tidak berarti itu adalah browser yang buruk. Keunggulan Opera adalah kenyamanan dan fiturnya.

Ada media sosial dan bilah komunikasi bawaan sehingga Anda dapat mengaksesnya dalam beberapa klik. Anda tidak perlu mem-bookmark aplikasi dan situs ini. Mereka ada di layar setiap saat.

Karena Anda tidak memerlukan ekstensi atau hanya beberapa ekstensi, Opera bekerja lebih cepat daripada browser yang terlalu banyak diinstal. Ini adalah kasus yang bagus untuk pengguna browser minimalis.

Selain itu, Opera memiliki VPN dan bahkan dompet cryptocurrency. Ini adalah fitur yang berpusat pada privasi, artinya Opera menghargai menjaga informasi Anda tetap aman.

Browser Tercepat untuk Mac

Chrome dan Edge adalah beberapa browser tercepat yang tersedia, tetapi ada juga pilihan lain untuk pengguna Mac. Oleh karena itu, kami tidak akan mengulangi pilihan browser kecuali diperlukan.

Safari

Safari adalah browser macOS default Apple dan dirancang untuk bekerja dengan perangkat keras Apple. Sebagai pilihan yang paling optimal, Anda dapat yakin dengan waktu pemuatan JavaScript yang cepat dan banyak lagi. Safari bahkan dirancang agar hemat daya di Mac, memungkinkan Anda menjelajahi internet di luar untuk waktu yang lebih lama.

Karena Safari disertakan dengan semua perangkat seluler Mac dan Apple, Safari langsung siap digunakan. Keajaiban terjadi saat Anda masuk dengan ID Apple di semua perangkat.

Dengan Handoff, Anda dapat meneruskan apa yang Anda lakukan di Mac ke iPhone dan sebaliknya, memungkinkan tampilan tab yang sama di dua perangkat berbeda secara bersamaan.

Safari memiliki beberapa fitur keamanan dan privasi bawaan. Kata sandi Anda disimpan dengan aman dengan WebAuthn. Saat menggunakan Apple Pay, transaksi Anda disembunyikan dari mata yang mengintip.

Mode Gambar dalam gambar memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas secara efisien. Saat Anda menonton video, Anda dapat mengecilkannya menjadi jendela yang lebih kecil. Setelah itu, gambar kecil akan tetap berada di layar saat Anda beralih tab.

Brave

Meskipun Brave dikenal menjaga privasi dan anonim pengguna, ini juga browser yang cepat. Ini tidak secepat Chrome, Edge, atau Opera, tetapi mengungguli pesaing seperti Firefox dan Vivaldi. Brave mendapatkan nilai yang sangat baik dalam menjalankan JavaScript dan responsivitas secara keseluruhan.

Bahkan dengan beban yang lebih tinggi, Brave tidak memperlambat atau menunjukkan latensi. Ini menggunakan lebih sedikit RAM daripada Chrome, yang merupakan nilai tambah besar jika Anda lebih suka multitasking.

Secara default, browser Brave memblokir pelacak, iklan, dan cookie. Fitur ini menjaga kebiasaan dan preferensi penelusuran Anda tetap pribadi. Namun, ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda karena beberapa situs web memerlukan pop-up untuk berfungsi.

Selain itu, beberapa fitur Brave hanya tersedia sebagai ekstensi di browser lain, seperti dompet kripto bawaan dan browser Tor. Untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan yang terakhir, Tor adalah browser anonim yang menutupi identitas Anda saat Anda menggunakan internet.

Sebagai browser berbasis Chromium, Brave kompatibel dengan banyak ekstensi Chrome. Namun, Anda mungkin hanya memerlukan beberapa ekstensi dengan pemblokir iklan dan pemblokir pelacak aktif. Keputusan ini membantu mencegah penggunaan sumber daya yang berlebihan.

Firefox

Meskipun Firefox tidak mengikuti peramban tercepat selama bertahun-tahun, Firefox tetap merupakan produk yang solid dengan peluang penyesuaian yang luas. Bagi sebagian pengguna, penampilan lebih penting daripada kinerja, tetapi Firefox menggabungkan keduanya dengan lebih cemerlang. Antarmuka yang apik menjadikannya peramban yang fantastis untuk digunakan.

Di masa lalu, Firefox dulunya jauh lebih lambat, karena saat itu, hanya Chrome yang memiliki perenderan JavaScript yang cepat. Namun, saat ini, Firefox dapat mengungguli browser lain di departemen itu. Peramban juga memiliki skor yang sangat baik saat menguji respons grafis, hanya kalah dari Edge dan Chrome dalam beberapa kasus.

Di mana Firefox melampaui Edge dalam tes benchmark Unity WebGL. Seperti Chrome, Firefox dapat merender visual level game untuk situs web.

Anehnya, Firefox hanya membutuhkan sekitar 50% penggunaan RAM Chrome. Mac tidak selalu datang dengan banyak RAM, menjadikannya pilihan yang menarik.

Dengan sistem Jangan Lacak, pengguna dapat mencegah situs web mengumpulkan data pribadi. Meskipun fitur ini layak, pengguna harus mempertimbangkan untuk memasangkannya dengan ekstensi privasi lainnya.

Jika Anda ingin mengubah tampilan browser, klik tombol “Sesuaikan”. Berbagai macam kemungkinan akan muncul dan memungkinkan penyesuaian yang luas.

Peramban Tercepat untuk Android

Banyak peramban yang disebutkan di atas memiliki Android atau bahkan iOS yang setara. Dengan perangkat Android, sebagian besar dari mereka sudah datang dengan Google Chrome. Satu-satunya pengecualian adalah perangkat Huawei dan ponsel lain yang dibuat untuk pasar Cina.

Berikut adalah beberapa browser berbeda yang dapat Anda pertimbangkan selain Chrome dan Edge.

DuckDuckGo Privacy Browser

Sementara DuckDuckGo tersedia sebagai mesin pencari, ada browser. Aplikasi Android tidak terlalu kaya fitur, tetapi apa yang dimilikinya cenderung diarahkan pada keamanan dan privasi. Antarmuka minimal membuatnya sangat responsif, dan hanya perlu satu ketukan untuk menghapus semua data penjelajahan sesi saat ini.

Aplikasi seluler hanya sekitar 35MB, menjadikannya browser ringan yang tidak perlu Anda hapus aplikasinya.

Aplikasi DuckDuckGo memaksa enkripsi HTTPS, begitulah cara informasi Anda harus ditangani. Perlindungan ekstra mempersulit peretas untuk mencuri informasi.

Semua pelacak diblokir saat Anda membuka situs web yang memilikinya. Jika Anda ingin mengaktifkannya, ada opsi untuk memasukkan situs ke daftar putih.

Lynket

Sebelumnya dikenal sebagai Chromer, Lynket adalah situs yang berbahaya.

Lynket

Sebelumnya dikenal sebagai Chromer, Lynket adalah browser open-source minimalis yang tidak menguras RAM ponsel Anda. Menghemat RAM sangat penting di dunia di mana perangkat seluler tidak dilengkapi dengan banyak RAM kecuali Anda membeli ponsel gaming atau produk premium. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang itu dengan browser ini.

Dengan Lynket, Anda dapat mengatur beberapa gelembung dan memuat tautan berbeda di semuanya. Beralih di antara keduanya sangat mudah.

Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda memilih dari berbagai mesin rendering atau browser untuk memuat halaman. Ini termasuk Chrome, Edge, Brave, dan banyak lagi. Saat Anda memilih salah satu, halaman akan mengambil beberapa fitur browser, seperti privasi untuk Brave.

Lynket dirancang untuk kecepatan pada ponsel cerdas dan tablet sebagai browser yang mengutamakan seluler. Ini mungkin bukan browser tercepat, tetapi Anda masih dapat menikmati waktu pemuatan cepat bahkan pada jaringan yang lebih lambat.

Saat menggunakan aplikasi yang berbeda, Anda dapat mengubah pengaturannya satu per satu. Fleksibilitas ini tak tertandingi.

Opera Mini

Opera Mini dirancang untuk memberikan kecepatan browsing secepat kilat di smartphone. Perusahaan menerapkan banyak inovasi penghematan data sehingga halaman web dimuat lebih cepat. Salah satu fitur tersebut adalah mode Turbo, yang mempercepat browser lebih jauh.

Desain datar dan mesin rendering membuat Opera Mini responsif dan mudah diakses. Tidak perlu menavigasi melalui windows yang membingungkan.

Ada empat mode hemat data di Opera Mini. Anda dapat menghemat data seluler dan hanya melihat hal-hal penting saat diaktifkan.
OffHighExtremeAutomatic
Extreme akan mencegah gambar dimuat di browser, jadi hanya teks yang Anda lihat. Meskipun bagus untuk banyak tugas, Anda kehilangan akses ke beberapa situs yang lebih mengandalkan grafik daripada teks.

Dengan semua fitur ini, Opera Mini dapat mengurangi penggunaan data jika Anda memiliki batas bulanan. Ini mencegah Anda menonton video saat Anda memiliki mode hemat data yang aktif, tetapi itu mungkin bukan masalah bagi sebagian pengguna.

Dolphin Browser

Dolphin sebenarnya adalah salah satu browser smartphone tertua. Ini dikenal kaya fitur sambil memungkinkan penjelajahan cepat. Mode Jetpack membuat halaman dimuat lebih cepat dibandingkan dengan waktu browser standar.

Ada fungsi seperti gerakan, pencarian suara, dan bahkan kompatibilitas Flash. Dukungan Flash jarang ada di browser seluler, menjadikan Dolphin salah satu dari sedikit yang memiliki fungsi seperti itu.

Bagi mereka yang membenci pop-up, browser Dolphin memiliki pemblokir. Ini mencegah pelambatan karena iklan dapat menghabiskan daya pemrosesan.

Dolphin memiliki banyak pilihan tema dan wallpaper. Ini menyenangkan bagi pengguna yang ingin memasukkan beberapa kepribadian ke dalam browser mereka.

Kehadiran penjelajahan tab membantu Dolphin menyerupai penjelajahan desktop. Beberapa orang lebih menyukai tata letak tradisional, sehingga Dolphin dapat memuaskan rasa gatal yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Untuk fungsi tambahan, unduh beberapa pengaya. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak, karena dapat memperlambat browser.

Browser Tercepat untuk iPhone

Semua iPhone dilengkapi Safari sebagai browser default. Anda dapat mengunduh yang lain seperti Chrome dan Firefox juga. Pada akhir tahun 2020, iOS 14 memperkenalkan browser default khusus, yang memungkinkan pengguna untuk meninggalkan Safari jika mereka menginginkannya.

Pertimbangkan alternatif ini daripada Safari dan Chrome.

Maxthon

Maxthon adalah alternatif Safari yang menjanjikan yang telah lama dipuji oleh pengguna. Ini memiliki UI dan tata letak yang mudah tanpa gangguan. Peramban ini juga ramah perangkat keras sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas tanpa khawatir.

Keamanan sangat penting bagi Maxthon, dan Anda mendapatkan pengelola kata sandi saat memasang peramban ini di iPhone. Jauhkan semua kredensial Anda aman dari orang lain bahkan jika Anda kehilangan ponsel Anda. Pengelola kata sandi juga memiliki pembuat kata sandi.

Selain itu, Anda dapat menyingkirkan pop-up dengan mudah melalui pemblokir bawaan. Tanpa iklan, Anda dapat menemukan apa yang Anda cari lebih cepat.

Jika Anda ingin menyimpan sesuatu, Maxthon mendukung Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih dari URL, menyimpannya di tempat yang sama dengan teks dan gambar. Tidak banyak browser yang dapat melakukan ini.

Untuk fitur lainnya, Maxthon memiliki 700 opsi ekstensi. Anda dapat mengaksesnya melalui Pusat Ekstensi.

Berkat mesin peramban Trident dan WebKit, Maxthon adalah peramban cepat yang dapat Anda andalkan ke mana pun Anda pergi.

Tidak Ada Perlambatan yang Diizinkan

Tidak ada satu peramban yang benar-benar dapat Anda sebut “tercepat” karena semua peramban berspesialisasi di daerah yang berbeda. Satu dapat memuat gambar lebih cepat, sementara yang lain lebih baik dengan JavaScript. Namun demikian, ada banyak pilihan untuk semua orang.

Apakah Anda memiliki favorit tertentu yang disebutkan di atas? Opsi browser mana yang baru untuk Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.