Perangkat Lunak Konferensi Video Terbaik untuk Usaha Kecil

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap pemilik usaha kecil mengetahui pentingnya merampingkan komunikasi untuk memastikan anggota tim selalu terhubung. Dengan banyaknya perusahaan yang mengadopsi model hibrid untuk mengakomodasi karyawan dan meningkatkan produktivitas, terjadi lonjakan dalam penggunaan perangkat lunak konferensi video.

Tidak ada kekurangan program yang andal dan mudah digunakan yang membuat tetap berada di puncak pekerjaan menjadi mudah, tetapi bagaimana apakah kamu memilih yang terbaik? Anda harus meninjau semua opsi dan menentukan opsi mana yang cocok dengan tujuan bisnis Anda dan memenuhi kebutuhan tim Anda.

Kami akan membahas beberapa perangkat lunak konferensi video terbaik yang tersedia untuk bisnis kecil untuk membantu Anda membuat keputusan akhir.

Tanpa lebih jauh ado, mari selami.
Perangkat Lunak Konferensi Video Terbaik untuk Usaha Kecil

Jika Anda mencari solusi konferensi yang tangguh, pertimbangkan salah satu alat berikut.
No. 1 – Zoho Meeting

Zoho Meeting adalah salah satu platform konferensi video paling aman di pasaran. Alat rapat dan webinar yang andal ini membantu pekerja jarak jauh mencapai potensi penuh mereka, mendukung kolaborasi, dan meningkatkan efisiensi.

Pengguna tidak hanya dapat melakukan rapat, tetapi mereka juga dapat berbagi presentasi dan dokumen dengan opsi berbagi layar yang mudah diakses. Jika anggota tim tidak dapat menghadiri rapat, jangan khawatir. Anda dapat merekam panggilan, menyimpannya ke penyimpanan lokal Anda untuk penggunaan offline, dan membagikannya dengan staf Anda.

Selain fitur siaran webinar langsung, pengguna dapat mengatur kumpulan audiens dan menyelenggarakan Tanya Jawab untuk memastikan semua peserta mendapatkan kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka .

Zoho Meeting menghargai privasi pengguna dan mengenkripsi semua fungsi untuk menjamin keamanan yang tak tertandingi saat data Anda berjalan melalui web.
No. 2 – Zoom

Zoom adalah program konferensi video yang berperingkat tinggi dan banyak digunakan dan dengan alasan yang bagus. Ini cocok untuk orang yang ingin meningkatkan bisnis kecil mereka tanpa membebani anggaran mereka. Anda dapat mengadakan rapat melalui Zoom secara gratis dan menikmati kualitas audio sebening kristal. Program ini dengan mulus menekan kebisingan latar belakang, sehingga klien dan karyawan tidak akan kesulitan berkomunikasi.

Jika Anda telah menyiapkan presentasi, tidak perlu mengirimkannya melalui email ke semua peserta rapat. Dengan satu klik tombol, Anda dapat membagikan layar Anda dan menyorot semua poin utama. Selain itu, jika anggota tim tidak dapat menghadiri rapat, Zoom memungkinkan Anda terus memantau mereka dengan fungsi perekamannya.

Hal lain yang diapresiasi pengguna tentang alat ini adalah alat ini mendorong semua orang untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi. Anda dapat mencoba filter, mengatur kumpulan, menggunakan reaksi, dan mengobrol tanpa meninggalkan jendela Zoom. Perangkat lunak ini terintegrasi dengan baik dengan platform lain, sehingga pengguna dapat menjadwalkan rapat menggunakan kalender iCal, Gmail, atau Outlook mereka.

Meskipun Zoom sangat bagus untuk bisnis baru, Zoom mungkin bukan pilihan yang ideal saat Anda memutuskan untuk menskalakan operasi Anda. Sebelum berkomitmen pada platform ini, periksa paket harganya dan lihat apakah keuntungannya menguntungkan staf Anda.
No. 3 – Google Meet

Opsi konferensi video populer lainnya, Google Meet adalah perangkat lunak masuk untuk banyak perusahaan dengan berbagai ukuran. Yang menarik pengguna adalah harga program yang relatif terjangkau dan kemudahan penggunaan. Jika merekam dan menyimpan rapat bukan prioritas utama, Anda dapat menikmati perangkat lunak ini secara gratis untuk rapat dengan maksimal 100 peserta.

Selain itu, program ini kompatibel dengan aplikasi lain dan menawarkan penyimpanan tak terbatas di Google Drive. Itu juga memungkinkan bisnis untuk mengakses fitur aksesibilitas dan menyediakan teks tertutup untuk rapat dan obrolan video. Pilihan ini sangat berharga bagi peserta dari berbagai negara, mereka yang bekerja di lingkungan yang bising, dan peserta dengan gangguan pendengaran.

Meskipun perangkat lunak tidak memiliki fitur canggih dari beberapa pesaingnya, perangkat lunak ini biasanya beroperasi tanpa gangguan. Namun, perhatikan bahwa Anda harus beralih ke aplikasi yang lebih kuat untuk rapat dengan lebih dari 250 peserta.
No. 4 – Jiminny

Jika Anda mencari program konferensi yang mengesankan untuk menghubungkan tim penjualan Anda atau meningkatkan komunikasi dengan klien, Jiminny harus sesuai dengan tagihan. Perangkat lunak ini menawarkan banyak fitur canggih yang menciptakan lingkungan digital bebas gangguan. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan salah satu template aplikasi dan mengatur panggilan selama satu jam ke dalam beberapa segmen. Jika Anda meneruskan rekaman rapat ke orang lain, mereka akan dapat menemukan semua bagian yang relevan tanpa membuang waktu. Selain itu, pemilik bisnis dapat mengintegrasikan fungsi perekaman dengan CRM mereka untuk menghilangkan pencatatan manual. Jiminny juga melacak metrik, dan pengguna dapat memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan peserta untuk mendengarkan dibandingkan berbicara. Informasi ini dapat membantu perwakilan penjualan mengasah keterampilan mendengarkan dan percakapan mereka.

Karena perangkat lunak ini relatif baru, pengembang terus memperkenalkan fitur tambahan. Akibatnya, menggunakan aplikasi terkadang melibatkan kurva pembelajaran yang curam.
No. 5 – GoToMeeting

GoTo, sebelumnya dikenal sebagai LogMeIn, dikenal untuk mengembangkan aplikasi ringkas yang membantu bisnis mencapai tujuan mereka. Perangkat lunak GoToMetting mereka tidak terkecuali, menawarkan beberapa fungsi yang membuat koneksi melalui internet menjadi lebih produktif.

Solusi konferensi satu atap ini memungkinkan anggota tim untuk menjadwalkan panggilan, presentasi berbagi layar, dan bertemu dengan klien dalam pengaturan online profesional. Selain itu, ini mendukung hingga 250 peserta tanpa masalah dan memberi semua peserta alat pencatat yang mudah digunakan.

GoToMeeting memiliki beberapa tingkatan harga, mengakomodasi perusahaan dengan berbagai ukuran dan anggaran. Jika Anda ragu untuk menggunakan alat ini, Anda dapat mencoba uji coba gratis 14 hari. Perangkat lunak tidak akan bertanya tentang informasi kartu kredit Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tak terduga.

Pengguna dapat menikmati fitur yang lebih fleksibel, termasuk papan tulis virtual, alat menggambar, dan ruang rapat khusus.

Namun, pengguna telah melaporkan bahwa meskipun versi desktopnya dapat diandalkan, program tersebut tidak memberikan kinerja luar biasa yang sama di peramban web. Meskipun hal ini mungkin bukan pemecah masalah bagi sebagian orang, hal ini dapat menunda rapat saat peserta menunggu komputer mereka menyelesaikan proses penginstalan.
No. 6 – Bluejeans

Bluejeans adalah alat konferensi video yang didukung oleh Verizon. Itu memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mendukung tenaga kerja modern, termasuk merek kustom, waktu rapat tak terbatas, dan panggilan terenkripsi. Perangkat lunak ini mengandalkan teknologi Dolby Voice untuk menghilangkan kebisingan latar belakang dan memastikan audio berkualitas tinggi.

Berkat perlindungan AES-256 GMC-nya, semua data yang dibagikan dienkripsi, yang sempurna untuk bisnis yang ingin menjaga rencana mereka tetap tersembunyi. Anda juga dapat membuat kode sandi untuk peserta yang diundang guna meningkatkan keamanan. Apa pun paket yang Anda pilih, Anda dapat menikmati rapat tanpa batas. Jika Anda bertanggung jawab atas beberapa tim, mereka dapat melakukan panggilan kapan saja tanpa biaya tambahan.

Layanan ini mengumpulkan analitik terperinci dari panggilan Anda, dan pengguna dapat menggunakan data tersebut untuk menyelesaikan masalah dan menetapkan sasaran yang dapat dicapai untuk setiap rapat baru.

Selain versi desktop, Anda dapat mengunduh aplikasi seluler dari Apple App Store dan Google Play Store. Aplikasi seluler menampilkan antarmuka responsif dan fitur intuitif untuk mendukung komunikasi.
No. 7 – Chanty

Alat kolaborasi tim lainnya, Chanty membanggakan fitur panggilan video bawaan yang menjamin semua anggota tim tetap up-to-date dan di atas tugas mereka. Ini mendukung panggilan satu-satu dan konferensi grup, dan Anda dapat menggunakan opsi berbagi layar untuk membuat rapat lebih menarik.

Kotak obrolan menyimpan semua file, teks, dan tautan yang dikirim, dan pengguna dapat mengambilnya nanti untuk mengompilasi detail bahan tindak lanjut.

Chanty terintegrasi dengan baik dengan platform pihak ketiga, artinya Anda dapat menghubungkannya ke Trello, Zapier, Google Drive, Asana, Mailchimp, dan Dropbox. Salah satu kelemahan yang mungkin terjadi adalah perangkat lunak hanya mengizinkan rapat dengan maksimal 30 peserta.
No. 8 – Microsoft Teams

Jika Anda berencana untuk menskalakan bisnis Anda dan menyelenggarakan rapat dengan lebih dari 200 peserta, Anda mungkin telah mempertimbangkan untuk menggunakan Microsoft Teams.

Dengan perangkat lunak canggih ini, Anda dapat mengundang 10.000 orang untuk bergabung dalam panggilan, termasuk klien, kolaborator, dan pekerja lepas .

Selain itu, pemilik dan manajer dapat mengatur staf mereka ke dalam tim yang lebih kecil dan mengatur saluran komunikasi terpisah dalam program.

Microsoft Teams memungkinkan semua departemen untuk meningkatkan keterlibatan melalui pemberitahuan, komentar, sebutan, dan reaksi dalam obrolan. Perangkat lunak ini menggunakan langkah-langkah keamanan tingkat lanjut untuk melindungi semua file terlepas dari paket pengguna Anda.

Terlepas dari keuntungannya, Microsoft Teams tetap tidak mengizinkan pengguna untuk mengundang tamu ke saluran tertentu, yang mungkin membatasi kolaborasi.
No. 9 – RingCentral Video

Opsi hemat biaya ini mendukung panggilan video dengan lebih dari 100 peserta dan menyediakan audio dan video berkualitas tinggi. RingCentral Video bangga akan tingkat keamanannya yang canggih dan telah menerapkan sistem perlindungan tujuh lapis.

Perangkat lunak ini bekerja dengan baik pada perangkat seluler dan komputer, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih di antara gadget Anda.

Karena menguasai beberapa alat konferensi video dapat menjadi tantangan, RingCentral Video menawarkan pelatihan onboarding dan dukungan langsung untuk menjamin pengguna memahami semua aspek layanan.

Sayangnya, program ini tidak memiliki kalender bawaan atau fitur manajemen tugas untuk mengintegrasikan rapat dengan acara kalender pribadi Anda. Pengguna didorong untuk mengunduh aplikasi Glip untuk membuka kunci fitur ini.
No. 10 – Skype

Jika Anda mencari solusi yang ramah anggaran dan terbukti benar, Anda tidak akan salah dengan Skype. Alat yang dapat digunakan secara gratis ini memungkinkan Anda terhubung ke pengguna di seluruh dunia dan memungkinkan maksimal 50 peserta dalam satu panggilan.

Proses penginstalan sangat mudah, dan sebagian besar pengguna dapat menavigasi antarmuka tanpa masalah.

Perlu diingat bahwa kualitas audio di Skype bergantung pada lebar pita, sehingga tim Anda terkadang mengalami beberapa gangguan. Skype kurang aman dibandingkan beberapa perangkat lunak lain yang telah kita bahas. Akibatnya, menggunakan alat tersebut dapat membuka bisnis Anda terhadap pencurian data. Pilih Solusi Konferensi Video yang Tepat

Bisnis kecil sering kesulitan menemukan perangkat lunak dengan kombinasi ideal antara fitur canggih dan keterjangkauan. Sementara opsi seperti Skype bekerja dengan baik untuk panggilan video dan audio dasar, pemilik bisnis menghargai program dengan perlindungan ekstra dan fitur yang lebih canggih.

Untungnya, solusi seperti Zoho Meeting menawarkan perpaduan yang seimbang antara efektivitas biaya dan fungsionalitas tingkat lanjut. Aplikasi mana pun yang Anda pilih, ingatlah bahwa itu harus mudah digunakan, memberikan paket harga yang fleksibel, dan mendukung staf Anda dalam menangani tugas harian.

Pernahkah Anda menggunakan perangkat lunak di atas sebelumnya? Jika demikian, fitur mana yang paling menarik bagi Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.