Perangkat Lunak Pengeditan Video Gratis Terbaik

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Videomaking bukanlah hobi yang murah. Di antara kamera, perlengkapan pencahayaan, dan mikrofon, kebanyakan dari kita tidak memiliki uang untuk dibelanjakan pada perangkat lunak pengeditan video profesional. Untungnya, bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, ada banyak opsi gratis untuk perangkat lunak pengeditan video.

Pada artikel ini, kami akan memberi peringkat beberapa perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik di luar sana.

Apa yang Membuat Perangkat Lunak Pengeditan Bagus?

Beberapa opsi perangkat lunak saja memberi Anda fungsionalitas tanpa tulang, mengunci semua alat yang berguna di balik biaya keanggotaan atau versi “Pro”. Akan selalu ada kekurangan saat menggunakan perangkat lunak gratis.

Namun, semua opsi dalam daftar ini memberi Anda banyak fungsi. Beberapa memang memiliki versi berbayar, tetapi opsi gratis pasti berguna.

Setiap saran dalam daftar memiliki beberapa fitur unik, itulah sebabnya kami menyertakannya. Kami harap ini memberi Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat keputusan yang tepat untuk Anda.

TikTok

TikTok sebenarnya memiliki banyak alat hebat untuk membantu Anda berkreasi dengan video Anda. Selain memungkinkan Anda menambahkan musik atau ucapan ke video Anda, TikTok juga memiliki filter, transisi, dan bahkan layar hijau. Platform ini juga memberi Anda musik populer dan alat untuk menyinkronkan musik ke video Anda.

Kelemahan terbesar menggunakan TikTok untuk mengedit video adalah Anda hanya dapat memposting video Anda di TikTok. Ada banyak alat pengeditan yang hebat, tetapi itu tidak membantu Anda dengan pencahayaan atau suara. Anda harus membeli pengaturan sendiri jika ingin mendapatkan suara dan pencahayaan terbaik untuk video Anda.

Kelemahan lainnya adalah durasi video. TikTok telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan durasi video yang dapat Anda posting, mulai dari 15 detik dan sekarang mencapai 10 menit. Namun, jika Anda memiliki sesuatu yang lebih lama dari 10 menit, maka TikTok bukan untuk Anda. Semua video Anda juga akan memiliki logo TikTok dan nama pengguna Anda di kanan bawah video Anda, serta halaman dengan logo di akhir video Anda. Ini tidak terlalu mengganggu, tetapi tetap terlihat jelas.

Secara keseluruhan, TikTok memiliki banyak opsi hebat untuk mengedit video dan semuanya gratis. Namun, jika Anda ingin video Anda di platform lain, maka TikTok tidak disarankan. Jika Anda hanya ingin membuat video pendek dengan ponsel Anda, maka TikTok adalah aplikasi tingkat atas yang memungkinkan Anda melakukan segalanya dengan perangkat seluler Anda. Yang perlu diingat adalah bahwa video TikTok Anda akan direkam dalam mode Potret agar sesuai dengan perangkat seluler.

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush masih menawarkan beberapa opsi bagus bagi mereka yang tidak membutuhkan sesuatu yang canggih. Premiere Rush memiliki opsi seluler dan desktop. Anda dapat mengakses pekerjaan apa pun yang Anda lakukan di kedua perangkat melalui Creative Cloud Adobe.

Selain transisi, Adobe Premiere Rush menawarkan koreksi warna otomatis dan manual, kartu judul khusus, dan bahkan beberapa efek khusus seperti gerakan lambat. Penawaran gratis Adobe cukup kuat untuk perangkat lunak gratis. Bahkan memungkinkan Anda untuk mengunggah video Anda langsung ke YouTube, Instagram, dan Facebook, mengonversi file agar sesuai dengan spesifikasi setiap platform.

Adobe Premiere Rush memiliki sedikit kekurangan. Ini menawarkan beberapa alat pengeditan video terbaik di pasaran – gratis! Selain itu, Anda mendapatkan ruang penyimpanan 100GB, memungkinkan Anda menyelesaikan banyak pengeditan tanpa repot. Ada beberapa fitur (seperti ruang 10 TB) yang terkunci di balik paywall. Adobe mengenakan biaya $9,99 untuk paket dasarnya, tetapi akan membuka kunci semua fitur premium di Premiere Rush. Jika Anda berencana melakukan banyak pengeditan untuk platform yang berbeda, Adobe Premiere Rush adalah opsi gratis yang bagus.

Windows Video Editor

Bersembunyi di sana, di antara semua program Anda yang lain, adalah perangkat lunak pengeditan video gratis yang bahkan tidak Anda sadari. Windows Video Editor, sebelumnya Windows Movie Maker, sudah diinstal sebelumnya di semua komputer yang menjalankan Windows 10. Untuk mengaksesnya, cukup klik “Photos” di menu “Start” Anda dan kemudian tab “Video Editor”.

Windows Video Editor memiliki banyak fungsi berguna yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video. Anda dapat menambahkan musik, kredit atau judul, menambahkan beberapa efek 3D, dan bahkan ada beberapa opsi bagus untuk membuat pemotongan mudah.

Windows Video Editor sepenuhnya gratis, jadi sangat bagus untuk pemula atau mereka yang hanya membutuhkan perangkat lunak pengeditan video paling dasar . Namun, itu tidak menawarkan opsi untuk editor video yang lebih canggih. Tidak disarankan untuk video panjang, karena lebih banyak dibuat untuk tayangan slide foto daripada video. Namun, ini tetap berfungsi dan yang terpenting gratis! Pengguna

iMovie

Mac sering dimanjakan dengan pilihan proyek multimedia. Apple menawarkan seperangkat alat gratis yang hebat bagi mereka yang bekerja di media, dan iMovie tidak terkecuali. iMovie sudah terpasang di semua komputer Mac. Tidak ada versi Windows, jadi pengguna PC kurang beruntung.

iMovie menawarkan dukungan 4K, memberikan kualitas video terbaik kepada pengguna. Selain itu, Anda memiliki akses ke cloud Apple, tempat Anda dapat menarik dan melepas file di antara semua perangkat Apple Anda. iMovie memiliki filter yang dibuat khusus untuk genre tertentu seperti film barat atau horor, sehingga memudahkan untuk memberikan mood pada video Anda. Ia juga menawarkan kontrol kecepatan dan alat perekaman audio sehingga Anda dapat menambahkan sulih suara atau musik dengan mulus.

Dengan pembaruan terus-menerus, iMovie selalu berfungsi sebaik mungkin dan pembaruan sering kali menambahkan fitur baru atau yang disesuaikan, menjaga semuanya tetap segar dan menarik. Untuk produk gratis, iMovie adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video terbaik di luar sana. Namun, keterbatasannya pada Mac membuatnya menjadi fantasi bagi pengguna PC. Untungnya, perangkat lunak gratis lainnya yang kami bahas adalah opsi yang bagus dibandingkan dengan iMovie. Selain itu, jika Anda tidak memiliki iPhone atau iPad, mentransfer file ke iMovie lebih lambat dan lebih membosankan.

Vimeo Create

Vimeo telah menjadi situs streaming utama bagi mereka yang mencari video yang lebih profesional dan berkualitas tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah merilis perangkat lunak pengeditan video Vimeo Create. Vimeo Create adalah perangkat lunak pengeditan yang unik, karena menggunakan AI dan templat untuk mengedit video untuk Anda.

Di Vimeo Create, Anda dapat mengunggah rekaman mentah Anda, dan memilih templat untuk video Anda yang akan diedit. Yang harus Anda lakukan adalah menjawab beberapa pertanyaan dasar tentang video Anda sehingga AI dapat menggunakan data itu untuk mengedit video untuk Anda. Ini akan menambahkan transisi, warna, judul, dan teks lain yang Anda inginkan. Ini bagus untuk mereka yang kurang paham pengeditan yang ingin menghemat waktu dan mengeluarkan video kami secepatnya.

Ini tidak harus otomatis, dan Anda dapat mengedit video dengan cara yang Anda inginkan, sambil tetap memanfaatkannya dari semua perpustakaan warna, efek, dan transisi Vimeo Create. Anda bahkan akan mendapatkan saran dari AI, jika Anda memerlukan beberapa panduan kreatif. Vimeo Create adalah alat yang hebat bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan atau kesabaran untuk mengedit video.

Blender

Tidak semua video harus dibuat dengan kamera. Faktanya, ada jutaan video animasi di YouTube dan Vimeo. Blender adalah perangkat lunak untuk animator di antara kita, memberi pengguna seperangkat alat yang sangat baik untuk membuat video animasi yang hebat.

Blender memberi Anda berbagai opsi saat Anda membuat animasi. Dengan Blender, Anda dapat melakukan seluruh animasi dari awal. Anda dapat melakukan pemodelan, menambahkan efek seperti pelacakan kamera dan pelacakan objek, dan bahkan dilengkapi dengan alat rigging dan animasinya sendiri. Blender mencakup segalanya untuk animasi. Anda juga dapat mengimpor file video Anda sendiri dan masih menggunakan semua alat yang dimiliki Blender. Jika Anda hanya ingin menambahkan beberapa animasi ke video Anda dari kamera, Anda juga dapat melakukannya.

Hal terbaik tentang Blender adalah gratis dan juga open source. Kontribusi komunitas adalah bagian besar dari Blender sehingga Anda akan selalu menemukan hal-hal baru untuk dimainkan. Ini adalah perangkat lunak animasi terbaik, bahkan digunakan oleh para profesional. Jika Anda seorang animator pemula atau veteran, Blender harus dimiliki untuk semua kebutuhan pengeditan Anda.

Kinemaster

Kinemaster dibuat khusus untuk video yang direkam di perangkat seluler. Seringkali, ketika kata-kata “versi seluler” muncul, itu biasanya berarti ia datang dengan banyak fitur yang hilang demi ukuran. Kinemaster tidak mengalami masalah ini, memberi Anda berbagai opsi pengeditan untuk video ponsel Anda.

Anda dapat melakukan semuanya melalui aplikasi Kinemaster. Rekam, edit, dan unggah semua menggunakan aplikasi. Anda bahkan dapat mengunggah video Anda ke Instagram, Facebook, dan YouTube langsung dari aplikasi. Muncul dengan berbagai alat, termasuk koreksi warna, ekspor 4K, alat VFX, dan transisi yang dapat diunduh dan efek kamera. Tidak ada yang tidak dapat Anda lakukan di Kinemaster. Semuanya dibuat untuk digunakan pada perangkat seluler, sehingga UI memiliki tampilan yang sederhana dan bersih, membuat navigasi menjadi mudah dengan Kinesmaster.

Kinemaster adalah pilihan terbaik bagi mereka yang tidak ingin membawa banyak peralatan. Semuanya ditangani di ponsel Anda, memungkinkan Anda memotret dan mengedit kapan pun dan di mana pun Anda mau. Tidak ada versi desktop, karena dirancang untuk perangkat seluler. Ini tersedia di perangkat Android dan iOS.

Lightworks

Lightworks adalah perangkat lunak pengeditan video gratis yang hebat. Meskipun tidak memiliki banyak alat pengeditan, itu menebusnya dengan beberapa fitur keren lainnya.

Sesuatu yang unik untuk Lightworks adalah kemampuan untuk berkolaborasi mengedit. Menggunakan berbagi proyek waktu nyata, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat mengedit video. Hal ini memungkinkan Anda dan orang lain untuk mengerjakan proyek secara bersamaan, membuatnya cepat dan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ini juga memiliki fitur pengeditan multi-kamera, yang berguna saat Anda memiliki banyak bidikan dari kamera yang berbeda. Lightworks juga memungkinkan Anda untuk mengimpor file sambil terus mengedit, menghilangkan waktu tunggu, dan membiarkan Anda bekerja tanpa gangguan. Lightworks mungkin tidak menawarkan pengalaman yang paling komprehensif dengan perangkat lunak pengeditan video gratis, tetapi ia memiliki semua fungsi yang paling penting serta beberapa fitur unik, membuat opsi yang bagus.

Yang Manakah yang Terbaik?

Setiap opsi perangkat lunak pengeditan video gratis ini menawarkan kumpulan keuntungannya sendiri. Namun, dalam hal fungsionalitas dan aksesibilitas keseluruhan, Adobe Premiere Rush menawarkan seperangkat alat terbesar dan tersedia di semua platform, termasuk perangkat seluler. Versi berbayar adalah yang terbaik di pasaran dan bahkan versi gratisnya hadir dengan fitur Adobe lainnya, sehingga menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. Pengguna Apple dimanjakan dengan iMovie dan Kinemaster adalah software terbaik untuk pengguna ponsel. Blender bisa dibilang software animasi terbaik di pasaran. Vimeo Create bahkan melakukan pengeditan untuk Anda. Anda benar-benar tidak bisa salah dengan salah satu dari mereka, jadi selamat mengedit!

Perangkat lunak pengeditan video gratis mana yang Anda gunakan Apakah saran kami membantu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.