Perbaikan Terbaik Saat Android Tidak Dapat Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Apakah Anda tidak membencinya ketika Anda mencoba menginstal aplikasi baru, dan ponsel Anda mengirimkan peringatan “Penyimpanan tidak cukup”? Jika Anda memiliki slot kartu memori, solusinya sederhana. Kartu SD adalah cara yang terjangkau dan nyaman untuk mengosongkan memori ponsel Anda dan meningkatkan kinerjanya. Namun, memindahkan aplikasi ke kartu SD tidak selalu berhasil.

Jika Anda tertarik mempelajari mengapa Android tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan alasan di balik masalah ini dan membahas solusi potensial.

Android 10 Tidak Dapat Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Banyak orang yang menggunakan Android 10 telah melaporkan tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD. Dalam kebanyakan kasus, tombol “Pindahkan ke kartu SD” berwarna abu-abu. Mari kita lihat mengapa ini bisa terjadi:

Pilihan Pengembang Aplikasi

Terserah pengembang aplikasi untuk memilih apakah mereka ingin membuat aplikasi mereka dapat dipindahkan ke kartu SD. Banyak pengembang membuat aplikasi yang tidak dapat dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini terjadi. Yaitu, beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dari kartu SD dengan benar, dan kami akan menjelaskan alasannya.

Ponsel Anda dirancang untuk melompat bolak-balik antara penyimpanan internal dan eksternal, dan semua aplikasi tampaknya bekerja dengan sempurna, terlepas dari lokasinya . Namun, masalah muncul jika Anda menghubungkan ponsel ke komputer. Dalam kasus seperti itu, koneksi antara kartu SD dan telepon dapat terganggu. Ketika itu terjadi, banyak proses dan fitur dinonaktifkan secara otomatis, dan ini bisa menjadi masalah besar bagi beberapa aplikasi. Misalnya, jika aplikasi memiliki fitur alarm, semuanya dapat dinonaktifkan setelah Anda memutuskan sambungan telepon dari komputer. Hal yang sama terjadi saat Anda mengeluarkan kartu SD dari ponsel dan memasangnya kembali.

Jadi, untuk menghindari hal ini, banyak pengembang aplikasi memutuskan lebih baik aman daripada menyesal dan membuat aplikasi yang hanya dapat menggunakan penyimpanan internal.

Jika ini masalahnya kasus dengan aplikasi yang Anda coba pindahkan ke kartu SD, tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu.

Aplikasi Pra-Instal

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan serangkaian aplikasi pra-instal. Beberapa di antaranya mungkin penting untuk kinerja ponsel Anda, sementara yang lain adalah bloatware. Meskipun sebagian besar dapat dinonaktifkan, aplikasi semacam itu biasanya tidak dapat dipindahkan ke kartu SD.

Aplikasi Latar Belakang

Banyak aplikasi Android berjalan di latar belakang dan melakukan tugas “tersembunyi” yang berkontribusi pada kinerja ponsel Anda. Aplikasi semacam itu tidak akan pernah dapat dipindahkan ke kartu SD.

Kerusakan Kartu

Salah satu alasan Anda tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD mungkin karena kartu itu sendiri. Kartu SD sering tidak berfungsi. Jika Anda menduga ini masalahnya, coba keluarkan kartu dari telepon Anda, bersihkan dengan lembut, dan pasang kembali.

Kerusakan Telepon

Ponsel kita sering mengalami gangguan sementara dan tidak mengenali kartu SD. Dalam kasus seperti itu, coba mulai ulang ponsel Anda sebelum mencoba memindahkan aplikasi ke kartu SD. Jika tidak berhasil, keluarkan kartu dari ponsel Anda, tunggu beberapa menit, dan masukkan kembali.

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengosongkan Ruang?

Jika aplikasi tidak dapat dipindahkan ke kartu SD, ada’ t banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu. Ini bisa membuat frustasi, terutama jika Anda perlu mengosongkan beberapa ruang di memori internal Anda. Dalam kasus seperti itu, sebaiknya pindahkan foto dan musik Anda ke kartu. Juga, pastikan untuk menghapus semua yang tidak Anda gunakan. Anda selalu dapat memindahkan file berharga dan penting ke komputer Anda dan “mulai baru” di ponsel Anda.

Android 9 Tidak Dapat Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Tidak jarang melihat opsi “Pindahkan ke Kartu SD” berwarna abu-abu di Android 9. Meskipun ini masalah dapat mengganggu, biasanya ada alasan yang valid untuk ini. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

Pilihan Pengembang Aplikasi

Pengembang aplikasi Android bebas memilih apakah mereka akan mengizinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi mereka ke penyimpanan eksternal. Ini mungkin terdengar tidak logis: mengapa pengembang memutuskan untuk tidak melakukannya? Mari kita lihat alasannya.

Ketika aplikasi dipindahkan ke kartu SD, kinerjanya dapat terancam dalam situasi tertentu. Misalnya, saat Anda menghubungkan ponsel ke komputer, koneksi antara ponsel dan kartu SD dapat terputus. Dengan begitu, fungsi aplikasi akan mati, dan Anda mungkin perlu mengatur ulang. Meskipun ini mungkin tampak seperti ketidaknyamanan kecil bagi sebagian orang, itu bisa menimbulkan masalah besar bagi orang lain.

Bayangkan aplikasi yang dimaksud memiliki alarm. Jika aplikasi terbunuh, alarm tidak akan berdering, yang pasti bisa membuat pengguna menulis pesan marah kepada pengembang. Untuk menghindari situasi ini dan malfungsi aplikasi, banyak pengembang saat ini memutuskan untuk membuat aplikasi mereka hanya cocok untuk penyimpanan internal.

Aplikasi Pra-Instal

Banyak ponsel dilengkapi dengan aplikasi pra-instal. Beberapa dari aplikasi ini sangat penting untuk kinerja, dan yang lainnya sepertinya tidak perlu. Namun, sebagian besar aplikasi pra-instal digunakan untuk dukungan widget. Berkat mereka, Anda mendapatkan informasi tepat waktu tentang cuaca, peristiwa penting, dll. Aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan ke kartu SD karena dapat menyebabkan masalah kinerja.

Aplikasi Latar Belakang

Android dilengkapi dengan banyak aplikasi latar belakang yang memastikan pengoperasian yang lancar. Mereka harus tetap berada di penyimpanan internal ponsel untuk menjalankan fungsinya.Nbsp
Kerusakan Kartu

Kartu SD dapat mengalami masalah saat Anda tidak mengharapkannya. Misalnya, jika Anda menjatuhkan ponsel, kartu mungkin sedikit bergerak, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi. Kami menyarankan untuk mengeluarkan kartu, membersihkannya, dan memasukkannya kembali.

Phone Malfunction

Tidak jarang ponsel mengalami gangguan sementara yang dapat menyebabkan masalah kartu SD. Jika menurut Anda ponsel Anda adalah alasan Anda tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD, coba mulai ulang. Anda juga dapat mencoba membersihkan slot kartu memori.

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengosongkan Ruang?

Dalam kebanyakan kasus, tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD bukanlah sesuatu yang dapat Anda ubah. Yang terbaik adalah mencari solusi alternatif. Alih-alih memindahkan aplikasi ke kartu, pindahkan foto, musik, atau video Anda. Anda juga dapat mentransfer file tersebut ke komputer Anda.

Android 8 Tidak Dapat Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Android 8 atau Android Oreo dirilis pada tahun 2017. Meskipun beberapa peningkatan telah diperkenalkan sejak saat itu, beberapa orang masih menggunakannya. Seperti versi Android lainnya, Android 8 dapat menolak memindahkan aplikasi ke kartu SD. Berikut adalah kemungkinan penjelasannya:

Pilihan Pengembang Aplikasi

Terserah pengembang aplikasi untuk memutuskan apakah mereka ingin membuat aplikasi mereka dapat dipindahkan ke kartu SD. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pengembang aplikasi memutuskan untuk tidak melakukannya. Jawabannya terletak pada fungsi aplikasi.

Ponsel Anda dirancang untuk menjalankan aplikasi di mana pun lokasinya. Namun, masalah dapat muncul saat Anda menghubungkan ponsel ke komputer atau memasukkan kembali kartu. Dalam kasus seperti itu, ada gangguan koneksi antara kartu SD dan telepon. Akibatnya, banyak proses dinonaktifkan, termasuk aplikasi. Meskipun ini mungkin tidak menjadi masalah untuk aplikasi media sosial, hal ini dapat menyebabkan masalah serius untuk aplikasi yang menampilkan alarm atau pengingat.

Pengembang ingin menghindari ketidaknyamanan seperti itu bagi penggunanya, jadi mereka memutuskan untuk membuat aplikasi yang hanya dapat disimpan di memori internal.

Aplikasi Pra-Instal

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan banyak aplikasi yang tampaknya tidak perlu yang sering kali tidak dapat dihapus. Meskipun Anda mungkin berpikir mereka membuang-buang ruang, aplikasi ini sering kali memiliki fungsi tertentu. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi pra-instal mendukung fungsi dan kinerja ponsel Anda. Selain itu, beberapa aplikasi ini memberikan informasi berguna tentang cuaca, tanggal penting, dll. Jika Anda memindahkannya ke kartu SD, Anda akan kehilangan dukungan widget, yang ingin dicegah oleh produsen ponsel.

Aplikasi Latar Belakang

Beberapa aplikasi Android tidak dapat melakukannya dipindahkan ke kartu SD karena tindakan tersebut dapat membahayakan kelancaran kinerja ponsel Anda.

Kerusakan Kartu

Kartu SD yang rusak dapat kehilangan beberapa fungsi penting dan membuat aplikasi tidak dapat dipindahkan. Anda dapat mencoba mengeluarkan kartu dari ponsel dan membersihkannya dengan lembut. Jika Anda melihat kerusakan fisik, kami sangat menyarankan untuk mendapatkan kartu baru dan mencadangkan file Anda untuk mencegah kehilangan data.

Kerusakan Ponsel

Salah satu alasan Anda tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD mungkin karena ponsel Anda mengalami masalah. Untuk memperbaikinya, coba mulai ulang ponsel atau bersihkan slot kartu SD.

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengosongkan Ruang?

Karena mengosongkan memori internal dapat meningkatkan kinerja ponsel, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan jika tidak dapat memindahkan aplikasi apa pun . Sebaiknya pindahkan foto, musik, dan file besar lainnya ke kartu SD. Selain itu, Anda juga dapat mentransfer file ke komputer Anda. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan mengosongkan ruang tetapi juga membuat cadangan semua file berharga.

Kasus Ruang Tidak Cukup

Banyak orang suka memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD untuk mengosongkan sebagian ruang dan meningkatkan kinerja ponsel. Namun, ini tidak selalu memungkinkan. Beberapa aplikasi tidak dapat dipindahkan ke kartu SD, dan ini bukan sesuatu yang dapat Anda kendalikan. Jika Anda ingin mengosongkan ruang penyimpanan, Anda harus mencari cara lain.

Kami harap artikel ini menjelaskan mengapa beberapa aplikasi tidak dapat dipindahkan ke kartu SD dan Anda telah menemukan cara untuk mengelola penyimpanan.

Bagaimana Anda menangani penyimpanan internal yang tidak mencukupi? Pernahkah Anda mengalami masalah dengan kartu SD Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.