Perintah CROSH – Panduan untuk Chromebook Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Chromebooks tidak memiliki dukungan ePSA dan tidak mengizinkan pengguna masuk ke menu boot seperti sistem operasi lain. Untungnya, terminal built-in, CROSH, adalah alat diagnostik yang sangat baik yang memungkinkan banyak peluang pemecahan masalah dan konfigurasi sistem.

Dibangun mirip dengan terminal Windows atau Linux BASH, CROSH memiliki antarmuka yang sederhana. Namun, jika Anda ingin memaksimalkannya, ada beberapa perintah yang perlu Anda pelajari. Meskipun Chromebook berbasis Linux, perintah terminalnya berbeda.

Cara Mengaktifkan Terminal

Membuka jendela terminal CROSH itu mudah.
Luncurkan browser Chrome.Tekan “Ctrl+Alt+T”. Ketik “bantuan” jika Anda memerlukan daftar awal of commands.
CROSH Perintah yang Harus Anda Ketahui

CROSH adalah taman bermain yang luar biasa bagi pengguna biasa dan pengembang Chrome OS. Namun, apa pun bidang keahlian atau tingkat minat Anda, mengetahui beberapa perintah dasar untuk pemecahan masalah atau membuat pekerjaan Anda lebih mudah adalah ide yang bagus.

Ping

Menjalankan tes ping adalah cara cepat untuk menilai status koneksi jaringan Anda.
Ketik “ping” diikuti dengan nama domain dan tekan “Enter.”
Misalnya, coba “ping emka.web.id” atau “ping google.com” yang selalu populer. Terminal akan menampilkan jumlah paket yang dikirim dan diterima, persentase kehilangan paket, dan waktu respons.

Tes Memori

Chromebook memiliki cara terbatas untuk memeriksa status memori. Banyak pengguna mengandalkan alat pihak ketiga. Namun, memasukkan perintah sederhana di CROSH akan memulai tes memori pada memori bebas perangkat Anda.
Ketik “memory_test” dan tekan “Enter.”
Ini seintuitif yang didapat.

Informasi Memori

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang penggunaan memori, dua perintah lain mungkin help.
Ketik “gratis” untuk mempelajari berapa banyak memori bebas yang dimiliki Chromebook Anda.Ketik “meminfo” untuk membaca lebih lanjut tentang ketersediaan dan penggunaan memori.
Konfigurasi Modem

Menggunakan CROSH untuk menyambungkan ke modem akan memberi Anda akses ke banyak setelan, termasuk perubahan firmware, akses control, factory reset, dll.
Ketik “modem help” dan tekan “Enter.”
Ini akan menampilkan daftar perintah yang panjang. Atau, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk menyetel modem ke operator tertentu.
Ketik “modem_set_carrier carrier-name” dan tekan “Enter.”
Ini adalah perintah yang berguna saat pertama kali menyiapkan Chromebook atau memasang modem baru.

Periksa Versi OS

If Anda tidak yakin Chrome OS apa yang Anda miliki di Chromebook, perintah berikut akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.
Ketik “sudo/opt/google/chrome/chrome –version”.
Katakan sistem operasi Anda sudah tua dan dapat menggunakan pembaruan .
Ketik “update_engine_client–update” untuk menginstal pembaruan Chrome OS terbaru.
Periksa Versi Bios

Memeriksa versi bios di Chromebook dari terminal CROSH memerlukan perintah langsung dari playbook Linux.
Ketik “sudo/usr/sbin/chromeos-firmwareupdate –v”.
Periksa Info Produk

Mengakses konfigurasi sistem di Chromebook tidak seintuitif pada PC Windows atau Mac. Namun, terminal CROSH dapat menarik semua informasi yang diperlukan dengan perintah sederhana.
Type “sudo dump_vpd_log–full–stdout”.
Perintah ini menampilkan IMEI, model, bahasa, wilayah, zona waktu, UUID, dan informasi lainnya, yang juga dikenal sebagai data produk penting. Oleh karena itu baris perintah “vpd” intuitif.

Tapi Anda dapat membuat informasi ini lebih spesifik dengan menambahkan nomor seri perangkat Anda.
Type “sudo dump_vpd_log–full–stdout | grep serial_number”.
Rollback OS

Tidak semua pembaruan sistem operasi ditingkatkan pada versi sebelumnya. Terkadang, pembaruan baru dapat menimbulkan bug, memperburuk manajemen sumber daya, dll.

Jika Anda ingin menurunkan versi OS, atau mengembalikannya ke versi stabil sebelumnya, Anda dapat mengetikkan satu kata ke terminal.
Ketik “rollback”.
Ingat itu rollbacks mengapur perangkat, sehingga mungkin kehilangan pekerjaan yang belum disimpan dan file lainnya. Selain itu, perintah tidak berfungsi di Chromebook perusahaan. Ini hanya berfungsi pada perangkat pribadi atau yang dianggap “tidak stabil”.

Muat Pengelola Tugas

Perintah satu kata lainnya dapat menampilkan Pengelola Tugas Chrome OS di antarmuka terminal.
Ketik “atas”.
Ini bukan Pengelola Tugas yang sama seperti yang Anda bisa akses normal. Dibandingkan dengan versi desktop, Pengelola Tugas yang diaktifkan CROSH menampilkan sistem tambahan dan proses latar belakang. Lebih khusus lagi, Anda dapat melihat proses tingkat rendah yang biasanya tetap tersembunyi.

Sangat menyenangkan melihat berapa banyak proses yang memakan daya dan memori CPU.

Menguji Baterai

Seperti semua laptop lainnya, Chromebook memungkinkan pengguna untuk melihat status baterai di sudut kanan bawah bilah tugas. Tetapi terminal CROSH dapat menampilkan informasi tambahan tentang baterai.
Ketik “battery_test [jumlah detik]”.
Perintah ini akan meminta CROSH untuk memulai pengujian baterai. Umpan balik akan menampilkan pengisian daya saat ini, kesehatan secara keseluruhan, dan berapa banyak yang biasanya digunakan baterai dalam jangka waktu pengujian yang ditentukan.

Ini dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang kualitas baterai.

CROSH akan memulai pengujian 300 detik jika Anda tidak memasukkan beberapa detik tertentu. Ini tidak perlu lama dalam beberapa kasus.

Periksa Uptime

Jika Anda tidak yakin sudah berapa lama sejak Anda mematikan Chromebook sepenuhnya, perintah CROSH akan melakukan triknya.
Ketik “uptime”.
Anda akan mengetahui berapa lama waktu telah berlalu sejak reboot terakhir, pengguna mana yang masuk, dan when.

Advanced Network Diagnostics

Menjalankan diagnostik jaringan di CROSH umumnya lebih cepat daripada mengambil pendekatan manual untuk pemecahan masalah. Tentu saja, informasi tersebut pasti berarti bagi Anda untuk mengetahui apa yang salah dengan koneksi Anda.
Ketik “network_diag”.
Perintah sering kali merupakan perintah kedua yang digunakan setelah hasil “ping” yang tidak memuaskan atau tidak jelas.

Access Perintah Tambahan

CROSH memiliki dua daftar perintah. pengguna dapat mengakses.
Ketik “help” atau “help_advanced” di CROSH.
Daftar pertama berisi perintah yang lebih mudah digunakan dan umum, sedangkan yang terakhir menampilkan opsi yang lebih canggih.

Bagaimanapun, setidaknya ada tiga perintah yang tidak dapat Anda gunakan tanpa Mode Pengembang diaktifkan.
Perintah “shell” membuka shell Bash. Perintah “packet_capture” mencatat paket data. Perintah “systrace” memulai pelacakan sistem.
Memaksa Pembaruan pada Data Seluler

Chrome OS adalah cookie cerdas dan memahami risiko mengunduh pembaruan pada data seluler. Untuk menghindari situasi yang tidak menguntungkan seperti penurunan WiFi, pembaruan data seluler dinonaktifkan secara default.

Namun, jika Anda memiliki bandwidth yang baik dan unduhan tidak terbatas, pembaruan jaringan seluler mungkin bagus untuk dilakukan di area dengan sinyal WiFi yang lemah.
Ketik “update_over_cellular enable”.
Hentikan a Process

CROSH tidak mudah dan terkadang memberikan kesalahan. Selain itu, memintanya untuk melakukan tes yang menegangkan di Chromebook yang sudah lambat dapat menyebabkan masalah tambahan.

Jika ada yang tidak beres atau memakan waktu terlalu lama, Anda dapat dengan cepat menghentikan proses atau perintah di terminal dan beralih ke yang lain.
Tekan “Ctrl+C”.
Aktifkan atau Nonaktifkan Berbagi P2P

Chromebook bisa mendapatkan pembaruan dari perangkat lain yang terhubung ke jaringan lokal yang sama. Jika opsi ini diaktifkan di Chromebook Anda, orang lain juga bisa mendapatkan pembaruan dari perangkat Anda.
Ketik “p2p_update enable” di CROSH.
Opsi ini tidak boleh diaktifkan secara default.

Perangkat Masukan Uji

Pengguna dengan beberapa perangkat masukan sentuh dapat menampilkan daftar dengan semuanya di CRASH. Dari sana, pengguna dapat menjalankan tes individual untuk mendiagnosis setiap perangkat dan mengidentifikasi masalah.
Ketik “evtest” di CROSH.Pilih nomor peristiwa perangkat target seperti yang diidentifikasi dalam daftar.Tekan “Enter.”
Konfigurasi Touchpad

Touchpad Chromebook dilengkapi dengan beberapa konfigurasi pilihan untuk sensitivitas, kontrol sentuh, dll. Perintah berikut akan membantu Anda dengan mudah mengubah pengaturan touchpad paling canggih.
Type “tpcontrol status | taptoclick on atau off sensitivitas [1-5] | atur nilai properti”. Ketikkan “tpcontrol syntp on or off”.
Storage Diagnostics

Sesekali memeriksa penyimpanan perangkat Anda adalah ide yang bagus. Aspek yang paling penting untuk dianalisis adalah status kesehatan SMART dan keterbacaan.
Ketik “storage_test_2” untuk menjalankan tes keterbacaan. Ketik “status_penyimpanan” untuk mempelajari tentang status kesehatan SMART dan memunculkan log kesalahan.Ketik “storage_test_1” jika Anda mau menjalankan tes S.M.A.R.T offline.
Pengelola Penyimpanan Eksperimental

Pengguna Chromebook sering membagi kebutuhan penyimpanan mereka antara penyimpanan awan dan penyimpanan lokal. Namun, Chrome OS dikenal memakan banyak ruang. Dengan demikian, penyimpanan lokal bisa sangat terbatas.

Untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana Chromebook Anda menggunakan opsi penyimpanannya, Anda mungkin ingin menjalankan manajer penyimpanan eksperimental.
Type “experimental_storage enable”.
Perhatikan bahwa ini tidak boleh diaktifkan secara default. Tetapi begitu Anda menjalankan perintah, Anda akan mendapatkan detail lebih lanjut tentang kapasitas penyimpanan dan lokasi file. Seperti Pengelola Tugas yang tersembunyi, perintah Pengelola Penyimpanan Eksperimental menampilkan ikhtisar yang lebih mendetail daripada Peramban Berkas standar.

A Alat Manis untuk Setiap Pengguna Chromebook

Mempelajari tali di CROSH sama sekali tidak wajib untuk menggunakan Chromebook dan menikmati pengalaman Chrome OS. Tetapi jika Anda sama sekali akrab dengan sistem berbasis Linux, Anda harus tahu bahwa bekerja dengan terminal seringkali lebih mudah daripada menggunakan antarmuka standar.

Menjalankan perintah di CROSH dapat membantu Anda melakukan pengujian, debug, pemecahan masalah, pembaruan, konfigurasi aplikasi dan fitur, dan pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di sistem Anda. Mungkin perlu beberapa waktu untuk mempelajari semua perintah, tetapi kebanyakan dari mereka ditulis secara intuitif. Oleh karena itu, CROSH hadir dengan kurva belajar yang rendah.

Perintah apa yang membantu Anda? Apakah Anda mendapati diri Anda menggunakan CRASH lebih sering daripada yang Anda kira sebelum mendapatkan Chromebook? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.