Sentuhan Ubuntu Belum Mati

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ubuntu Canonical mencoba bertahun-tahun yang lalu untuk masuk ke game smartphone dengan Ubuntu Touch. Itu gagal lepas landas, tetapi pengembang independen telah menjaga mimpi itu tetap hidup. Sekarang, kami memiliki build berbasis Ubuntu 20.04.

Sebuah build kandidat rilis dari Ubuntu Touch berbasis 20.04 telah dirilis oleh pengembang independen di UBports, memungkinkan Anda menjadikan ponsel Anda bertenaga Linux. Itu bukan versi terbaru Ubuntu, karena pertama kali dirilis pada tahun 2020. Namun, Ubuntu Touch telah macet di 16.04 sejak Canonical meninggalkan proyek, jadi ini adalah pertama kalinya OS yang mendasarinya benar-benar diperbarui sejak UBports mulai mempertahankannya.

16.04 sudah semakin tua, jadi fakta bahwa Ubuntu sekarang didasarkan pada 20,04 berarti kabar baik untuk dukungan jangka panjang — lagipula, ini akan didukung hingga April 2027, empat tahun lebih sedikit dari sekarang, dan itu akan memiliki tambalan keamanan hingga 2032.

Mengingat bagaimana ini adalah firmware aftermarket yang saat ini dapat Anda instal pada ponsel pintar Android yang sudah ada, dukungan 10 tahun sangat hebat — dan Anda bahkan mungkin mendapatkan lebih dari itu karena sistem operasi yang mendasarinya terus bertambah diperbarui. Lagi pula, Ubuntu naik ke 22.10 sekarang. Ubuntu Touch berbasis

20.04 hanya tersedia di sejumlah kecil perangkat saat ini, tetapi Anda dapat memeriksa halaman unduhan resmi untuk memeriksa apakah milik Anda ada di antara mereka.

Sumber: Liliputing

Disadur dari HowToGeek.com.