Seret dan Lepas Windows Tidak Berfungsi – Beberapa Perbaikan Mudah

Device Links
Windows 11Windows 10Windows 7Windows FormsPerangkat Hilang?
Apakah Anda memiliki masalah dengan Windows yang membuat file atau folder tidak dapat ditarik dan dilepaskan? Anda dapat mengklik kanan dan memilih file dan folder, tetapi Anda tidak dapat lagi menarik dan melepaskannya. Sayangnya, sebagian besar pengguna Windows telah mengalami masalah ini setidaknya sekali. Tetapi ada banyak metode untuk memperbaiki masalah ini.

Teruskan membaca untuk mengetahui cara mengatasi masalah drag and drop yang tidak berfungsi pada PC Windows 11,10, atau 7 Anda.

Windows 11 Drag and Drop Not Working

Di Windows 11, drag and drop fitur memudahkan pengguna untuk memindahkan file atau folder apa pun antar lokasi. Namun, alat ini mungkin tidak selalu berfungsi, sehingga sulit untuk memindahkan file atau direktori dengan tangan. Kabar baiknya adalah Anda dapat dengan cepat memperbaiki masalah dengan fungsionalitas drag and drop Windows 11. Sebelum mencoba salah satu pendekatan yang diuraikan di bawah ini, Anda harus memeriksa beberapa hal terlebih dahulu. Pastikan kabel USB, port, atau hub beroperasi dengan benar, periksa apakah perangkat nirkabel dapat direset, dan pastikan mouse (perangkat eksternal) tidak rusak.

Gunakan Tombol Esc dan Klik Kiri
Temukan file atau folder yang Anda inginkan bergerak dengan mengklik kiri di desktop Anda. Tekan tombol “Escape” pada keyboard Anda sekali. Lepaskan klik kiri pada mouse Anda. Fungsi drag and drop sekarang akan berfungsi seperti biasa.
Gunakan Command Prompt
Untuk meluncurkan perintah “Run” jendela, tekan pintasan “Win + X” pada keyboard Anda. Ketik “cmd” dan tekan kombinasi tombol pintas “Ctrl + Shift + Enter” pada keyboard Anda untuk memulai “Command Prompt” dalam mode yang ditinggikan. Masukkan perintah berikut dan tekan Enter: sfc / scannowSabar menunggu penyelesaian prosedur. Selama pemindaian, prompt perintah akan mencari kekurangan dan segera menyelesaikannya. Masalah drag and drop Anda harus diselesaikan jika Anda me-restart komputer Anda.
Gunakan Windows PowerShell
Klik kanan pada “Windows Powershell” di Start Menu.Jalankan perintah berikut di jendela Windows PowerShell (admin): DISM.exe /Online /Cleanup-image /RestorehealthTunggu hingga prosedur selesai. Pemindaian akan dilakukan, dan itu akan menghapus file sistem yang salah secara bersamaan. Keluar dari PowerShell dan mulai ulang PC Anda setelah selesai. Seret dan lepas harus berfungsi dengan benar.
Ubah Pengaturan Akun Pengguna
Untuk membuka “Jalankan”, tekan “tombol Windows + R” secara bersamaan. Ketik “useraccountcontrolsettings” ke dalam area pencarian di jendela perintah “Jalankan” dan tekan “Enter.” Jendela “Pengaturan Kontrol Akun Pengguna” akan ditampilkan. Atur bilah di “Kontrol Akun Pengguna” ke opsi pengaturan “Beri tahu saya hanya ketika aplikasi mencoba membuat perubahan pada komputer saya (default).” Untuk menyimpan dan meninggalkan aplikasi, tekan “OK.” Ketika prompt UAC muncul, tekan “Yes” untuk menerima modifikasi. Sekarang, kembali dan lihat apakah fungsi drag and drop berfungsi sebagaimana mestinya.
Windows 10 Drag And Drop Not Working

Ada banyak pendekatan yang dapat Anda coba di Windows 10 Anda untuk memperbaiki fitur seret dan lepas. Di bawah ini Anda dapat menemukan empat metode yang mudah dan efektif.

Jalankan Kunci ESC

Seret dan lepas yang tidak berfungsi pada Windows 10 mungkin disebabkan oleh aktivitas seret dan lepas sebelumnya yang terperangkap di memori Windows. Ini mungkin hasil dari antarmuka dengan perangkat lunak atau layanan lain. Pertama, Anda harus mencoba menonaktifkan antarmuka. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Esc” pada keyboard Anda setelah Anda memilih file atau folder yang ingin Anda pindahkan.

Clean Boot

Solusi kedua untuk masalah ini adalah melakukan Clean Boot.
Luncurkan dialog Run dengan menekan tombol “ Windows” dan tombol “R” secara bersamaan. Cukup masukkan “msconfig” ke dalam kotak dan klik “OK” untuk melanjutkan. Di kotak Konfigurasi Sistem, pilih tab “Layanan”. Pilih “Sembunyikan semua layanan Microsoft” dan pilih “Nonaktifkan semua.” Pilih tab Startup dan kemudian klik “Buka Task Manager.” Pilih item dan klik “Nonaktifkan” di tab “Startup” jendela “Task Manager”. Tutup “Task Manager.” Klik “Terapkan” dan “OK ” di jendela “System Configuration” untuk melanjutkan. Kemudian, restart komputer Anda dan lihat apakah masalah dengan drag and drop Windows 10 telah diperbaiki.
Matikan UAC
Tekan tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan untuk meluncurkan “Run” dialog.Masukkan “regedit,” dan klik “OK” untuk melanjutkan. Arahkan ke folder berikut di “Registry Editor” menang dow.HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystemKlik dua kali opsi “EnableLUA”. Ubah nilai data menjadi nolUntuk menerapkannya, keluar dari “Registry Editor” dan restart komputer Anda. Kemudian periksa untuk melihat apakah masalah dengan drag and drop Windows 10 telah diperbaiki.
Modify Drag Width and Height
Buka Registry Editor sekali lagi.Buka folder berikut setelah menavigasi ke jendela registry.HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktopBuka folder desktop.Set nilai tinggi dan lebar seret ke angka tinggi di panel kanan dengan mengklik dua kali. Klik “OK.” Untuk melihat apakah masalah dengan seret dan lepas pada Windows 10 telah diselesaikan, Anda dapat mem-boot ulang komputer Anda pada saat ini.
Windows Forms Drag and Drop tidak Berfungsi

Langkah pertama dalam setiap prosedur drag and drop adalah menyeret. Metode DoDragDrop memungkinkan Anda mengambil data segera setelah menyeret dimulai. Operasi seret

A dimulai dengan menggunakan acara MouseDown karena ini adalah yang paling intuitif. Jangan lupa bahwa acara apa pun dapat mengaktifkan operasi seret dan lepas. Peristiwa khusus seret tersedia untuk beberapa pengontrol.

Untuk memulai operasi seret, ikuti langkah-langkah berikut:
Manfaatkan metode DoDragDrop untuk mengonfigurasi data. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyeret data. Dengan kata lain, efek menyeret akan diizinkan di acara MouseDown dan menyeret akan dimulai. Operasi drag ditunjukkan dalam contoh di bawah ini. String menunjukkan properti teks kontrol Button dan mewakili data yang sedang diseret, dan satu-satunya tindakan yang diizinkan adalah memindahkan atau menyalin.private void button1_MouseDown(pengirim objek,System.Windows.Forms.MouseEventArgs e){ button1.DoDragDrop(button1.Text, DragDropEffects.Copy | DragDropEffects.Move);}Dimungkinkan untuk menangani peristiwa QueryContinueDrag selama operasi seret. Ini meminta izin dari sistem Anda untuk terus bergerak. Pada tahap ini, Anda dapat menjalankan metode yang memengaruhi proses seret, seperti memperluas TreeNode saat kursor berada di atasnya dalam kontrol TreeView.
Sekarang Anda harus mengaktifkan fungsi drop.
AllowDrop harus disetel ke true.Saat pengguna menyeret dan menjatuhkan kontrol, Anda harus memeriksa apakah data yang dikandungnya adalah jenis yang sesuai. Setelah itu, ini memberikan nilai dari enumerasi DragDropEffects ke efek yang akan terjadi segera setelah penurunan terjadi. Anda dapat mengakses data yang diseret dengan menggunakan metode GetData dalam acara DragDrop untuk mengontrol penempatan penurunan. Lihat Data untuk detail lebih lanjut.
Windows 7 Drag and Drop Not Working

Gunakan Control Panel
Navigasi ke Control Panel.Klik “View” dan pilih “small icons” di pojok kanan atas.Go to “Programs and Features”.Temukan driver Keyboard atau Mouse. .Pilih “Uninstall.” Reboot PC Anda dan biarkan windows menginstal ulang driver.
Cara lain untuk memperbaiki masalah adalah sebagai berikut:
Pilih “Device Manager” di Control PanelKlik pada “Expand Keyboard.” Pilih “Uninstall”Pilih “Expand Mice and Perangkat Penunjuk Lainnya.”Klik kanan mouse yang Anda gunakan. Pilih “Copot pemasangan.” Mulai ulang PC dan tunggu hingga driver diinstal ulang.
Drag and Drop Dimana Anda Ingin

Masalah drag and drop relatif mudah untuk diperbaiki. Selain pendekatan yang diuraikan di atas, ada lagi yang bisa Anda coba. Namun, jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghubungi seorang profesional. Dengan cara ini, Anda akan memastikan bahwa tidak ada masalah yang lebih besar di balik masalah sederhana ini.

Apakah fitur seret dan lepas Anda pernah berhenti berfungsi? Bagaimana Anda memperbaikinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.