Steam Disk Write Error: Perbaikan Paling Umum

Dengan lebih dari 90 juta pengguna Steam aktif, banyak di antaranya mencoba menggunakan layanan secara bersamaan, gangguan dan kesalahan hampir merupakan kejadian biasa di platform game terbesar di dunia. Jika Anda mengalami masalah saat menginstal atau memperbarui game di Steam, Anda mungkin akan melihat pesan “kesalahan penulisan disk”. Yakinlah, Anda tidak sendirian; banyak pengguna melaporkan masalah yang sama.

Untungnya, ada beberapa perbaikan mudah untuk masalah yang tidak menyenangkan ini. Kami telah memeriksa masalahnya dan sekarang memberi Anda solusi yang mungkin disarankan sehingga Anda dapat kembali beraksi sesegera mungkin.

Tanpa basa-basi lagi, mari langsung masuk.

Perbaikan yang Disarankan untuk Kesalahan Tulis Disk Steam pada Hanya Satu Game

Menerima ” pesan kesalahan penulisan disk” di tengah mengunduh atau memperbarui game favorit Anda membuat frustrasi. Yang ingin Anda lakukan adalah memulai permainan secepatnya, tetapi masalah ini tidak mengizinkannya. Untungnya, ada serangkaian perbaikan yang disarankan untuk membantu Anda melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

1. Restart Steam

Obat pertama dan paling mudah untuk dicoba adalah me-restart klien Steam Anda. Cukup tutup dan buka kembali platform dan unduh game lagi.

2. Restart Komputer Anda

Solusi berikutnya yang mungkin adalah me-restart komputer Anda atau sistem tempat Anda menjalankan Steam. Reboot PC Anda, dan pastikan untuk menutup program yang sedang berjalan yang dapat mengganggu Steam.

3. Hapus Perlindungan Penulisan Drive

Jika memulai ulang Steam atau PC Anda tidak membantu, drive Anda mungkin memiliki perlindungan penulisan yang mencegah PC Anda mengubah atau menambahkan file baru ke folder di drive itu. Pergilah ke drive tempat game Steam Anda disimpan dan hapus perlindungan penulisan darinya. Ikuti langkah-langkah ini.
Klik kanan pada folder Steam di direktorinya (kemungkinan besar di “C:/Program Files (86x)”) dan klik Properties. Temukan bagian Attributes di bawah tab General dan pastikan Read-only tidak ‘t ditandai.Klik OK untuk menyimpan perubahan.Luncurkan ulang Steam di PC Anda dan coba unduh game lagi.
4. Jalankan Steam sebagai Admin

Mungkin perangkat lunak tidak memiliki izin untuk menulis file di hard disk Anda, menyebabkan kesalahan penulisan disk. Untungnya, mengakses program sebagai admin dapat membantu.

Sebagai admin, Anda akan memiliki izin tambahan saat menjalankan perangkat lunak. Mengubah pengaturan ini dapat memperbaiki beberapa masalah lain juga.

Berikut cara memulai Steam sebagai admin:
Temukan Steam di desktop Anda, klik kanan ikon dan pilih Properties dari menu. Arahkan ke tab Compatibility. Pastikan Run this program sebagai bagian administrator dicentang.Tekan OK untuk menyimpan perubahan.
Sekarang Anda dapat meluncurkan kembali aplikasi dan mencoba mengunduh ulang game.

5. Hapus File yang Rusak

Jika terjadi kesalahan saat mengunduh game, itu mungkin hasil dari file yang rusak yang menyebabkan Steam menampilkan kesalahan penulisan disk. Berikut cara memperbaiki masalah:
Buka folder Steam utama. Buka direktori “steamapps/common”. Cari file berukuran 0 KB dengan nama yang sama dengan game yang Anda coba unduh. Jika file-file ini ada , hapus dan luncurkan kembali atau unduh game lagi.
Perbaikan yang Disarankan untuk Kesalahan Tulis Disk Steam untuk Semua Game

1. Reboot Steam

Solusi paling mudah untuk memperbaiki masalah Steam adalah meluncurkan kembali perangkat lunak. Kemungkinan ada masalah sementara dengan unduhan game (atau pembaruan) dan memulai ulang platform mungkin yang diperlukan untuk memperbaikinya.

2. Nyalakan kembali PC

Ini adalah solusi sederhana yang tampaknya paling sering memperbaiki masalah – PC me-reboot. Pastikan untuk menutup semua program yang dapat mengganggu Steam dan restart komputer Anda. Setelah reboot, coba unduh lagi gamenya.

3. Periksa Write Protection

Bisa jadi drive tempat Anda menginstal Steam memiliki perlindungan tulis. Pengaturan ini mencegah aplikasi menambahkan atau mengubah file yang disimpan di bawah drive itu. Pastikan untuk memeriksa drive tempat penyimpanan game Steam Anda dan hapus proteksi penulisan.

Berikut caranya:
Tekan tombol Windows + S pada keyboard Anda, cari File Explorer dan klik Open.Go to C:/Program Files (86x ). Temukan folder Steam dan klik kanan padanya. Sekarang, klik Properties. Temukan bagian Attributes di bawah tab General dan pastikan Read-only tidak ditandai. Klik OK untuk menyimpan perubahan. Luncurkan ulang Steam di PC Anda dan coba download gamenya lagi.
4. Nonaktifkan Read-Only Setting

Direktori Steam Anda mungkin disetel ke read-only, yang berarti seluruh direktori dilindungi dari perubahan file apa pun. Cari pengaturan read-only di properti Steam dan pastikan tidak dicentang.

5. Verifikasi Integritas File Game
Buka perpustakaan Steam Anda.Klik kanan pada game dan buka Properties.Navigasi ke File Lokal dan klik Verifikasi Integritas File Game.Setiap contoh file yang rusak akan diganti.
Catatan: Jangan coba langkah ini jika permainan Anda menggunakan peluncur untuk mengunduh pembaruan tambahan. Tindakan ini akan menggantikan pembaruan game dengan peluncur dasar, dan Anda harus mengunduh ulang pembaruan lagi.

6. Bersihkan File Cache

Anda selalu dapat mencoba membersihkan file cache Steam. Bisa jadi salah satunya corrupt dan menyebabkan disk write error. Inilah cara Anda dapat memperbaiki masalah:
Launch Steam dan buka “Settings.Navigate to Downloads.Click on Clear Download Cache.
7. Relokasi Steam

Jika Steam saat ini disimpan di drive C pada PC Anda, Anda dapat mencoba memindahkannya ke D atau sebaliknya. Mungkin ada masalah dengan drive yang menghentikan Steam untuk memanipulasi file di dalamnya.

Catatan: Jika langkah ini membantu memperbaiki masalah, lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada drive untuk menemukan masalahnya.

8. Nonaktifkan Antivirus

Anda Mungkin ada situasi di mana perlindungan antivirus Anda menghentikan perangkat lunak dari menulis file di drive Anda. Anda selalu dapat menonaktifkan antivirus dan mencoba mengunduh game lagi. Jika kesalahan hilang, ubah pengaturan antivirus Anda, dan tambahkan pengecualian untuk Steam selama scans.

9. Nonaktifkan Firewall

Cobalah untuk menonaktifkan firewall Anda atau menambahkan pengecualian untuk Steam. Jika masalah telah diperbaiki, tambahkan pengecualian ke Windows Firewall.

Perbaikan yang Disarankan untuk Kesalahan Penulisan Disk Steam Appmanifest

Saat Anda membuka direktori Steam, Anda akan melihat beberapa file “manifest” di SteamSteamApps. Ini mungkin terlihat seperti angka acak tetapi sebenarnya adalah nomor aplikasi game. File-file ini memberi tahu aplikasi di mana game diinstal.

Tetapi nomornya dapat rusak, dan jalur ke game menjadi salah. Untuk memperbaikinya, Anda dapat menghapus file appmanifest atau membuka file di editor teks dan mengetik path absolut game.

Catatan: Jika Anda menghapus file, akan muncul seolah-olah game tidak diinstal saat Anda memulai ulang Steam. Anda harus mengunduh ulang game.

Perbaikan yang Disarankan untuk Kesalahan Penulisan Disk Steam Dengan Hard Drive Eksternal

PC Anda mungkin melindungi hard drive, yang dapat menyebabkan kesalahan penulisan disk. Jika hard drive eksternal Anda dilindungi dari penulisan, itu hanya memungkinkan Anda mengakses file di dalamnya, tidak membuat perubahan pada yang sudah ada. Coba hapus proteksi penulisan untuk memperbaiki masalah ini.

Sebelum memulai, Anda mungkin ingin memeriksa setiap contoh kerusakan hard drive. Berikut cara melakukannya:
Launch File Explorer, klik kanan pada hard drive dan pilih Properties. Sekarang, pilih tab Tools. Temukan bagian Error checking dan tekan Check, sebuah pop-up akan muncul. Klik Scan drive dan tunggu agar sistem melakukan pemindaian.
Jika ada kesalahan yang tidak dapat diperbaiki Windows, lanjutkan dengan menghapus proteksi penulisan dari drive.

Berikut cara menghapus proteksi penulisan dari hard drive eksternal Anda:
Pastikan hard drive terhubung ke PC Anda, dan luncurkan CMD. Ketik “diskpart” dan pilih Enter. Berikan akses administrator. Ketik “daftar volume” dan tekan Enter. Catat nomor disk yang dilindungi penulisan, ketik “pilih volume X”, dengan “X” mewakili nomor volume hard disk dan tekan Enter. Ketik “attributes volume clear read-only” dan tekan Enter untuk menonaktifkan fitur read-only. Ketik “Exit” dan tekan Enter untuk menyelesaikan.
Sambungkan kembali hard drive eksternal dan coba unduh game lagi.

Selain itu, pastikan Anda menjalankan Steam sebagai admin istrator:
Temukan ikon Steam di desktop Anda, klik kanan padanya dan klik Properties.Buka tab Compatibility.Centang kotak Run this program as an administrator.Tekan OK untuk menyimpan.
Apa Penyebab Disk Write Error di Steam?

Berikut adalah beberapa alasan umum munculnya kesalahan penulisan disk:
Drive yang dilindungi tulis atau folder SteamKecacatan hard driveAntivirus memblokir Steam agar tidak memanipulasi dataBerkas yang rusak atau usang di direktori Steam Anda
Jika mengatasi masalah ini tidak menyelesaikan masalah kesalahan penulisan Steam Anda, maka Anda mungkin ingin mencoba menggunakan perangkat lain dan pergi dari sana.

Mengatasi Steam Disk Write Error

Mengunduh atau memperbarui game di Steam biasanya merupakan pengalaman yang bebas dari rasa khawatir. Tetapi ketika “kesalahan penulisan disk” muncul, semuanya tampak sia-sia. Meskipun menjengkelkan dan terkadang menantang untuk diatasi, masalah ini hampir selalu dapat diperbaiki. Semoga artikel ini memberi Anda semua saran yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah kesalahan penulisan disk.

Langkah apa yang membantu Anda menghilangkan kesalahan yang mengganggu? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.