Tidak termasuk URL dari ProxyPass di Apache

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Modul mod_proxy
Apache memungkinkan Anda meneruskan permintaan ke server lain menggunakan arahan ProxyPass dan ProxyPassReverse. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin mengecualikan URL tertentu dari proxy. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara mengecualikan URL dari ProxyPass di Apache.
Advertisement
Langkah pertama adalah mengidentifikasi URL yang ingin Anda kecualikan dari proxy. Untuk tutorial ini, mari kita asumsikan bahwa kita ingin mengecualikan URL “/ statis” agar tidak diproksi.
Exclude URL di Apache ProxyPass

Proxy Apache mengirim permintaan ke pendengar backend. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengeksekusi URL untuk di-proxy. Sebagai contoh. Anda memiliki beberapa konten statis yang disimpan di bawah “/var/www/html/static”. Aplikasi menyajikan konten statis, yang URL-nya dimulai dengan “/ statis”. Anda ingin melayani semua URL yang dimulai dengan “/ statis” harus langsung disajikan dari direktori tanpa mem-proxy-nya.

Anda dapat melakukannya dengan menambahkan konfigurasi berikut sebelum pengaturan ProxyPass utama.

ProxyPass /static ! Alias ​​​​”/static” “/var/www/html/static”12ProxyPass /static !Alias ​​”/static” “/var/www/html/static”

The ! simbol memberi tahu apache, bukan untuk permintaan proxy yang dimulai dengan sub url “/ statis”. Alias ​​memetakan URL ke direktori “/var/www/html/static”.

Pastikan bahwa konfigurasi di atas ditambahkan sebelum konfigurasi ProxyPass. Contoh host virtual terlihat seperti di bawah ini:

ServerName example.com ProxyPass /static ! Alias ​​​​”/static” “/var/www/html/static” Wajibkan semua yang diberikan ProxyPreserveHost Di ProxyPass / http://127.0.0.1:8080/ ProxyPassReverse / http://127.0.0.1:8080/ 1234567891011121314    ServerName example.com     ProxyPass /statis ! Alias ​​​​”/static” “/var/www/html/static”             Wajibkan semua diberikan         ProxyPreserveHost On    ProxyPass /  http://127.0.0.1:8080/    ProxyPassReverse /  http://127.0.0.1:8080/

Lakukan perubahan yang diperlukan di Apache konfigurasi host virtual dan mulai ulang layanan Apache. Untuk menguji konfigurasi, akses URL yang Anda kecualikan dari proxy, dalam hal ini, akan menjadi “/ statis”. Jika konfigurasinya benar, Anda seharusnya melihat konten situs web Anda, alih-alih diproksikan ke server backend.
Kesimpulan

Kesimpulannya, modul mod_proxy Apache juga menyediakan opsi untuk mengeksekusi URL yang akan diproksikan. Itu dapat membantu untuk menyajikan konten statis langsung dari server web alih-alih mem-proksikannya ke server backend. Dalam tutorial ini, kami telah memberi Anda petunjuk dengan sebuah contoh, untuk mengecualikan URL dari ProxyPass di server web Apache. Ingatlah untuk menguji konfigurasi Anda setelah melakukan perubahan apa pun untuk memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan.

Referensi tecadmin.com