Tiga Cara Mengakses Menu Opsi Boot Windows 10 dan 8

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Windows 10 (dan 8) menggabungkan berbagai opsi boot ke dalam satu layar bernama menu “Opsi Lanjutan”. Menu ini menyediakan akses ke alat perbaikan dan opsi untuk mengubah perilaku startup Windows — seperti mengaktifkan debugging, boot ke mode aman, dan meluncurkan ke lingkungan pemulihan.

Catatan: Kami menampilkan tangkapan layar dari Windows 10 dalam artikel ini, tetapi prosesnya sebagian besar sama di Windows 8. Kami akan menunjukkan perbedaannya. Yang Dapat Anda Lakukan di Menu Opsi Lanjutan Pulihkan utilitas, yang memungkinkan Anda memperbaiki jenis kerusakan dan kesalahan tertentu dengan memulihkan pengaturan, driver, dan aplikasi Anda ke titik pemulihan yang telah dibuat sebelumnya. Lihat panduan kami untuk menggunakan Pemulihan Sistem untuk informasi lebih lanjut. Pemulihan Citra Sistem: Memungkinkan Anda memulihkan citra cadangan PC Anda. Lihat panduan kami tentang memulihkan cadangan citra sistem di Windows untuk detailnya. Perbaikan Startup: Meluncurkan alat perbaikan startup terintegrasi Windows, yang mencoba memperbaiki masalah startup secara otomatis. Lihat panduan kami tentang memperbaiki masalah startup dengan alat perbaikan startup Windows dan tentang apa yang harus dilakukan ketika Windows tidak bisa boot untuk informasi lebih lanjut. Command Prompt: Restart PC Anda dan memuat jendela Command Prompt sederhana untuk pemecahan masalah. Pengaturan Startup: Memungkinkan Anda mengakses mode dan alat startup alternatif, seperti Safe Mode, Low-Resolution Video Mode, dan boot logging.Kembali ke versi sebelumnya: Memungkinkan Anda mencopot pemasangan Windows dan menurunkan versi kembali ke versi sebelumnya yang Anda gunakan, selama Anda telah memutakhirkan dalam 30 hari terakhir. Lihat panduan kami untuk mencopot pemasangan Windows 10 dan menurunkan versi ke Windows 7 atau 8.1 untuk detail lebih lanjut. Catatan: Anda mungkin juga melihat “Copot Pemasangan Pembaruan” daripada “Kembali ke versi sebelumnya.” Ini akan memutar kembali Windows dan menghapus pembaruan terbaru.

Setelah memilih sebagian besar opsi ini, Windows memulai ulang dan kemudian memuat ke mode (atau memulai alat) yang Anda pilih.

Dan sekarang Anda tahu apa yang dapat Anda gunakan “Opsi Lanjutan ” untuk, mari kita lihat bagaimana cara mengaksesnya.

Option One: Tahan Shift Saat Mengklik Restart

Jika PC Anda dapat menjalankan Windows secara normal, Anda dapat membuka menu “Opsi Lanjutan” dengan cepat hanya dengan menahan tombol Shift sambil mengklik opsi “Mulai Ulang”. Anda dapat melakukan ini baik di layar masuk (ditampilkan di atas) atau di menu Mulai (ditampilkan di bawah).

Ketika Anda melakukan ini, PC Anda tidak segera restart. Sebagai gantinya, ini menunjukkan kepada Anda menu yang memungkinkan Anda melanjutkan sesi Windows Anda, mengakses alat pemecahan masalah, atau mematikan PC Anda. Klik tombol “Troubleshoot”.

Pada layar “Troubleshoot”, klik tombol “Advanced Options”.

Dan, akhirnya, Anda akan tiba di menu “Advanced Options”.

TERKAIT:Cara Membuat dan Menggunakan Drive atau Sistem Pemulihan Perbaiki Disk di Windows 8 atau 10

Catatan: Jika PC Anda tidak dapat menjalankan Windows secara normal dua kali berturut-turut, menu “Opsi Lanjutan” akan ditampilkan secara otomatis. Jika tidak, Anda dapat mencoba mem-boot PC Anda dengan drive pemulihan USB. Opsi Kedua: Gunakan Pengaturan App

Jika Anda ingin melewati beberapa rintangan tambahan daripada hanya menekan Shift+Restart, Anda juga dapat meluncurkan ” Menu Opsi Lanjutan” melalui aplikasi pengaturan. Tekan Windows+I untuk membuka aplikasi Pengaturan, lalu

Klik opsi “Perbarui & Keamanan”.

Di panel kiri, alihkan ke tab “Pemulihan”. Di panel kanan, gulir ke bawah sedikit, lalu klik tombol “Restart Now” di bagian “Advanced Startup”.

Jika Anda menggunakan Windows 8 atau 8.1, Anda akan beralih ke tab “General”, dan lalu klik tombol “Restart” di bagian “Advanced Startup”.

Opsi Tiga: Keluarkan Perintah dengan PowerShell (atau Command Prompt)

TERKAIT:Cara Menulis Skrip Batch di Windows

Anda juga dapat membuka menu “Opsi Lanjutan” dengan mengeluarkan perintah sederhana menggunakan PowerShell atau Command Prompt. Kami akan menggunakan PowerShell di sini, tetapi itu adalah perintah yang sama persis. Anda juga dapat membuat skrip batch dengan perintah ini sehingga Anda dapat mengakses menu “Opsi Lanjutan” di masa mendatang dengan lebih mudah.

Mulai PowerShell sebagai administrator dengan menekan Windows+X, lalu mengklik opsi “Windows PowerShell (Admin)” pada menu Power User.

Advertisement

Saat diminta, ketik (atau salin dan tempel) perintah berikut, lalu tekan Enter:

shutdown.exe /r /o

Sebuah pesan muncul, memperingatkan Anda bahwa Anda akan keluar.

Windows restart secara otomatis sekitar satu menit kemudian dan mengantarkan Anda ke menu “Opsi Lanjutan”.

Itulah berita seputar Tiga Cara Mengakses Menu Opsi Boot Windows 10 dan 8, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.