Untuk Apa Tombol Menu? (dan Cara Memetakan Ulang)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tahukah Anda bahwa keyboard Anda memiliki tombol menu? Pada keyboard ukuran penuh, Anda akan menemukannya di sebelah kiri tombol Ctrl kanan Anda. Tombol ini membuka menu konteks, tetapi Anda dapat mengubahnya agar lebih berguna.

Di mana Tombol Menu di Keyboard Anda?

Pada keyboard ukuran penuh, tombol menu terletak di antara tombol Windows kanan dan tombol Ctrl kanan di sebelah kanan bilah Spasi. Tombol menu terkadang juga disebut “tombol aplikasi.”

Beberapa keyboard yang lebih kecil—misalnya, keyboard laptop—menghilangkan tombol menu untuk menghemat ruang. Keyboard lain yang lebih kecil menghilangkan tombol Windows kanan dan membiarkan tombol menu di antara tombol Alt dan Ctrl kanan. Tidak ada kata “menu” yang tercetak di atasnya—ada gambar kecil yang terlihat seperti menu. Gambar ini tidak standar dan akan terlihat berbeda pada keyboard yang berbeda. Terkadang ini menunjukkan penunjuk kecil yang melayang di atas menu dan terkadang terlihat seperti menu bergaya—persegi atau persegi panjang dengan beberapa garis horizontal di dalamnya.

Untuk Apa Tombol Menu?

Tombol menu membuka menu konteks untuk aplikasi Anda saat ini. Ini pada dasarnya seperti mengklik kanan pada pilihan Anda di aplikasi.

Cobalah—tekan tombol menu saat melihat halaman web ini dan Anda akan melihat menu konteks browser web Anda, sama seperti jika Anda mengklik kanan halaman tersebut.

Ini adalah key berguna jika Anda tidak memiliki mouse atau tidak memiliki mouse dengan tombol kanan mouse. Ia bekerja di banyak aplikasi yang berbeda. Jika Anda memilih file atau folder di File Explorer dan menekan tombol menu, Anda akan melihat menu konteks seolah-olah Anda telah mengklik kanan file tersebut.

Kunci ini memungkinkan untuk menggunakan menu konteks hanya dengan keyboard dan tanpa tikus. Tekan tombol menu, gunakan tombol panah untuk memilih opsi, dan tekan Enter untuk mengaktifkannya. Pilih teks atau elemen lain dengan pintasan keyboard dan tekan tombol menu untuk mengaktifkan opsi menu konteks—semua tanpa tangan Anda meninggalkan keyboard.

Microsoft sekarang berbicara tentang mengubah kunci ini menjadi kunci Office agar sesuai dengan tombol Windows. Sebagian besar pengguna PC kemungkinan tidak menyentuh tombol ini, yang menjelaskan mengapa Microsoft melayangkan ide untuk mengubahnya. Ini sedikit peninggalan, seperti tombol Sys Rq, Scroll Lock, dan Pause Break.

Shift+F10 Dapat Berfungsi Seperti Tombol Menu Juga

Jika keyboard Anda tidak memiliki tombol menu, tetapi Anda ingin membuka menu konteks dengan pintasan keyboard, jangan takut. Anda dapat menekan Shift+F10 di sebagian besar aplikasi untuk membuka menu konteks. Ini pada dasarnya sama dengan tombol menu.

Ini tidak berfungsi di setiap aplikasi, namun—itu tergantung pada aplikasi. Jika tidak ada yang terjadi pada aplikasi yang Anda gunakan, coba Ctrl+Shift+F10.

Cara Memetakan Ulang Tombol Menu

Tombol menu tidak terlalu mengganggu seperti tombol Windows, yang dapat membawa Anda keluar dari game dan aplikasi layar penuh lainnya jika Anda tidak sengaja menekannya. Namun, Anda mungkin ingin mengubah perilaku tombol menu dan membuatnya melakukan sesuatu yang lebih berguna. Lagi pula, itu adalah real estat keyboard utama yang akan sia-sia jika Anda tidak menggunakan key.

Kami menyukai SharpKeys untuk memetakan kembali kunci dengan cepat ke kunci lain. Anda dapat memetakan ulang kunci di Windows Registry, tetapi ini jauh lebih rumit. SharpKeys menyediakan antarmuka grafis yang nyaman yang menyesuaikan nilai registri yang mendasari untuk Anda.

Setelah menginstal dan meluncurkan SharpKeys, klik tombol “Tambah” untuk menambahkan pemetaan ulang baru.

Pilih “Khusus: Aplikasi (E0_5D)” di panel kiri. Anda juga dapat mengklik “Ketik Kunci” dan menekan tombol menu—seperti yang kami sebutkan di atas, terkadang disebut “kunci aplikasi”, seperti yang ada di sini.

Di panel kanan, pilih tombol apa pun yang Anda inginkan untuk memetakan kembali tombol menu. Misalnya, Anda dapat memilih “Web: Back” dan kunci tersebut akan berfungsi sebagai kunci kembali di browser web Anda dan aplikasi lain yang mendukung kunci ini.

Setelah selesai, klik “OK.”

Klik “Tulis ke Registri” untuk menulis perubahan Anda ke Windows Registry. Anda sekarang harus menutup jendela SharpKeys dan kemudian reboot PC Anda atau keluar dan masuk kembali. Perubahan Anda akan berlaku saat Anda masuk berikutnya.

Jika Anda ingin mengubah apa yang dilakukan kunci atau membatalkan perubahan Anda, buka SharpKeys sekali lagi, pilih aturan Anda, dan gunakan tombol “Edit” atau “Hapus” untuk mengubah atau menghapusnya. Tulis perubahan Anda ke registri lalu keluar dan masuk kembali.

Anda dapat menggunakan SharpKeys untuk menetapkan kembali tombol lain juga—misalnya, Anda dapat membuat Caps Lock atau tombol Windows berfungsi sebagai tombol lain.

Cara Menyesuaikan Tombol Menu Menggunakan AutoHotkey

Untuk penyesuaian lebih lanjut, kami merekomendasikan AutoHotkey. Anda dapat menggunakan AutoHotkey untuk menulis skrip kecil cepat yang akan mendengarkan tombol menu dan melakukan tindakan lain saat Anda menekannya. Di AutoHotkey, kunci ini disebut “AppsKey.”

Misalnya, baris berikut dalam skrip AutoHotkey akan menonaktifkan tombol menu (“AppsKey”) dan menyebabkannya tidak melakukan apa-apa (“Kembali”):

AppsKey::Return

Kode ini di skrip AutoHotkey akan mendengarkan tombol menu dan meluncurkan Microsoft Word saat Anda menekannya:

AppsKey:: Run WINWORD return

Ada kemungkinan besar tombol menu akan hilang di beberapa titik. Namun, dengan keyboard yang masih memiliki tombol Scroll Lock, ada kemungkinan besar tombol menu akan tetap ada selama beberapa dekade mendatang.

Itulah berita seputar Untuk Apa Tombol Menu? (dan Cara Memetakan Ulang), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.