Vampir Bandwidth Tersembunyi Ini Menghabiskan Batas Data Anda di Rumah

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Netgear

Jika Anda bekerja di bawah beban batasan data yang diberlakukan ISP, melacak “vampir bandwidth” yang menggunakan semua data berharga Anda akan menyelamatkan Anda dari biaya berlebih dan kerepotan. Di sinilah mencarinya.

Apa Itu Vampir Bandwidth?

Beberapa tahun yang lalu, ada banyak obrolan tentang “vampir energi”, perangkat di sekitar rumah yang menyedot banyak energi listrik bahkan saat tidak digunakan secara aktif.

Salah satunya contoh yang lebih menonjol dari masalah ini, dan salah satu yang mendapat perhatian nasional pada saat itu, adalah kotak kabel—beberapa unit mengkonsumsi lebih banyak energi per tahun daripada lemari es.

Dalam nada yang sama—kira kita hanya akan menggandakan vampir referensi hari ini—vampir bandwidth adalah perangkat di sekitar rumah Anda yang menggunakan data saat Anda tidak menggunakannya secara aktif.

Advertisement

Terkadang penggunaan data tersebut, meskipun Anda tidak merasa seperti penggunaan aktif, adalah bagian dari fungsi perangkat dan Anda harus menjalaninya. Di lain waktu itu adalah penggunaan yang sembrono (atau setidaknya waktunya tidak tepat) dan Anda akan ingin membatasinya.

Jika Anda memiliki internet tanpa batas, artikel ini pada akhirnya akan lebih menjadi bagian dari rasa ingin tahu Anda daripada yang lainnya.

RELATEDBerapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melampaui Batas Data 1TB?

Tetapi bagi orang-orang yang berurusan dengan batas data ISP dan khawatir akan dikenakan biaya lebih karena melanggar batas tersebut, memburu penggunaan data yang boros di jaringan mereka adalah upaya yang berharga.

Menemukan Bandwidth Vampire
Melacak penggunaan data perangkat di tingkat router ideal.

Sebelum kita melompat ke daftar vampir bandwidth umum (dan sering diabaikan) di sekitar rumah, kita perlu mengawalinya dengan menunjukkan sesuatu yang penting untuk upaya investigasi Anda.

Meskipun kami memiliki pengetahuan luas tentang komputer, gadget , dan aplikasi yang digunakan di dalam dan di sekitar rumah, ada terlalu banyak variabel antara perangkat, layanan, dan cara konfigurasinya, sehingga kami tidak dapat mengoceh tentang setiap kemungkinan sesuatu yang melekat pada jaringan rumah Anda melahap semua data Anda.

RELATEDCara Memantau Penggunaan Bandwidth Internet Anda dan Menghindari Melebihi Caps

DataJika Anda membaca daftar penyebab potensial kami di bawah ini dan merasa tidak ada yang muncul sebagai kemungkinan penyebab masalah Anda, Anda dapat selalu menyingsingkan lengan baju Anda dan menyaring data sendiri dengan memantau penggunaan internet Anda.

Dalam beberapa kasus melakukannya, terutama di tingkat router, adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan tepat perangkat apa di jaringan Anda yang bertanggung jawab atas kesengsaraan bandwidth Anda.

Advertisement

Anda kemampuan untuk melacak penggunaan data di tingkat router sangat dibatasi oleh router Anda dan firmware yang diinstal, tetapi sebagian besar router yang lebih baru memiliki semacam fungsi bawaan untuk membantu Anda menelusuri penggunaan data berdasarkan jenis layanan (mis. Netflix, Steam, dll.) dan oleh masing-masing perangkat (mis. PC game Anda, kamera keamanan baru yang baru saja Anda instal, dll.)

Mulai Pencarian Anda dengan Vampir Bandwidth Umum Ini

Meskipun, seperti yang baru saja kami sebutkan, ada kombinasi perangkat yang hampir tak terbatas dan perangkat lunak yang dapat melakukan yang terbaik untuk menerobos batas data bulanan Anda, ada beberapa tersangka yang biasa patut diperhatikan sejak awal—jika tidak ada alasan lain selain mengesampingkannya.

Perangkat Streaming

Anda mungkin berpikir “Perangkat streaming menggunakan bandwithnya banyak? Itu bukan sesuatu yang baru.” Jelas, jika Anda menggunakan Apple TV untuk menonton streaming video 4K berjam-jam, itu akan menggunakan banyak bandwidth karena streaming video HD dan UHD membutuhkan bandwidth yang intensif.

RELATEDBerapa Kecepatan Internet yang Saya Butuhkan untuk Layanan Streaming?

Dari semua hal yang mengejutkan orang dalam hal vampir bandwidth, namun, kami merasa nyaman untuk mengatakan bahwa perangkat streaming seperti Chromecast dan Apple TV serta perangkat rumah pintar seperti Google Nest Hub berada di urutan teratas dalam daftar. Tentu saja, mereka menggunakan banyak bandwidth saat Anda aktif streaming, tetapi mereka juga cukup haus data saat tidak digunakan.

Kebanyakan orang tidak menyadari seberapa banyak perangkat ini turun, hari demi hari, tetapi ketika Anda melihat statistik itu cukup mengejutkan. Masalahnya adalah mode screensaver di sebagian besar perangkat streaming berjalan 24/7 dan menghabiskan cukup banyak data.

Di rumah saya, misalnya, saya memiliki empat Nest Hub dan lima Chromecast. Masing-masing dari mereka, dalam mode siaga, mengkonsumsi sekitar 450 MB setiap hari. Jadi dengan hanya satu di jaringan, itu adalah penggunaan data idle 13,5 GB setiap 30 hari. Dengan 9 perangkat yang berbeda, ia melompat ke 121,5 GB. Untungnya, dengan koneksi fiber dan tanpa batasan data, itu tidak pernah menjadi masalah bagi saya. Tetapi jika saya memiliki batas data 1TB, sekitar 12% dari batas bulanan saya akan dihabiskan oleh streaming yang tidak aktif dan perangkat rumah pintar. Tidak aktif menggunakan Netflix atau semacamnya, ingatlah, hanya dengan menyalakan perangkat sepanjang hari.

Advertisement

Meskipun Anda dapat menghindari masalah dengan mencabut perangkat Anda saat tidak digunakan, itu cukup merepotkan (dan dalam kasus Home Hub dan layar pintar lainnya itu mengalahkan tujuan memilikinya).

Sebaliknya, kami sarankan Anda menyesuaikan pengaturan Anda. Meskipun bervariasi antar perangkat, biasanya ada opsi untuk mematikan screensaver resolusi tinggi (screensaver Apple TV 4K cantik tapi sangat padat data) atau menukar foto slideshow dengan sesuatu yang sederhana dan beresolusi rendah—trik yang kami sarankan untuk menjinakkan Penggunaan data Chromecast.

Kamera Keamanan Cerdas
Kamera berbasis cloud adalah pemboros bandwidth. Google

Kamera keamanan sekolah lama merekam rekaman mereka ke penyimpanan lokal dan hanya menggunakan bandwidth saat Anda mengakses rekaman dari jarak jauh dari rumah.

Sementara beberapa kamera keamanan pintar yang lebih baru juga memiliki opsi penyimpanan lokal, sebagian besar—dan tentu saja opsi paling populer seperti Google Nest kamera dan kamera Amazon Ring—berbasis cloud dan cukup intensif bandwidth. Apakah koneksi internet rumah Anda dapat mendukung kamera keamanan pintar secara memadai atau tidak adalah pertimbangan serius.

RELATEDApakah Koneksi Internet Saya Mendukung Kamera Keamanan Cerdas?

Kamera Nest yang lebih baru, misalnya, dapat digunakan di mana saja dari 100 hingga 400 GB per bulan, per kamera, karena baik unggahan dan unduhan diperhitungkan terhadap batas data—dan kamera cloud mengunggah banyak data. Jadi, jika Anda baru saja menambahkan kamera keamanan pintar berbasis cloud ke jaringan rumah Anda dan Anda terkejut bahwa pengukur bandwidth di dasbor ISP Anda menunjukkan bahwa Anda mengunyah data Anda dengan kecepatan tinggi, itu adalah tempat yang baik untuk menyelidiki.

Sementara Anda tidak akan dapat sepenuhnya menjinakkan penggunaan data untuk kamera keamanan berbasis cloud, Anda harus dapat melakukan penyesuaian seperti mengalihkannya untuk hanya mengunggah data saat gerakan terdeteksi atau tweak lainnya.

Pembaruan Windows

Windows, secara default, menggunakan a sistem peer-to-peer untuk mengoptimalkan pembaruan Windows. Singkatnya adalah bahwa PC Windows akan terhubung bersama, seperti awan torrent satu tujuan, untuk berbagi data pembaruan Windows dengan cepat di Internet.

Advertisement

Untuk orang-orang dengan bandwidth dan data terbatas, sebaiknya matikan “Pengoptimalan Pengiriman”— dengan peringatan kecil. Ada dua jenis Pengoptimalan Pengiriman, global (di mana Anda berbagi dengan PC Windows di semua tempat) dan lokal (di mana Anda berbagi dengan PC Windows hanya di jaringan lokal Anda).

Opt untuk menggunakan Pengoptimalan Pengiriman hanya untuk jaringan lokal dan Anda sebenarnya akan menghemat bandwidth, karena satu PC akan mengunduh pembaruan dan PC Windows lokal lainnya akan menarik data dari sana, daripada mengunduhnya lagi.

Saat melakukannya, Anda mungkin ingin mematikan pembaruan otomatis di umum sehingga Anda dapat mengatur waktu ketika Anda memperbarui PC Anda ketika Anda memiliki bandwidth ekstra untuk dibakar.

Pembaruan Game Otomatis
Apakah Anda berhenti bermain game? Pastikan untuk mematikan update.

Ukuran game, terutama untuk judul AAA, terus merangkak naik. Anda tidak hanya harus mempertimbangkan ukuran unduhan asli saat menyimpan perpustakaan game Anda—orang-orang dengan koneksi terbatas pasti tidak boleh mencoba mengunduh perpustakaan Steam atau konsol yang besar sekaligus—Anda juga harus mempertimbangkan pembaruan juga.

Bahkan kecil (dalam hal fitur dan perbaikan bug) pembaruan untuk banyak game berukuran besar. Pembaruan dalam waralaba Call of Duty, misalnya, sering kali berbobot 10-30 GB per pembaruan atau bahkan lebih besar. Pembaruan April 2022 untuk Call of Duty: Warzone adalah 40GB yang lumayan.

Advertisement

Jika Anda tidak aktif bermain game dan Anda terus-menerus memperhatikan penggunaan data Anda, tidak ada alasan bagus untuk memiliki satu atau lebih game yang menarik data dari bulan ke bulan jika Anda bahkan tidak bermain game. Membakar 4% dari batas data 1 TB Anda pada pembaruan Call of Duty yang bahkan tidak akan Anda mainkan tidak masuk akal.

Untuk menghindari jebakan itu, kami sarankan masuk ke menu pengaturan klien game Anda dan di konsol untuk menonaktifkan pembaruan otomatis. Ini adalah tradeoff, tentu saja, jika Anda lupa untuk memperbarui dan Anda benar-benar ingin memainkan permainan beberapa bulan dari sekarang, Anda mungkin harus duduk di sana selama beberapa saat saat itu diperbarui, tetapi di sisi positifnya, Anda tidak akan menyia-nyiakannya. data Anda.

Pembaruan “Terjebak”

Kami memisahkan yang satu ini karena hal ini dapat terjadi pada hampir semua aplikasi atau perangkat dan tidak spesifik untuk Windows atau game.

Untungnya, relatif jarang terjadi tetapi ketika itu terjadi cukup membuat frustrasi. Terkadang aplikasi atau perangkat akan mengunduh pembaruan dan gagal menginstalnya atau mengalami kesalahan. Alih-alih menyerah begitu saja, pemicu otomatis yang sama yang mendorongnya untuk mengunduh pembaruan di tempat pertama memperhatikan bahwa pembaruan yang diharapkan tidak selesai dan melakukannya lagi.

Jika Anda benar-benar bingung dengan apa yang menyedot semua data Anda, gali di router Anda seperti yang kami uraikan di bagian di atas tentang menemukan vampir bandwidth di jaringan Anda untuk mempersempitnya ke perangkat tertentu yang memalu koneksi Anda. Kemudian lihat perangkat untuk apa pun yang mencoba memperbarui yang mungkin macet dalam satu lingkaran. Ini termasuk pembaruan sistem operasi, pembaruan suite aplikasi besar, pembaruan game, dan sebagainya.

Dan jika Anda benar-benar terjebak mempersempitnya, jangan lupa untuk memeriksa pembaruan untuk aplikasi atau game yang telah Anda hapus. Terkadang penghapusan sebagian atau tidak tepat dari suatu aplikasi dapat meninggalkannya dalam semacam limbo di mana aplikasi pendamping pembaru terus berusaha untuk melakukan yang terbaik, meskipun aplikasi induk telah dihapus.

Malware

Untungnya, malware yang memakan bandwidth Anda relatif jarang tetapi Anda tidak boleh’ t menganggap itu bukan sumber masalah Anda.

Advertisement

Jika Anda telah mengesampingkan penyebab seperti kamera keamanan berbasis cloud, pembaruan game besar, dan semacamnya, maka ada baiknya memeriksa ulang komputer Anda bebas malware dan bahkan router Anda juga. Tidak semua malware membutuhkan bandwidth, tetapi beberapa bentuknya.

Perangkat Lunak Antivirus Terbaik 2022 Perangkat Lunak Antivirus Terbaik KeseluruhanBitdefender Internet SecurityBelanja SekarangPerangkat Lunak Antivirus Gratis TerbaikKeamanan Gratis AviraBelanja SekarangPerangkat Lunak Antivirus Terbaik untuk WindowsMalwarebytes PremiumBelanja SekarangPerangkat Lunak Antivirus Terbaik untuk MacIntego Mac Internet Security X9Belanja SekarangPerangkat Lunak Antivirus Terbaik untuk AndroidBitdefender Mobile SecurityShop Now

Memindai malware dan tetap mengikuti pembaruan keamanan akan membantu menjaga perangkat individual dan jaringan rumah Anda terlindungi. perangkat dan aplikasi—untuk menentukan sumber semua penggunaan data itu.

Itulah berita seputar Vampir Bandwidth Tersembunyi Ini Menghabiskan Batas Data Anda di Rumah, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.