WhatsApp Tidak Berfungsi? Coba Perbaikan Sederhana Ini

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
WhatsApp adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, tetapi ada masalah yang dapat terjadi saat Anda menggunakannya. Baik itu layar beku, pesan Anda gagal terkirim, atau hanya bug yang mengganggu, WhatsApp dapat gagal dalam banyak cara.

Untungnya, ada banyak perbaikan yang tersedia, dari metode yang sederhana dan cepat hingga yang lebih kompleks. Berikut cara memperbaiki WhatsApp untuk setiap perangkat utama.

WhatsApp Tidak Berfungsi di iPhone

Ada beberapa opsi untuk dicoba dengan iPhone Anda. Hal pertama yang harus selalu Anda periksa adalah Wi-Fi atau koneksi data seluler Anda. Jika WhatsApp masih tidak berfungsi, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

Memecahkan Masalah Perangkat Anda
Mulai ulang perangkat AndaPastikan WhatsApp sudah diperbarui.Jika koneksi Wi-Fi Anda lambat, aktifkan data seluler. Jika Anda tidak ingin menggunakan data Anda, cari hotspot lain jika Anda bisa. Untuk mengaktifkan data Anda, lakukan hal berikut: Buka “Pengaturan”, lalu cari menu “Seluler”. Hidupkan data seluler AndaJika opsi sebelumnya tidak berhasil, pulihkan perangkat Anda, lalu instal ulang WhatsApp
Pemecahan Masalah Jaringan Anda
Coba reboot router Anda .Ada kemungkinan masalahnya ada hubungannya dengan Nama Titik Akses Anda, atau pengaturan APN. Untuk masalah ini, Anda harus menghubungi penyedia seluler Anda. Di iPhone Anda, coba atur ulang pengaturan jaringan Anda. Ini akan menghapus semua kata sandi Wi-Fi Anda yang tersimpan, jadi pastikan Anda memiliki akses ke kata sandi tersebut sebelum melakukannya. Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan Anda, Anda harus melakukan hal berikut: Di “Pengaturan,” pilih halaman “Umum” Di halaman ini, pilih “Transfer atau Atur Ulang iPhonePilih” Atur Ulang “Selanjutnya, pilih “Atur Ulang Pengaturan Jaringan,” lalu masukkan kata sandi Anda. Pilih “Setel Ulang Pengaturan Jaringan” lagi dan periksa untuk melihat apakah WhatsApp berfungsi kembali. Beberapa jaringan memiliki pengaturan keamanan yang ketat. Mungkin WhatsApp diblokir di jaringan Anda. Periksa dengan orang yang menjalankan jaringan untuk melihat apa yang diblokir.Matikan roaming.
WhatsApp Tidak Berfungsi di Perangkat Android

WhatsApp di Android bekerja mirip dengan iPhone, tetapi banyak nama yang berbeda. Karena alasan itu, Anda mungkin tidak dapat segera menemukan semuanya jika Anda terbiasa dengan iPhones.

Memecahkan Masalah Perangkat Anda
Mulai ulang perangkat AndaPastikan WhatsApp sudah diperbarui. Pengguna Android dapat mengaktifkan pengaturan “data latar belakang” dengan melakukan hal berikut: Menu “Pengaturan”, pilih “Aplikasi”Semua aplikasi Anda akan muncul. Pilih WhatsApp Pilih “Mobile data & Wi-Fi”, lalu aktifkan data latar belakang Anda.
Pemecahan Masalah Jaringan Anda
Coba reboot router Anda. Kemungkinan masalahnya ada hubungannya dengan Nama Titik Akses Anda, atau pengaturan APN. Untuk masalah ini, Anda harus menghubungi penyedia seluler Anda. Beberapa jaringan, terutama kantor atau kampus, memiliki pengaturan keamanan yang ketat. Mungkin WhatsApp diblokir di jaringan Anda. Periksa dengan orang yang menjalankan jaringan untuk melihat apa yang diblokir. Matikan roaming.
WhatsApp Tidak Bekerja di Windows PC

Windows menawarkan opsi terbanyak untuk membuat WhatsApp berfungsi kembali. Setiap metode sederhana jadi jangan terintimidasi oleh set menu yang tak ada habisnya. Mengikuti langkah-langkah ini akan membuat WhatsApp di desktop Anda bekerja dalam waktu singkat. lalu klik “End process.” Buka kembali WhatsApp
Perbaiki WhatsApp
Buka pengaturan Anda dengan menekan tombol Windows dan “I.” Pilih “Apps,” lalu pilih menu “Apps and features”. Gulir ke WhatsApp, lalu pilih “Advanced Options.” Di bawah “ Atur ulang,” pilih “Perbaiki.” Tunggu hingga Windows selesai. Anda akan menerima pemberitahuan jika sudah selesai.
Reset WhatsApp

Metode ini akan menghapus data aplikasi Anda, jadi lakukan ini sebagai upaya terakhir.
Buka pengaturan Anda dengan menekan tombol Windows dan “I.” Pilih “Apps”, lalu pilih tombol “ Aplikasi dan fitur” menu. Gulir ke WhatsApp, lalu pilih “Opsi Lanjutan.” Di bawah tulisan “Reset,” pilih “Reset.”
Internet Troubleshooter

Jika Anda mengalami masalah koneksi dengan WhatsApp, PC Anda memiliki pemecah masalah yang dapat Anda jalankan perbaiki masalah konektivitas.
Buka pengaturan Anda dengan menekan tombol Windows dan “I.” Pilih bagian “Perbarui & Keamanan”. Di menu berikutnya, pilih “Troubleshoot.” Klik “Additional troubleshooters” di bagian bawah halaman. Pilih “Internet Connections,” lalu tunggu hingga troubleshooter selesai. Anda akan diberikan opsi untuk memperbaiki masalah internet Anda menggunakan pemecah masalah. Pilih opsi yang ingin Anda gunakan.
WhatsApp Tidak Berfungsi di Mac

Mac tidak menawarkan opsi sebanyak komputer Windows, tetapi aksesibilitas dan kemudahan penggunaannya memudahkan untuk memperbaiki masalah dengan WhatsApp.

Gunakan Monitor Aktivitas untuk Menutup Sepenuhnya WhatsApp

Jika Anda menjalankan WhatsApp saat startup, ada kalanya WhatsApp tidak berfungsi dengan baik di latar belakang. Anda tidak dapat menutup WhatsApp secara langsung, tetapi Anda dapat menggunakan Monitor Aktivitas untuk mematikan WhatsApp. Monitor Aktivitas juga dapat menampilkan berapa banyak RAM yang digunakan komputer Anda, yang berguna jika Anda memiliki hard drive memori rendah. Begini cara melakukannya:
Tekan “perintah” dan tombol spasi untuk membuka “Pencarian Spotlight.” Di bilah pencarian, ketik “Monitor Aktivitas.” Daftar program akan muncul. Temukan WhatsApp di daftar.Klik WhatsApp, lalu klik simbol “X” di bagian atas.Buka kembali WhatsApp untuk melihat apakah masih berfungsi.
Instal ulang WhatsApp

A menginstal ulang akan memperbaiki masalah apa pun dalam program, jadi ini cara terbaik untuk membuat yakin WhatsApp berfungsi dengan baik. Ini juga sangat sederhana untuk dilakukan. Berikut cara menghapus instalasi WhatsApp dari komputer Mac Anda:
Buka folder Aplikasi AndaPilih WhatsApp, lalu seret ikon ke tempat sampah.Kosongkan tempat sampah
WhatsApp Tidak Berfungsi dengan Nomor Google Voice

Pada tahun 2022, WhatsApp tidak lagi mendukung nomor telepon Google Voice. Jika sebelumnya Anda berhasil membuat akun dengan nomor Google Voice, Anda harus membuat akun WhatsApp baru.

Masalah Potensial Lainnya

WhatsApp tidak berfungsi dengan baik dengan Jaringan Proxy Virtual (VPN) atau layanan proxy lainnya. Jika menggunakan VPN, Anda harus menonaktifkan dan mengujinya lagi.

Ada Apa dengan WhatsApp?

WhatsApp membuat banyak orang tetap terhubung di seluruh dunia. Kehilangan koneksi itu bisa sangat memusingkan, tetapi dengan daftar metode ini, menghubungi kembali kontak WhatsApp Anda akan menjadi mudah.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan WhatsApp? Jika demikian, bagaimana Anda memperbaikinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.