Windows 11 Sedang Menguji Widget Desktop

Windows XP dan Windows Vista keduanya mendukung penambahan “gadget” ke desktop, seperti jam atau kalender. Sepertinya fungsi tersebut mungkin akan kembali untuk Windows 11.

Microsoft mulai meluncurkan Windows 11 Insider Preview Build 25120 kepada penguji di Saluran Dev, yang menyertakan fitur baru yang menarik: kemampuan untuk menambahkan widget interaktif ke desktop. Perusahaan mengatakan dalam sebuah posting blog, “Windows Insider yang menggunakan Dev Channel dapat mencoba ide-ide baru, fitur utama yang lebih panjang, dan pengalaman yang dimaksudkan untuk membantu memvalidasi konsep. Dimulai dengan pembuatan pratinjau ini, beberapa Orang Dalam akan melihat salah satu fitur konseptual ini saat kami mulai menjelajahi mengekspos konten interaktif ringan di desktop Windows.”

Satu-satunya widget desktop yang tersedia untuk pengujian saat ini adalah bilah pencarian web, mirip dengan Google Penelusuran bar tersedia di sebagian besar perangkat Android. Bisa ditebak, pencarian selalu membuka hasil di Microsoft Edge, bahkan jika browser default Anda disetel ke sesuatu yang lain. Klasik Microsoft.

Windows 11 sudah memiliki widget, tetapi widget hanya dapat diakses dari panel khusus yang dapat diakses dari bilah tugas — Anda tidak dapat menyimpannya di desktop, bilah tugas, atau di mana pun sehingga selalu terlihat. Microsoft juga tidak mengizinkan widget yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Sementara itu, Android telah menawarkan dukungan widget yang kuat selama lebih dari satu dekade, dan Apple membawanya ke iPhone dan iPad dengan iOS 14. Widget dapat diakses di Mac melalui Pusat Pemberitahuan, dan banyak distribusi Linux memiliki beberapa versi fitur.

Gadgets di Windows 7

Microsoft juga pernah bereksperimen dengan widget desktop interaktif. Windows Vista memperkenalkan Gadget Desktop, tetapi telah dihapus di Windows 8 karena berisiko keamanan. Banyak layanan dan kerangka kerja widget pihak ketiga juga telah tersedia selama bertahun-tahun, seperti Google Gadgets.

Tidak jelas kapan (atau jika) fungsi ini akan diluncurkan ke semua orang yang menggunakan Windows 11. Microsoft mengatakan dalam posting blog bahwa ini hanyalah sebuah bereksperimen untuk saat ini, dan perusahaan akan mendengarkan umpan balik untuk perubahan di masa mendatang.

Sumber: Windows Blog

Itulah berita seputar Gadget Kembali: Windows 11 Sedang Menguji Widget Desktop, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.