Yang Baru di Chrome 102, Tiba Hari Ini

Tepat sesuai jadwal, rilis Chrome baru siap menyapa dunia. Chrome 102 menyertakan lebih banyak penyempurnaan untuk aplikasi web, pintasan keyboard baru untuk tab, dan informasi berguna tentang toko online baru. Itu tiba pada 24 Mei 2022.

Memesan Ulang Tab Dengan Pintasan Keyboard

Pintasan keyboard Chrome adalah cara yang bagus untuk mempercepat navigasi web Anda. Chrome 102 menambahkan beberapa pintasan baru ke flip. Sekarang Anda dapat mengatur ulang tab tanpa menyentuh mouse.

Untuk memindahkan tab, tekan Ctrl+Shift dan Page Up atau Page Down tergantung ke arah mana Anda ingin memindahkan tab saat ini. Bergantung pada keyboard Anda, Anda mungkin juga perlu menggunakan tombol Fungsi untuk menggunakan Page Up atau Page Down.

Aplikasi Web Dapat Membuka File

Salah satu fokus utama Google adalah membuat aplikasi web terasa lebih seperti aplikasi asli . Hampir setiap rilis menyertakan beberapa fitur untuk mencapai tujuan ini. Chrome 102 sekarang memungkinkan aplikasi web untuk membuka file tertentu.

Kami tidak berbicara tentang dapat membuka file dari dalam aplikasi web. Aplikasi web dapat menyatakan bahwa mereka dapat membuka file tertentu, kemudian mereka dapat muncul sebagai opsi di menu “Buka Dengan”.

Navigasi yang Lebih Baik Untuk Aplikasi Web

Melanjutkan pekerjaan pada aplikasi web, Chrome 102 menyertakan API baru yang mempermudah untuk menavigasi dalam aplikasi web. API Navigasi memungkinkan transisi antar halaman dengan lebih lancar tanpa memuat ulang seluruh halaman.

Informasi Tentang Toko Baru

Google sedang menguji fitur yang dapat mendeteksi saat Anda mengunjungi toko web yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya dan memberi Anda akses ke informasi tentang hal itu. Saat Anda mengunjungi toko, sedikit pemberitahuan menanyakan apakah Anda ingin melihat ulasan untuk toko.

Fitur ini masih dalam pengujian awal tetapi akan tersedia di Chrome 102 di beberapa titik melalui chrome://flags/#page- info-tentang-situs ini flag.

Kontrol Presentasi Lebih Baik

Semua orang tampaknya melakukan lebih banyak rapat video untuk bekerja akhir-akhir ini dan Chrome 102 terus mencoba meningkatkan pengalaman itu. Sebuah fitur baru memungkinkan Anda untuk mengontrol presentasi dari tab terpisah.

Idenya adalah kontrol untuk presentasi dapat ditampilkan di tab tempat rapat video berlangsung. Presentasi dapat diletakkan di tab terpisah, memungkinkan Anda untuk berbagi tab tersebut dengan rapat, tetapi tetap berada di tab rapat untuk melihat orang-orangnya. Anda dapat menguji fitur ini di situs web demo.

Apa Lagi Yang Baru?

Google sekarang merilis setiap versi Chrome setiap empat minggu, yang berarti fitur heboh besar tidak sesering itu. Masih banyak yang terjadi di bawah permukaan. Anda dapat membaca tentang banyak dari perubahan ini di situs developer Google serta di blog Chromium. Kami akan menyoroti beberapa perubahan di sini:

Chrome 102 terus menyempurnakan kontrol jendela untuk aplikasi web. Status jaringan sekarang dipartisi oleh kunci partisi jaringan untuk melindungi dari pelacakan lintas situs melalui saluran samping. Nilai baru yang belum ditemukan untuk hidden atribut membuat elemen dapat ditelusuri dengan find-in-page, scroll ke fragmen teks, dan navigasi fragmen. Chrome 102 berisi tiga perubahan pada API Konfirmasi Pembayaran Aman.Situs web tidak dapat lagi memanggil PaymentRequest.show()  tanpa aktivasi pengguna.Cara Perbarui Google Chrome

Chrome akan menginstal pembaruan secara otomatis di perangkat Anda jika tersedia. Untuk segera memeriksa dan memasang pembaruan yang tersedia, klik ikon menu tiga titik dan klik Bantuan > Tentang Google Chrome.

Itulah berita seputar Yang Baru di Chrome 102, Tiba Hari Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.