Yang Baru di Mozilla Thunderbird 102

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mozilla Thunderbird sedang bangkit sekarang, dipersenjatai dengan tim pengembang yang diperluas dan rencana untuk mengambil alih dunia email (termasuk Android). Yang pertama dari beberapa pembaruan yang direncanakan, Thunderbird 102, akan mulai diluncurkan.

Thunderbird 102 bukanlah perbaikan total yang mungkin ditunggu oleh beberapa penggemar — “UI yang sepenuhnya dimodernisasi” dijadwalkan untuk Thunderbird 114 tahun depan. Namun, pembaruan ini merupakan langkah ke arah yang benar, dengan beberapa penyesuaian desain dan fitur baru.

Perubahan terpenting kali ini adalah buku alamat yang diperbarui, yang kini memiliki desain yang lebih bersih dan lebih banyak opsi bidang. Itu masih dapat dioperasikan dengan format vCard, jadi mengimpor dan mengekspor kontak Anda dari aplikasi lain menjadi mudah. Sama seperti sebelumnya, itu juga akan menampilkan kontak dari akun yang disinkronkan, seperti Gmail.

Thunderbird 102 juga memperkenalkan Spaces Toolbar, kolom baru di sisi kiri dengan tombol akses cepat untuk email, kontak, kalender, dan fungsi lainnya. Tombol-tombol itu sudah dapat diakses di sisi kanan atas bilah tab, tetapi sekarang dipindahkan ke sisi kiri untuk mencerminkan Outlook dan aplikasi email lainnya. Anda juga dapat menyembunyikan bilah alat, yang kemudian menampilkan tombol tarik-turun di sisi kiri bilah tab dengan semua opsi yang sama.

Pembaruan Thunderbird yang baru juga mengubah pengelolaan akun dan data. Hub penyiapan akun telah diubah, jadi lebih mudah untuk memulai dengan akun email atau obrolan baru segera setelah Anda menginstal aplikasi. Ada juga alat Impor/Ekspor baru yang ada di dalam Thunderbird, yang dapat membantu Anda memindahkan data dari Outlook, SeaMonkey, atau penginstalan Thunderbird lainnya.

Karena Thunderbird pada dasarnya adalah aplikasi email, ada beberapa perubahan dalam menulis email. Menempelkan tautan di jendela penulisan sekarang dapat secara opsional menghasilkan kartu pratinjau, seperti yang muncul untuk tautan di Telegram, Discord, Twitter, dan banyak layanan komunikasi lainnya.

Jika Anda tidak ingin mengacaukan pesan, Anda dapat menonaktifkannya atau hapus setelah muncul. Mozilla juga telah memperbarui bilah header pesan, dengan ukuran font yang lebih besar untuk judul dan tombol yang lebih ringkas.

Ada banyak perubahan dan perbaikan bug lainnya, termasuk dukungan untuk beberapa kamus ejaan sekaligus saat menulis email, ikon yang lebih bersih untuk tab , navigasi keyboard di halaman Addon, melakukan perbaikan untuk Linux, meningkatkan dialog di Mac, dan banyak lagi.

Cara Memperbarui Thunderbird

Tim Thunderbird mengatakan bahwa versi 102 akan mulai diluncurkan “pada sore hari, Waktu Standar Timur” pada 28 Juni. Mendukung Windows 7 atau lebih baru, macOS 10.2 atau lebih baru, dan sebagian besar distribusi Linux yang memiliki GTK+ 3.14 atau lebih tinggi.

Anda dapat memeriksa pembaruan di Thunderbird dengan mengeklik tombol menu tiga tombol utama, lalu menavigasi ke Bantuan > Tentang Thunderbird. Jika ada pembaruan yang tersedia, itu akan mulai mengunduh. Thunderbird juga secara berkala memeriksa pembaruan di latar belakang, dan versi baru akan tersedia untuk diunduh dari thunderbird.net setelah mulai diluncurkan ke pengguna yang ada.

Jika Anda tidak sabar, Anda juga dapat menginstal Thunderbird Beta, yang sudah aktif versi 102 dan akan segera beralih ke versi berikutnya. Rilis beta tidak stabil, tetapi Anda dapat menggunakan Thunderbird Beta bersama aplikasi normal.

Sumber: Catatan Rilis Thunderbird, Blog Thunderbird, Thunderbird (Twitter)

Itulah berita seputar Yang Baru di Mozilla Thunderbird 102, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.