Apakah Ponsel Anda Memiliki 5G? Inilah Cara Mencari Tahu

Untuk memeriksa dukungan 5G di iPhone Anda, buka Pengaturan > Data Seluler > Opsi Data Seluler > Suara & Data. Jika Anda melihat 5G sebagai salah satu opsi, maka ponsel Anda adalah 5G. Demikian pula, pengguna Android dapat menavigasi ke Pengaturan > Jaringan & Internet > SIM > Jenis Jaringan Pilihan untuk mencari tahu tentang dukungan 5G.

Dengan 5G sering digambarkan sebagai pengubah permainan dalam teknologi seluler, Anda mungkin bertanya-tanya: apakah ponsel saya 5G? Anda dapat mengetahuinya dalam beberapa langkah sederhana.

Apa Itu 5G?

5G, penerus 4G, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang digunakan oleh operator di seluruh dunia. Itu datang dengan janji kecepatan data yang lebih cepat, bandwidth yang lebih besar, dan pengurangan latensi daripada jaringan sel generasi sebelumnya. Jadi, jika Anda menggunakan 5G di ponsel, Anda dapat mengunduh konten lebih cepat, streaming film definisi tinggi dan TV tanpa buffering, bermain video game online tanpa masalah konektivitas, dan melakukan lebih banyak lagi.

Tetapi seperti teknologi besar lainnya, ini memerlukan perangkat keras baru. Operator sedang meningkatkan perangkat keras mereka untuk menghadirkan jaringan 5G, dan sebagai konsumen, Anda memerlukan ponsel yang kompatibel dengan 5G untuk menikmati manfaatnya. Setiap ponsel yang kompatibel dengan 5G memiliki perangkat keras khusus, seperti modem seluler terbaru yang dapat terhubung ke jaringan 5G. Jadi, bagaimana Anda memeriksa apakah Anda memiliki ponsel 5G?

Bagaimana Saya Tahu jika Ponsel Saya 5G?

Pada Maret 2023, hampir semua ponsel kelas atas dan menengah baru yang diluncurkan dapat menggunakan jaringan 5G. Dan hal yang sama juga berlaku untuk beberapa ponsel murah. Tetapi jika Anda tidak yakin apakah ponsel Anda 5G, cukup mudah untuk memeriksanya.

Namun ingat, selain memiliki perangkat keras 5G, ponsel harus disertifikasi agar berfungsi di jaringan 5G operator. Jadi, jika ponsel 5G Anda tidak disertifikasi untuk berfungsi pada operator Anda, sertifikasi tersebut diperlukan, yang sering kali menyertai pembaruan perangkat lunak untuk mengaktifkan dukungan operator. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menggunakan 5G pada operator Anda.

Apakah iPhone 5G Saya Kompatibel?

Apple telah menyertakan perangkat keras 5G di setiap iPhone yang dikirimkan sejak seri iPhone 12, termasuk iPhone SE (generasi ke-3). Jadi, jika Anda memiliki seri iPhone 12 atau yang lebih baru, ponsel Anda kompatibel dengan 5G. Jajaran iPhone Apple yang relatif sederhana memudahkan untuk mengetahui apakah iPhone Anda kompatibel dengan 5G . Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak sesederhana memiliki perangkat keras 5G di ponsel; Anda juga memerlukan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung operator Anda.

Untuk memeriksa apakah iPhone Anda dapat bekerja dengan jaringan 5G operator Anda, buka aplikasi “Pengaturan” dan navigasikan ke Data Seluler > Opsi Data Seluler > Suara & Data. Jika Anda melihat opsi “5G Otomatis” atau “5G Aktif”, iPhone Anda dapat berfungsi dengan jaringan 5G operator Anda. Namun jika hanya opsi LTE atau 3G yang dicantumkan, iPhone Anda tidak akan berfungsi dengan jaringan 5G operator seluler Anda.

Jika Anda memiliki iPhone seri 12 atau iPhone yang lebih baru, tetapi tidak ada 5G di halaman “Suara & Data” untuk operator seluler, Anda harus menunggu Apple memperbarui iOS untuk menyertakan dukungan yang diperlukan untuk operator seluler Anda.

Untuk memeriksa kompatibilitas 5G pada ponsel Android mirip dengan iPhone, tetapi mengingat sifat handset Android yang beragam, opsi dan lokasinya di perangkat lunak ponsel dapat berbeda bergantung pada produsen perangkat Anda.

Jadi, jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat mengonfirmasi apakah ponsel Anda 4G atau 5G dengan membuka aplikasi “Pengaturan” dan menavigasi ke Jaringan & internet > SIM > Jenis Jaringan Pilihan. Jika Anda menemukan 5G terdaftar sebagai salah satu opsi, berarti ponsel Anda mendukung 5G. Jika tidak, lihat apakah Anda memiliki daftar 4G atau LTE; kehadiran mereka akan menunjukkan dukungan untuk 4G.

Namun, jika Anda tidak melihat opsi 5G di ponsel Anda meskipun dipasarkan sebagai ponsel 5G oleh pabrikan, saat ini ponsel tersebut tidak disertifikasi untuk mendukung 5G di operator Anda. Anda harus menunggu pabrikan ponsel merilis pembaruan perangkat lunak yang menambahkan dukungan yang diperlukan, atau mungkin ponsel Anda mendukung beberapa pita 5G, tetapi bukan yang digunakan oleh operator seluler Anda.

Cara lain untuk mengonfirmasi dukungan 5G di ponsel Android Anda adalah untuk memeriksa spesifikasinya di situs web pabrikan. Tetapi ini hanya akan memberi tahu Anda apakah ponsel Anda memiliki perangkat keras 5G atau tidak. Untuk kompatibilitas khusus operator, metode yang disebutkan sebelumnya adalah cara terbaik. datang untuk menikmati kecepatan data 5G dan manfaat lainnya. Anda juga memerlukan jangkauan jaringan 5G di lokasi Anda. Pada tahun 2023, jaringan 5G masih digunakan di AS, jadi tidak setiap kota memiliki jangkauan 5G yang luas. Tetapi operator secara bertahap meluncurkan jaringan 5G, sehingga tempat-tempat yang tidak memiliki jangkauan 5G saat ini mungkin akan mendapatkannya dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Jika Anda ingin memeriksa apakah operator Anda menawarkan 5G di wilayah Anda, cara terbaik adalah dengan hubungi mereka secara langsung. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan mereka atau meminta perwakilan di toko mereka. Atau, Anda dapat memeriksa peta jangkauan jaringan yang tersedia di situs web mereka. Ketiga operator utama di AS—AT&T, T-Mobile, dan Verizon—memungkinkan Anda untuk memeriksa cakupan 5G dan 4G di situs web mereka. Anda bahkan dapat mencari alamat atau kode pos Anda untuk informasi jangkauan.

Disadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized