Cara Melihat CPU Apa yang Ada di PC Anda (dan Seberapa Cepat)

Buka aplikasi Pengaturan di Windows dan klik tab “Tentang” untuk melihat CPU apa yang terpasang di sistem Anda. Anda juga dapat menekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Task Manager dan pergi ke tab “Performance” untuk melihat CPU Anda.

Setiap komputer berisi setidaknya satu prosesor, juga dikenal sebagai CPU atau unit pemrosesan pusat. CPU komputer Anda mungkin dibuat oleh Intel atau AMD. Berikut cara melihat CPU apa yang Anda miliki dan seberapa cepatnya.

Anda tidak memerlukan utilitas informasi sistem untuk menemukan informasi ini. Windows menampilkannya di beberapa tempat berbeda.

Untuk menemukan informasi ini di aplikasi Pengaturan Windows 10 atau Windows 11, navigasikan ke Pengaturan > Sistem > Tentang. Lihat di bawah “Spesifikasi perangkat.” Nama prosesor komputer Anda dan kecepatannya ditampilkan di sebelah kanan “Prosesor.”

Anda dapat menekan Windows+i untuk membuka aplikasi Pengaturan dengan cepat. Anda juga dapat menekan tombol Windows, ketik “Tentang” untuk mencari menu Mulai Anda untuk layar Pengaturan ini, lalu klik pintasan “Tentang PC Ini” yang muncul.

Pengelola Tugas di Windows 10 dan Windows 11 juga menampilkan informasi CPU terperinci . Klik kanan bilah tugas Anda dan pilih “Task Manager” atau tekan Ctrl + Shift + Esc untuk meluncurkannya. Klik tab “Kinerja” dan pilih “CPU.” Nama dan kecepatan CPU komputer Anda muncul di sini. (Jika Anda tidak melihat tab Performance, klik “More Details.”)

Anda juga akan melihat data penggunaan CPU waktu nyata dan detail lainnya, termasuk jumlah inti CPU komputer Anda has.

Windows 7—atau Windows 10—pengguna dapat menemukan informasi ini di Control Panel. Secara khusus, itu ada di panel sistem. Buka Control Panel > System and Security > System untuk membukanya. Anda juga dapat menekan Windows+Pause pada keyboard Anda untuk langsung membuka jendela ini.

Model dan kecepatan CPU komputer Anda ditampilkan di sebelah kanan “Prosesor” di bawah judul Sistem.

Jika Windows tidak ‘t boot pada sistem Anda, Anda masih dapat menemukan informasi ini dalam beberapa cara lain. Dokumentasi komputer Anda kemungkinan mencakup detail spesifikasi sistem seperti ini. Anda juga dapat menemukan informasi ini ditampilkan di layar pengaturan firmware BIOS atau UEFI komputer Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized