Cara membuka dan menggunakan Palet Perintah di Terminal Windows

Jika Anda ingin membuka dan menggunakan Command Palette di Terminal Windows pada komputer Windows 11/10, maka posting ini akan sangat membantu. Sebelumnya, fitur ini hadir di Windows Terminal Preview, tetapi sekarang Anda dapat menggunakan Terminal Windows bersama dengan fitur Command Palette dalam versi stabilnya. Fitur Command Palette ini memungkinkan Anda mengakses dan menggunakan tindakan atau perintah yang dapat dijalankan di dalam Terminal Windows.

Anda dapat menggunakan Command Palette untuk menduplikasi tab, membuka file pengaturan default, memperbesar ukuran font, memindahkan tab ke belakang, membuka Pengaturan, menutup semua tab lain, beralih layar penuh, panel duplikat, dll. Lebih dari 100 tindakan dapat diakses dan digunakan dari Palet Perintah. Sebelum bisa mencoba fitur ini, pastikan Anda menggunakan Terminal Windows versi update.

Cara membuka Command Palette di Terminal Windows

Ada dua cara untuk membuka Command Palette:
Cara tercepat untuk membuka Command Palette adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+ P. tombol pintas. Ini adalah hotkey default yang dapat Anda ubah kapan sajaAnda juga dapat mengklik ikon drop-down di sebelah Buka ikon tab baru (ikon plus), dan pilih opsi Command Palette, seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Ubah hotkey untuk membuka Command Palette

Jika Anda tidak ingin menggunakan hotkey default, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur hotkey khusus untuk Command Palette:
Tekan Ctrl+, untuk membuka tab PengaturanKlik pada Tindakan yang tersedia di bagian kiriGulir ke bawah daftar tindakan yang tersedia untuk mengakses Beralih tindakan palet perintahKlik pada ikon Edit untuk tindakan ituMasukkan kombinasi tombol pintas di kotak yang tersedia menggunakan pengubah yang diterima seperti ctrl+, alt+, shift+, dll.Tekan tombol Terima (centang biru)Tekan tombol Simpan.
Cara menggunakan Palet Perintah di Terminal Windows

Setelah Anda membuka Palet Perintah, ia akan siap melayani Anda. Fitur ini bekerja mirip dengan beberapa perangkat lunak peluncur aplikasi. Anda akan diberikan bilah pencarian atau kotak teks tempat Anda dapat mengetikkan nama perintah atau beberapa huruf dan perintah/tindakan yang cocok akan terlihat oleh Anda di panelnya.

Atau, Anda cukup menggulir ke bawah panel Command Palette untuk melihat daftar semua tindakan yang tersedia. Untuk beberapa tindakan, hotkey terkait juga akan terlihat di panelnya. Setelah Anda mengakses suatu tindakan, tekan tombol Enter, dan tindakan tersebut akan memicu tindakan tersebut.

Related:Tips dan Trik Terminal Windows untuk membuat Anda bekerja seperti Pro.

Gunakan Palet Perintah dengan mode baris Perintah

Fitur Palet Perintah juga mendukung mode baris perintah yang memungkinkan Anda memasukkan atau menjalankan perintah wt yang merupakan fitur yang sangat berguna.

Untuk melakukan ini, hapus > dari bilah pencarian atau kotak teks Palet Perintah dan ketik wt dengan perintah dan parameter yang terkait dengan perintah itu. Misalnya, jika Anda ingin membuat panel jendela split baru secara horizontal dengan profil default, maka perintahnya adalah:
wt split-pane –horizontal
Dengan cara yang sama, Anda dapat menjalankan perintah wt lain yang didukung dari Command Palette. Anda dapat menemukan informasi selengkapnya tentang menggunakan argumen baris perintah di Terminal Windows termasuk perintah (seperti perintah tab Fokus, perintah panel Split, perintah tab baru, dan lainnya), paramen, deskripsi, dll., dari docs.microsoft.com.

Bagaimana cara mengakses Palet Perintah?

Untuk mengakses Palet Perintah di Terminal Windows, Anda dapat menggunakan hotkey default (Ctrl+Shift+P) atau mengklik opsi Palet Perintah yang ada di menu tarik-turun antarmuka Terminal Windows . Opsi untuk mengubah hotkey default untuk membuka Command Palette juga ada. Anda dapat membaca posting ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Command Palette.

Bagaimana cara membuka jendela Command dari Terminal?

Ada beberapa cara untuk membuka jendela Command Prompt menggunakan Terminal Windows. Misalnya, Anda dapat:
Menggunakan tombol pintas Ctrl+Shift+2 default. Ini hanya akan berfungsi ketika pengikatan kunci ini ada di Terminal WindowsGunakan ikon tarik-turun yang ada di sebelah ikon + di bagian atas Terminal Windows dan pilih opsi Prompt Perintah. pengaturan ke default.

Uncategorized