Cara Memperbaiki Tombol Panah Tidak Berfungsi di Excel

Menggunakan tombol panah untuk mengerjakan lembar kerja Excel Anda memfasilitasi navigasi sel yang lebih mudah, dan ini adalah cara terbaik untuk menyorot dan meneliti data Anda. Meskipun mouse Anda dapat digunakan untuk bergerak di sekitar sel, tidak memiliki opsi untuk menggunakan tombol panah juga bisa membuat frustasi.

Jika tombol panah Anda tidak berfungsi di Excel, ada beberapa alasan untuk ini dan memperbaiki masalah mungkin lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Baca terus untuk mengetahui beberapa kiat pemecahan masalah yang mudah-mudahan akan membuat tombol panah Anda kembali berfungsi seperti yang diharapkan.

Tombol Panah Tidak Berfungsi di Excel di Laptop

Berikut beberapa kiat agar tombol panah berfungsi lagi di spreadsheet Excel Anda melalui laptop:

Periksa Apakah Scroll Lock Diaktifkan

Salah satu alasan umum tombol panah berhenti bekerja adalah karena tombol “Scroll Lock” diaktifkan. Periksa keyboard Anda untuk melihat apakah lampu menyala untuk tombol “Scroll Lock”. Jika aktif, tekan tombol “Scroll Lock” untuk menonaktifkannya, lalu coba gunakan tombol panah di Excel lagi.

Disable Sticky Keys

Opsi perbaikan lainnya adalah menonaktifkan fitur “Sticky Keys”. Meskipun “Tombol Lengket” tidak secara langsung ditautkan ke Excel atau tombol panah laptop Anda, ada baiknya memastikan itu dinonaktifkan untuk melihat apakah itu memperbaikinya. Ikuti langkah-langkah ini untuk masuk ke fitur “Tombol Lengket”:
Luncurkan Panel Kontrol. Pilih “Pusat Kemudahan Akses.” Sekarang pilih “Jadikan keyboard lebih mudah digunakan” atau “Ubah cara kerja keyboard Anda.” Pilih opsi yang mengatakan, “Matikan Sticky Keys,” lalu klik “OK.”
Disable Add-Ins

Add-in bagus untuk mendapatkan lebih banyak dari Excel. Namun, terkadang add-in dapat menyebabkan konflik. Jika Anda telah menginstal add-in, coba nonaktifkan untuk melihat apakah itu membuat tombol panah berfungsi kembali. Untuk menonaktifkan add-in Excel Anda, lakukan hal berikut:
Buka “Excel.” Di bagian atas, pilih menu “File”, lalu pilih “Opsi” dari bilah sisi kiri. Pilih “Add-in” dari bilah sisi kiri untuk melihat pengaturan add-in. Pilih “Excel Add-in” melalui menu dropdown, lalu “Go.” Batalkan pilihan semua add-in, lalu klik “OK.”
Arrow Keys Not Working in Excel pada Mac

Jika tombol panah Anda menolak untuk bekerja saat menggunakan Excel di Mac Anda, coba kiat pemecahan masalah berikut:

Periksa Apakah Scroll Lock Diaktifkan

Salah satu alasan paling umum tombol panah tidak berfungsi adalah karena “Scroll Lock” aktif. “Scroll Lock” dapat diaktifkan secara keliru dan tetap tidak diperhatikan. Berikut adalah beberapa opsi untuk menonaktifkan “Scroll Lock” di Mac:
Tekan tombol “F14” atau “Shift” + “F14”. Atau tekan tombol “Command” + “F14”.
Salah satu kombinasi tombol tersebut harus dinonaktifkan “Scroll Lock.” Anda

Disable Add-Ins

Add-in bagus tetapi terkadang dapat menyebabkan konflik dengan perangkat lunak utama. Jika Anda memiliki add-in yang terinstal di Excel, coba nonaktifkan untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan add-in Anda di Excel:
Luncurkan aplikasi “Excel”. Pilih menu “File”, lalu pilih “Opsi” dari bilah sisi kiri. Pilih “Add-in” untuk melihat pengaturan add-in Anda di dalam sidebar kiri. Pilih “Excel Add-in” dari menu pull-down, lalu pilih “Go.” Batalkan pilihan semua add-in, lalu “OK” untuk mengonfirmasi. Pastikan Anda telah menonaktifkan setiap opsi add-in di menu tarik-turun.
Tombol Panah Tidak Berfungsi di Excel pada PC Windows

Jika tombol panah Anda tidak berfungsi di Excel pada PC Windows, cobalah kiat pemecahan masalah umum ini untuk semoga dapat mengatasi penyebabnya:

Periksa Apakah Kunci Gulir Diaktifkan

Ini adalah alasan paling umum mengapa tombol panah berhenti bekerja. Periksa apakah tombol “Scroll Lock” diaktifkan. Keyboard desktop biasanya memiliki serangkaian lampu di bagian atas untuk menunjukkan tombol gulir, huruf besar, atau kunci angka. Jika “Scroll Lock” aktif, cukup tekan tombol “Scroll Lock” di keyboard Anda untuk mematikannya. Atau jika keyboard Anda tidak memiliki tombol “Scroll Lock”, berikut cara menonaktifkannya menggunakan keyboard di layar:
Buka menu Start dan cari “On-Screen Keyboard,” lalu pilih opsi itu. Di sisi kanan keyboard virtual, Anda akan melihat semua kunci kunci. Temukan kunci berlabel “ScrLk.” Klik di atasnya, dan itu akan menonaktifkan kunci gulir PC Anda jika diaktifkan.
Disable Sticky Keys

Coba nonaktifkan fitur “Sticky Keys”. Meskipun “Tombol Lengket” tidak terkait langsung dengan Excel atau tombol panah, ada baiknya memastikan bahwa itu dinonaktifkan. Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan opsi ini:
Masukkan pencarian untuk “Control Panel” dan buka. Pilih “Ease of Access Center.” Pilih “Jadikan keyboard lebih mudah digunakan” atau “Ubah cara kerja keyboard Anda.” Hapus centang pada “Turn pada opsi Sticky Keys”, lalu klik “OK.”
Disable Add-Ins

Add-in sangat bagus untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak dari Excel; Namun, mereka dapat menyebabkan konflik di kali. Jika Anda mengaktifkan add-in di Excel, ini bisa menjadi alasan mengapa tombol panah tidak berfungsi. Coba nonaktifkan add-in untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah. Begini caranya:
212Luncurkan “Excel.” Klik opsi menu “File” di bagian atas, lalu pilih “Opsi” dari bilah sisi kiri. Pilih “Add-in” dari bilah sisi kiri untuk melihat pengaturan add-in Excel Anda. Pilih “Excel Add-in” dari menu pull-down, lalu pilih “Go.” Hapus semua add-in, lalu pilih “OK.”
Arrow Keys Not Working in Excel (Not Scroll Lock)

Jika tombol panah masih tidak berfungsi bekerja di Excel dan kunci gulir tidak diaktifkan, berikut adalah kiat pemecahan masalah lainnya yang dapat dicoba dari perangkat Anda yang dapat menyelesaikannya.

Keluar dari Mode Entri Rumus

Di Excel, Anda mungkin berada dalam mode entri rumus, yang berarti Anda telah memilih sel di Excel, dan masukkan “=” lalu mulai mengetik fungsi. Jika Anda menekan tombol panah dalam skenario ini, sel yang dipilih dalam rumus akan berubah, tetapi tombol panah tidak akan mengontrol kursor di lembar kerja.

Untuk membuat panah berfungsi kembali, cukup tekan “Enter” lalu “Ctrl-Z ” untuk membatalkan rumus dan keluar dari mode entri.

Unfreeze Columns or Rows Inside the Current View

Jika sel di lembar kerja yang Anda lihat berada di dalam grup baris atau kolom yang dibekukan, mungkin tombol panah terlihat berhenti bekerja . Namun, ini tidak terjadi. Tidak perlu mencairkan panel tersebut. Anda bisa mencoba memperkecil pembesaran untuk mengizinkan penggunaan tombol panah melalui area yang tidak dibekukan pada spreadsheet. di bisa bertentangan dengan Excel. Berikut cara menonaktifkan add-in Excel Anda:
Pilih “File,” “Options,” lalu “Add-in.” Pilih “Excel Add-in” lalu “Go.” Batalkan pilihan semua add-in, lalu pilih “OK.” Jika tombol panah Anda mulai berfungsi kembali, buka daftar add-in dan aktifkan kembali satu per satu untuk mempersempit masalah.
Unprotect the Workbook

Setiap kali Anda meluncurkan lembar kerja atau buku kerja yang dilindungi, Anda tidak akan memiliki opsi untuk memilih sel dengan menggulir melalui mereka menggunakan tombol panah Anda. Oleh karena itu, coba buka proteksi lembar agar tombol panah berfungsi. Anda dapat melindunginya lagi setelah selesai.

Apakah Anda Melakukan Banyak Penghitungan?

Terkadang, Excel perlu beberapa saat untuk memproses jika Anda melakukan beberapa penghitungan secara bersamaan. Anda akan dicegah untuk menavigasi di sekitar spreadsheet menggunakan tombol panah selama waktu itu.

Tombol Panah Tidak Berfungsi: Terpecahkan!

Menggunakan tombol panah di spreadsheet Excel Anda adalah cara yang akurat untuk menavigasi data Anda. Kadang-kadang tombol panah tampaknya tidak berfungsi atau sedang dicegah untuk berfungsi. Untungnya, dalam banyak kasus, Anda hanya perlu menekan tombol untuk menyelesaikan penyebabnya.

Apa yang paling Anda sukai dari Excel? Apakah ada fitur yang menurut Anda akan membantu meningkatkan pengalaman Anda? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Uncategorized