Cara Memutar Suara di 2 Perangkat di Windows

Apakah Anda mencari cara untuk memutar suara di dua perangkat di Windows? Banyak pengguna sering memiliki lebih dari satu perangkat output audio yang terhubung ke komputer mereka. Untungnya, Windows memungkinkan mereka untuk memilih output mana yang akan digunakan.

Jika Anda ingin mendengarkan ketukan lo-fi di tempat kerja menggunakan headphone atau memiliki beberapa perangkat output seperti speaker stereo dan headset gaming, kami siap membantu Anda. Artikel ini menguraikan cara memutar suara di dua perangkat di berbagai versi Windows.

Memutar Suara di 2 Perangkat di Windows 11

Windows 11 memungkinkan Anda memutar suara dari program atau seluruh sistem di perangkat berbeda. Misalnya, Anda dapat mengalokasikan notifikasi Windows ke pengeras suara dan memutar musik melalui headphone. Anda harus mengelola pengaturan untuk memastikan bahwa suara diputar dengan benar.

Berikut adalah berbagai metode untuk mengelola perangkat audio Anda di Windows 11.

Mengubah Output Audio Default di Windows 11

Mengubah output audio default adalah proses yang relatif sederhana. Ikuti langkah selanjutnya untuk mengetahui caranya:
Pastikan perangkat eksternal Anda terhubung ke komputer Anda.Buka “Pengaturan” dan temukan opsi “Sistem.” Klik pada tab “Suara” di bilah sisi kiri. Di “Output” bagian, ketuk “Pilih Tempat Memutar Suara.” Pilih perangkat output yang Anda inginkan.
Mengubah Output Default Per Aplikasi

Windows 11 memungkinkan pengguna untuk mengisolasi perubahan audio dalam menu defaultnya. Jika Anda ingin menggunakan output audio tertentu per aplikasi tertentu, berikut cara melakukannya:
Pastikan perangkat eksternal terhubung. Buka “Sistem” di menu pengaturan. Di bilah sisi kiri, temukan opsi “Suara”. Navigasi ke bagian “Lanjutan”, dan pilih pengaturan “Volume Mixer”. Di bawah “Aplikasi,” pilih aplikasi yang ingin Anda ubah pengaturan defaultnya. Temukan perangkat output yang Anda inginkan di bagian “Perangkat Output.”
Memasangkan Audio Perangkat Keluaran di Windows 11

Jika Anda ingin memasangkan satu set speaker, headphone, atau headset baru ke Windows 11, ini caranya:
Buka “Pengaturan” dan buka opsi “Sistem”. Klik tab “Suara” dan temukan pengaturan “Pasangkan saran keluaran baru”. Tekan “Tambah perangkat.” Klik opsi “Bluetooth”. Pilih tab “Speaker nirkabel”.
Mengatur Perangkat Keluaran Suara Default Menggunakan Xbox Game Bar

Xbox Game Bar adalah built- dalam, hamparan permainan yang dapat disesuaikan yang memberi Anda akses ke alat tangkap permainan dan kontrol audio. Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari cara mengatur perangkat output suara default untuk Game Bar:
Luncurkan aplikasi Xbox Game Bar. Di jendela “Audio”, buka tab “Mix”. Klik menu tarik-turun “Windows Default Output” .Pilih headphone atau speaker Anda.
Perhatikan bahwa perubahan yang diterapkan di Xbox Game Bar akan berlaku di seluruh sistem.

Memutar Suara di 2 Perangkat di Windows 10

Ada beberapa cara untuk memutar suara di dua perangkat di Windows 10. metode menggunakan pengaturan bawaan sistem, tetapi yang satu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang opsi Anda.

Mengaktifkan Aplikasi Stereo Mix

Aplikasi Stereo Mix tersedia untuk sebagian besar pengguna Windows 10, tetapi sayangnya, aplikasi ini biasanya dinonaktifkan secara default. Sebelum mengubah pengaturan, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa itu diaktifkan.
Klik kanan pada ikon “Speaker” di baki sistem.Pilih “Suara.”Buka tab “Rekaman”.Klik kanan di ruang kosong jendela yang kosong. .Pilih “Show Disabled Devices.”
Sekarang, Anda seharusnya dapat melihat opsi “Stereo Mix”. Ini akan muncul di bagian untuk perangkat perekaman. Aktifkan aplikasi dengan cara klik kanan padanya dan klik “Enable.”

Menggunakan Dua Perangkat dengan Aplikasi Stereo Mix
Dari tab “Stereo Mix”, klik opsi “Properties” untuk membuka menu “Stereo Mix Properties”. Pilih menu “Listen tab ” dan jendela “Suara”. Nyalakan ulang komputer Anda.
Windows kemudian akan secara otomatis memutar audio dari perangkat audio utama Anda dan yang Anda pilih dari menu tarik-turun “Putar ulang pada perangkat ini”.

Memutar Suara Dari Aplikasi Tertentu

Jika Anda ingin memilih output audio untuk perangkat lunak tertentu, ikuti langkah-langkah ini:
Klik kanan ikon “Speaker” di baki sistem.Pilih opsi “Buka Pengaturan Suara”. Ketuk opsi “Volume Aplikasi dan Pengaturan Perangkat”. Klik drop “Output” -menu bawah untuk memilih perangkat pemutaran yang terhubung.
Switching Perangkat Output Audio Menggunakan SoundSwitch

Jika dua opsi sebelumnya tidak tepat untuk Anda, Anda dapat mencoba aplikasi SoundSwitch. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui caranya:
Unduh SoundSwitch dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi. Luncurkan aplikasi dengan menekan ikon di baki sistem atau menggunakan pintasan default “Ctrl + Alt + F11”. Buka “Pengaturan.” Pilih perangkat audio yang ingin Anda pilih untuk diputar.Tutup jendela.
Putar Suara di 2 Perangkat di Windows 7

Windows 7 tidak memiliki pengaturan yang sama dengan Windows 10 dan Windows 11, jadi memutar suara di dua perangkat di Windows 7 bisa menjadi tantangan. Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi perekaman Stereo Mix untuk menyesuaikan output audio Anda.
Klik ikon “Suara” di bilah tugas, lalu pilih opsi “Perangkat Pemutaran”. Pilih “Perangkat Audio Demonstrator” dan atur sebagai “Default ” device.Klik tab “Recording” dan pilih opsi “Stereo Mix”. Pastikan bahwa “Show Disabled Devices” dan “Show Disconnected Devices” dicentang. Klik pada opsi “Stereo Mix” lagi dan pilih tab “Properties” .Pada tab “Listen”, centang “Listen to This device.” Pilih perangkat audio yang Anda inginkan di bagian pop-up.
Gunakan SoundSwitch di Windows 7

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba SoundSwitch aplikasi. Aplikasi manajemen pemutaran perangkat sumber terbuka yang sederhana memungkinkan pengguna untuk beralih di antara sumber audio dengan antarmuka yang sederhana. Begini caranya:
Unduh “SoundSwitch” dan instal aplikasi.Buka aplikasi melalui ikon baki sistem atau pintasan default “Ctrl + Alt + F11”. Pilih perangkat audio yang ingin Anda gunakan untuk pemutaran.
Dapatkah Anda Mendengarnya?

Mengalihkan audio ke dua perangkat di Windows mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi ini relatif sederhana setelah Anda tahu di mana mencarinya. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan, baik menu audio default atau aplikasi Stereo Mix. Namun, jika Anda ingin menyederhanakan prosesnya, menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SoundSwitch mungkin lebih baik.

Sudahkah Anda mencoba salah satu metode dari artikel ini? Pernahkah Anda memutar suara di dua perangkat di komputer Windows Anda? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.