Colorado menerima pembayaran pajak dalam kripto: Apakah hanya masalah waktu?

Gubernur Colorado, Jared Polis, mengumumkan pada bulan Februari bahwa pemerintah negara bagian berencana untuk mengizinkan penduduk membayar pajak dalam mata uang kripto pada awal musim panas 2022. Bagi beberapa ahli, langkah tersebut melegitimasi kelas aset kripto dan diharapkan datang pada waktunya.

Dalam sebuah wawancara, Polis mengatakan pemegang crypto di Colorado dapat memiliki opsi untuk mengirim pembayaran pajak dalam mata uang digital, dengan negara mengubah dana kembali menjadi fiat segera setelah pembayaran diterima melalui perantara yang tidak disebutkan namanya.
Colorado sudah menjadi pemimpin dalam Crypto dengan Kepala Arsitek Blockchain pertama kami di negara ini, menjadi tuan rumah ETHEnver dan hackathon blockchain lainnya. Sangat menyenangkan untuk duduk bersama CNBC untuk membahas inisiatif yang diambil Colorado terhadap cryptocurrency. pic.twitter.com/p5WtlF2E0r
— Gubernur Jared Polis (@GovofCO) 17 Februari 2022
Polis menambahkan bahwa setelah peluncuran musim panas ini, negara dapat menerima pembayaran cryptocurrency untuk hal-hal “sesederhana SIM atau lisensi berburu” dalam beberapa bulan. Gubernur mengatakan pada saat itu dia “sama sekali tidak” khawatir tentang potensi volatilitas cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC), mengingat negara tidak berencana untuk menahan koin untuk waktu yang lama.

Tak lama setelah menjabat pada tahun 2019, Polis menandatangani dokumen Colorado Digital Token Act menjadi undang-undang, yang bertujuan untuk mengecualikan token dengan “tujuan utama konsumtif” dari beberapa peraturan sekuritas. Gubernur juga mengatakan bahwa Senator Negara Bagian Chris Hansen sedang mengerjakan RUU yang akan “memungkinkan token digital yang dibuat negara digunakan untuk tujuan cadangan negara.”

Berbicara kepada Cointelegraph, Senator Hansen mengatakan RUU itu “memperkenalkan keamanan ekstra, menghemat biaya, mendiversifikasi kumpulan investor, dan potensi untuk menurunkan suku bunga yang dibayarkan oleh negara.” Hansen berkata:
“Kita perlu memastikan bahwa setiap Colorado dapat berpartisipasi secara adil dan mendapat manfaat dari investasi di negara bagian kita. Dengan memperluas di luar investor institusi dan bank komersial, kami mengundang jutaan warga Colorado untuk berbagi dalam pembiayaan aset modal baru.”
Senator menyatakan bahwa dia menantikan untuk melihat bagaimana negara akan membantu “masyarakat pulih dari pandemi, meningkatkan kualitas mereka kehidupan, dan mengatasi ketidaksetaraan yang membuat orang-orang biasa tidak sepenuhnya makmur dari ekonomi kita.”

Uang sebagai representasi dari hutang

Money pada awalnya dibuat sebagai representasi fisik dari hutang, menurut antropolog seperti mendiang David Graeber. Pemerintah, Graeber menunjukkan, menggunakan uang untuk menstandardisasi pembayaran kewajiban anak dan memfasilitasi pemeliharaan pekerja mereka.

Berbicara kepada Cointelegraph, Brian Pasfield, chief technology officer di Fringe Finance — platform pinjaman terdesentralisasi — mengutip pekerjaan Graeber untuk menyarankan cryptocurrency sedang dilegitimasi oleh gerakan seperti Colorado. Pasfield berkata:
“Melihat pemerintah mengakui cryptocurrency sebagai media pembayaran pajak yang layak berbicara panjang lebar tentang perubahan pola pikir dalam cara kita melihat mata uang ini.”
Pasfield menambahkan bahwa menerima crypto untuk pembayaran pajak akan “pasti akan menyebabkan pemerintah harus mengelola dan menahan mata uang ini dalam Perbendaharaan mereka,” yang dapat membantu mengurangi volatilitas aset kripto yang dikenal.

Dia menambahkan bahwa jika pemerintah federal besar seperti itu di Amerika Serikat ingin menyelesaikan regulasi mata uang kripto, itu akan menjadi langkah logis untuk itu. untuk “menerima [cryptocurrency] sebagai bentuk sah dari salah satu teknologi sosial tertua: uang.”

Russel Starr, CEO di DeFi Technologies — sebuah perusahaan teknologi dengan produk untuk berinvestasi dalam keuangan terdesentralisasi — mengatakan kepada Cointelegraph bahwa dia yakin perbendaharaan pemerintah harus dalam mata uang dalam mata uang yang digunakannya untuk membayar layanan, artinya jika akan membayar karyawan dalam dolar, pendapatan kripto-nya e harus dikonversi ke dolar.

Namun, Starr mengatakan bahwa entitas mana pun harus “memiliki kepemilikan investasi yang terdiversifikasi,” yang harus “benar-benar mencakup mata uang kripto dan produk keuangan terdesentralisasi lainnya.”

Per CEO, “potensi pertumbuhan mata uang kripto akan membuatnya menarik aset dalam portofolio yang diseimbangkan dengan cermat, terutama di Mile High State.” Potensi pertumbuhan ini juga dapat berarti bahwa pemerintah yang menerima cryptocurrency untuk pembayaran pajak sudah lama datang.

Adopsi pemerintah “hanya masalah waktu”

Pada bulan Februari, Senator Negara Bagian California Sydney Kamlage memperkenalkan undang-undang yang akan mengubah kode negara bagian untuk menerima cryptocurrency untuk pembayaran sipil tertentu.

RUU mengusulkan pemberian wewenang kepada lembaga negara untuk “menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran untuk penyediaan layanan pemerintah.” Kembali pada tahun 2018, Ohio menjadi negara bagian AS pertama yang menerima Bitcoin untuk pajak tetapi membatalkan program pembayaran pajak kripto pada tahun 2019, mengutip masalah hukum.
Gedung Capitol Negara Bagian Colorado dan lahan sekitarnya.
Jaideep Singh, salah satu pendiri dan CEO perusahaan mesin pajak kecerdasan buatan FlyFin, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa cryptocurrency perlahan-lahan diatur. Per Singh, peraturan crypto dimulai dengan pelaporan transaksi crypto untuk pelapor pajak AS sebelum lembaga pemerintah beralih ke pelacakan transaksi cryptocurrency.

Melacak transaksi cryptocurrency mengurangi anonimitas mereka dan “melanjutkan tren yang akan kita lihat selama beberapa tahun ke depan” yang melibatkan lebih banyak transparansi, pelacakan teknologi dan peningkatan persyaratan peraturan untuk crypto:
“Adalah tanggung jawab pemerintah untuk memastikan bahwa warganya tidak ditipu, aktivitas kriminal dibatasi, dan pajak tidak dielakkan. Jadi, perkembangan baru yang terjadi di Colorado ini hanya masalah waktu.”
Singh melihat AS memimpin dunia dalam hal penerimaan cryptocurrency, dengan negara-negara lain mengikuti, karena “kita hampir pasti akan melihat adopsi blockchain dan cryptos lainnya oleh bank sentral.”

Ben Weiss, chief operating officer di operator ATM Bitcoin CoinFlip, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa dia yakin langkah Colorado akan “kemungkinan akan menciptakan reaksi berantai, dengan negara bagian lain di negara itu mengikuti – terutama jika peluncuran berjalan sesuai rencana.” Bagi Weiss, ini bisa menjadi “langkah besar menuju konsumen yang mengakui kripto sebagai bentuk mata uang yang sah.”

Weiss menambahkan bahwa langkah tersebut dapat lebih meningkatkan kasus penggunaan kripto di antara layanan pemerintah:
“Kemajuan ini juga dapat mendorong transaksi kripto untuk diterapkan di tempat-tempat lain di seluruh negara bagian, seperti di DMV lokal [departemen kendaraan bermotor]. Ini adalah peluang besar bagi Colorado untuk membangun reputasinya sebagai pusat teknologi dan menandai tempatnya di garis depan revolusi digital.”
Weiss mengatakan bahwa negara bagian AS dapat mempertimbangkan untuk memegang aset kripto karena potensi mereka untuk dihargai, karena uang ekstra yang diperoleh melalui itu dapat “dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan, membersihkan taman, dan membantu membiayai daerah-daerah lain yang kekurangan dana dari pemerintah daerah.”

Berbicara kepada Cointelegraph, Patrick White, salah satu pendiri dan CEO pajak aset kripto dan penyedia perangkat lunak akuntansi Bitwave, mengatakan dia suka melihat negara bagian seperti Colorado dan California bergerak untuk menerima crypto untuk pajak tetapi “bukan karena alasan yang mungkin dipikirkan orang.”

White menambahkan bahwa bekerja dengan aset crypto membutuhkan “memori otot; itu membutuhkan pemahaman bagaimana on-ramp dan off-ramp, belajar melakukan pajak dan akuntansi, mencari tahu perwalian, dan banyak lagi.” Dia menambahkan:
“Ini adalah langkah besar bagi industri di mana banyak negara bagian harus benar-benar memahami kripto, membuat aturan seputar penetapan harga aset digital untuk tujuan pajak nyata, dan banyak lagi.”
Weiss berharap pemerintah federal AS berada di urutan berikutnya dan pemerintah itu badan akhirnya menyimpan “beberapa aset di neraca alih-alih hanya menjualnya langsung.”

Bahkan jika pemerintah tidak menyimpan aset kripto di neraca mereka, permintaan untuk cryptocurrency yang mereka terima sebagai pembayaran bisa melonjak. Salah satu cara permintaan mata uang fiat dipertahankan adalah melalui penggunaannya dalam pembayaran pajak: Orang perlu memegang fiat sehingga mereka dapat memenuhi kewajiban pajak mereka pada akhir bulan atau tahun.

Jika cryptocurrency akan digunakan untuk membayar pajak, kebutuhan memegang mata uang fiat sangat terpengaruh, terlebih lagi karena membayar barang dan jasa dengan kripto menjadi semakin mudah dengan penggunaan kartu debit kripto.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

Uncategorized