Hemat Waktu di Microsoft PowerPoint dengan Membuat Tema Anda Sendiri

Menggunakan Varian pada tab Desain, Anda dapat membuat tema PowerPoint dengan gaya Anda sendiri. Simpan tema dan gunakan kembali untuk presentasi mendatang untuk membangun merek Anda dengan penampilan yang konsisten.

Apakah Anda sering mengubah elemen kosmetik presentasi Microsoft PowerPoint Anda untuk mendapatkan tampilan yang konsisten? Daripada mengubah setiap elemen pada slide satu per satu, Anda dapat menghemat waktu dengan membuat dan menerapkan tema Anda sendiri.

Apa Itu Tema di PowerPoint?

Berbeda dari template (yang menyertakan tata letak slide), tema PowerPoint adalah kumpulan warna, font , dan latar belakang. Koleksi disimpan di PowerPoint sehingga Anda dapat mengambil dan menggunakan kembali tema berulang kali di seluruh file PPTX.

Meskipun PowerPoint menawarkan tema siap pakai yang dapat Anda gunakan, Anda juga dapat memuat warna dan font yang sama persis dengan Anda inginkan dengan membuat tema khusus untuk tampilan yang konsisten di seluruh. Apakah Anda ingin warna sekolah atau yang melengkapi logo perusahaan Anda, kami akan menunjukkan cara membuat tema PowerPoint Anda sendiri.

Cara Membuat Tema PowerPoint

Untuk memulai, Anda dapat memilih salah satu tema siap pakai. Jika ada yang memiliki warna atau desain yang ingin Anda gunakan, ini sangat ideal. Namun jika tidak, jangan khawatir karena Anda dapat mengubah setiap elemen tema sesuai keinginan Anda.

Pilih Warnanya

Buka tayangan slide Anda di PowerPoint dan buka tab Desain. Anda dapat menggunakan kotak Tema untuk memilih tema siap pakai sebagai dasar untuk tema kustom Anda jika Anda mau. Jika tidak, pilih panah di kanan bawah kotak Varian.

Pindah ke Warna. Jika Anda ingin memulai dengan skema warna tertentu yang Anda lihat, di samping skema Office default, pilihlah. Pilih “Sesuaikan Warna” di bagian bawah kotak tarik-turun.

Gunakan kotak Buat Warna Tema Baru yang terbuka untuk memilih warna Anda untuk setiap opsi. Anda dapat memilih warna untuk teks dan latar belakang, berbagai aksen, dan hyperlink (diikuti dan tidak diikuti). Saat Anda memilih warna, Anda akan melihat pratinjau di sisi kanan.

Jika Anda ingin menggunakan warna khusus untuk opsi, pilih “Lebih Banyak Warna” di bagian bawah palet. Kemudian, gunakan tab Standar atau Kustom untuk memilih warna. Jika Anda ingin menggunakan kode hex atau pengaturan RGB atau HSL tertentu, gunakan tab Kustom. Klik “OK” untuk menyimpan warna Anda.

Setelah selesai, masukkan judul untuk skema warna yang disesuaikan di kotak Nama di bagian bawah. Kemudian, klik “Simpan.” Jika Anda memutuskan untuk memulai kembali, cukup pilih “Reset” di kiri bawah untuk memulai lagi.

Pilih Font

Selanjutnya, Anda dapat memilih judul dan isi font untuk tema Anda. Pada tab Desain, pilih panah Varian seperti yang Anda lakukan untuk warna. Pindah ke Font dan pilih “Sesuaikan Font” di bagian bawah.

Gunakan kotak Buat Font Tema Baru untuk memilih Font Tajuk dan Font Tubuh di sebelah kiri. Anda akan melihat pratinjau dengan pilihan Anda di sebelah kanan.

Kemudian, beri font kustom atur judul di kotak Nama dan klik “Simpan.”

Pilih Efek

Jika Anda ingin menambahkan serangkaian efek ke tema Anda, selain efek Office default, Anda juga dapat melakukannya. Efek termasuk bayangan, garis, isian, dan pantulan.

Buka menu tarik-turun Varian dan pilih Efek. Kemudian, pilih salah satu dari daftar opsi. Saat ini Anda tidak dapat menyesuaikan efek seperti warna dan font.

Simpan Tema Anda

Setelah semuanya siap untuk tema Anda, saatnya untuk menyimpannya di pengaturan Slide Master. Ini memungkinkan Anda menggunakannya di tayangan slide PowerPoint mendatang serta yang sekarang.

Buka tab Tampilan dan pilih “Slide Master” di bagian Tampilan Master pada pita.

Klik drop Tema -kotak bawah di bagian Edit Tema pada pita. Pilih “Simpan Tema Saat Ini” di bagian bawah daftar.

Anda akan melihat lokasi default sebagai Microsoft > Templat > Tema Dokumen. Beri nama tema di bagian File Name dan konfirmasikan Save As Type as Office Theme. Klik “Simpan.”

Saat Anda kembali ke presentasi, klik “Tutup Tampilan Master” di pita.

Menggunakan Kembali Tema Kustom

Setelah Anda menyimpan tema, Anda dapat menggunakannya di presentasi berikutnya jika Anda mau.

Buka tab Desain dan buka kotak drop-down Tema. Anda akan melihat tema Anda di dekat bagian atas di bagian Kustom. Anda dapat mengarahkan kursor ke atasnya untuk mengonfirmasi nama. Pilih untuk menerapkannya ke presentasi Anda.

Saat Anda membuat tema kustom PowerPoint, Anda dapat memilih warna, font, dan latar belakang yang Anda inginkan. Kemudian, gunakan kembali tema tersebut agar semua presentasi Anda memiliki tampilan yang konsisten.

Untuk selengkapnya, lihat cara menyetel template kustom sebagai default di PowerPoint.

Disadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized