Ingin Foto Smartphone Lebih Baik? Beli Kamera Asli

Kecewa dengan kamera di smartphone Anda? Ingin kinerja cahaya redup, masa pakai baterai, dan kualitas gambar yang lebih baik? Mungkin sudah waktunya untuk berinvestasi dalam pengaturan kamera “nyata”.

Smartphone Dihambat oleh Sensor Kecil

Smartphone adalah perangkat serba guna, yang berarti ruang kosong di dalam ponsel cerdas Anda sangat mahal. Sebagian besar digunakan oleh baterai yang dapat diisi ulang, dengan unit display, system-on-chip, dan komponen inti lainnya menempati sebagian besar ruang yang tersisa. Tidak banyak ruang di dalamnya, yang berarti pengorbanan harus dilakukan.

Inilah mengapa smartphone menggunakan sensor yang relatif kecil. IPhone 14 Pro, misalnya, menggunakan sensor 1/1,28 inci untuk kamera lebar 48 megapikselnya, sensor 1/2,55 inci untuk kamera ultrawide, dan sensor 1/3,5 inci untuk kamera telefoto. Outlier seperti smartphone Lumix DMC-CM1 Panasonic dikirimkan dengan sensor 1 inci (pada tahun 2014), tetapi sebagian besar smartphone termasuk dalam kisaran yang sama dengan iPhone 14 Pro.

Semakin besar sensornya, semakin banyak cahaya yang ditangkap. Sensor kecil adalah alasan banyak smartphone kesulitan dalam kondisi cahaya redup. Munculnya pengaturan “mode malam” yang menggunakan beberapa eksposur dan pembelajaran mesin untuk menyempurnakan foto gelap dapat membantu, tetapi paling cocok untuk bidikan statis dan tidak menangani gerakan dengan baik. Sensor yang lebih kecil juga menangkap lebih sedikit informasi per eksposur dibandingkan dengan sensor yang lebih besar ditemukan pada kamera khusus. Semakin banyak informasi yang dapat Anda tangkap tentang suatu pemandangan, semakin banyak pilihan yang Anda miliki dalam hal mengedit foto Anda. Hal ini terutama berlaku untuk foto RAW, yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti memulihkan detail yang hilang karena bayangan yang hancur atau sorotan yang meledak.

Jika Anda menginginkan performa cahaya redup yang lebih baik dan lebih banyak detail dalam jepretan RAW Anda, pilih kamera dengan 1 -inci, mikro empat pertiga, APS-C, atau sensor full-frame. Kamera all-in-one yang ramah perjalanan seperti Sony RX100 VII menggunakan sensor 1 inci, sedangkan lensa yang dapat diganti dapat ditemukan di kamera lain seperti APS-C Fujifilm X-T5.

Lensa yang Dapat Ditukar Berarti Kemungkinan Tak Terbatas

Smartphone memiliki lebih banyak optik daripada sebelumnya, dengan banyak model yang menampilkan tiga atau empat lensa berbeda di bagian belakang. Ini memungkinkan Anda untuk menangkap rentang panjang fokus menggunakan optik nyata daripada tipuan digital. Dikombinasikan dengan sensor megapiksel tinggi, beberapa kamera menawarkan tingkat zoom yang mengesankan (dengan mengorbankan ukuran gambar keseluruhan).

Jika Anda menginginkan lebih banyak kemungkinan, Anda pasti menginginkan kamera yang menggunakan lensa yang dapat dipertukarkan. Pilih satu set lensa tajam prima (panjang fokus tetap) dengan apertur lebar, sempurna untuk potret, cahaya redup, dan bokeh membuai. Belilah lensa zoom serba guna yang memberi Anda rentang panjang fokus dan ideal untuk bepergian. Bersenang-senanglah dengan lensa unik seperti fisheye, makro, probe, tilt-shift, atau lensa mainan untuk penampilan yang unik.

Anda bahkan dapat mengadaptasi lensa dari sistem kamera lain selama Anda memiliki adaptor yang sesuai dengan kamera dan lensa. Berikan lensa lama dan antik kehidupan baru dan dapatkan tampilan dan nuansa unik dari lensa tersebut. Anda dapat menggunakan ini dalam mode diam dan video, selama Anda senang dengan pemfokusan manual dan mempelajari seluk beluk untuk mendapatkan hasil maksimal darinya.

Satu-satunya batasan untuk kreativitas Anda adalah ukuran rekening bank Anda. Untungnya, ada pasar barang bekas yang ramai terkait lensa. Anda tidak hanya dapat menghemat uang dengan membeli bekas, tetapi Anda juga dapat memperoleh kembali uang dengan menjual lensa yang tidak Anda inginkan lagi. Lensa memiliki nilai yang lebih baik daripada smartphone!

Kamera Khusus, Baterai Khusus

Ponsel cerdas Anda melakukan segalanya. Ini adalah alat bantu komunikasi, browser web saku, perangkat pembayaran, pemutar media, penyelenggara pribadi, pencatat, navigasi satelit, pelacak aktivitas, pembunuh kebosanan, dan kamera. Daya Anda yang tersedia harus dibagi di antara semua tugas ini, jadi apakah mengherankan jika sebagian besar baterai ponsel cerdas hanya bertahan sehari?

Kamera khusus memiliki baterai khusus, dan sebagian besar dapat ditukar. Itu berarti Anda cukup membeli lebih banyak baterai untuk dibawa jika Anda berencana untuk mengambil banyak foto atau video. Anda tidak akan menghabiskan baterai ponsel cerdas Anda sehingga Anda memiliki banyak daya tersisa untuk yang lainnya.

Ini sangat berguna jika Anda berencana untuk bepergian karena Anda mungkin tidak ingin merawat baterai ponsel cerdas Anda sepanjang perjalanan. Jika Anda suka menghabiskan waktu di luar ruangan dan membutuhkan ponsel cerdas untuk keadaan darurat, Anda akan memiliki lebih banyak sisa baterai jika terjadi sesuatu. Sebagian besar kamera sekarang juga menggunakan pengisian daya USB, yang berarti Anda dapat menggunakan bank daya sebagai pengisi daya cadangan untuk ponsel cerdas dan kamera Anda.NbspAtasi Masalah Penyimpanan Anda

Sebagian besar perangkat unggulan seperti iPhone, rangkaian Galaxy S Samsung, dan perangkat Pixel Google tidak memiliki dukungan untuk penyimpanan yang dapat dilepas. Ini mungkin bukan masalah dibandingkan sebelumnya dengan solusi berbasis cloud seperti Perpustakaan Foto iCloud dan Foto Google mengambil kelonggaran, tetapi Anda masih memerlukan tempat untuk menyimpan foto dan video Anda saat unggahan selesai.

Terkadang yang lama cara melakukan sesuatu adalah yang terbaik, itulah yang membuat kartu memori yang dapat ditukar sangat berguna. Harga memori flash telah turun secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, jadi Anda sekarang dapat membeli kartu memori UHS-II 128GB (seperti Lexar Professional 1667x) dengan harga kurang dari $40.

Jika Anda kesulitan saat bepergian atau sangat membutuhkan lebih banyak penyimpanan saat bepergian, Anda cukup membeli kartu lain dan lanjutkan.

Dapatkan Kontrol Lebih Baik atas Foto Anda

Kamera mirrorless dan SLR digital mungkin tampak sedikit menakutkan untuk memulai, tetapi ini adalah alat canggih yang memungkinkan Anda mengontrol fotografi Anda dengan cara yang tidak dapat ditandingi ponsel cerdas.

Anda bisa memanipulasi kecepatan rana untuk mengambil eksposur lama, untuk memburamkan subjek yang bergerak seperti air, lampu, atau lalu lintas. Prioritaskan aperture untuk membidik “terbuka lebar” untuk depth of field yang dangkal, untuk tampilan yang lembut dan menerawang. Alternatifnya, atur kecepatan rana rendah untuk menekankan keburaman gerakan atau kecepatan rana tinggi untuk menangkap subjek yang bergerak cepat (seperti satwa liar) dengan sangat detail.

Memanipulasi pengaturan ini lebih mudah menggunakan segudang kontrol yang tersedia pada kamera khusus. Ada roda untuk beralih antar mode dengan cepat, tombol untuk mengatur keseimbangan putih atau mengalihkan mode fokus, dan tombol untuk mengubah apertur atau kecepatan rana. Gunakan cincin fokus pada lensa Anda untuk memfokuskan atau memperbesar secara manual dengan presisi.

Memang benar bahwa aplikasi untuk iPhone dan Android memungkinkan kontrol manual, tetapi antarmuka layar sentuh jauh dari ideal (terutama dalam situasi yang memerlukan adaptasi cepat), pemfokusan manual menggunakan layar sentuh bisa jadi menyedihkan, dan pengaturan sering terkubur di dalam menu yang memerlukan beberapa ketukan dan tangan yang mantap untuk mengaksesnya. Menyetel aplikasi seperti ini sebagai kamera default memerlukan solusi peretasan (setidaknya di iPhone) dan agak mengalahkan titik fotografi ponsel cerdas point-and-shoot sederhana. NbspAksesori Kamera Anda Bagaimanapun Anda Suka

Ada banyak aksesori yang berfungsi pada keduanya khusus kamera dan ponsel cerdas, termasuk tripod (termasuk tripod kamera favorit kami), sistem dudukan, mikrofon, gimbal penstabil, dan housing tahan cuaca. Namun ada juga aksesori yang hanya dapat Anda manfaatkan dengan sistem kamera yang “tepat”. $28,95 Hemat 31%

Ambil speedlight (atau unit flash) misalnya. Ini disinkronkan dengan rana kamera Anda untuk menyala baik saat dipasang ke kamera atau ditempatkan dari jarak jauh untuk kontrol penuh atas pencahayaan. Mereka berguna di studio, di lapangan saat mengambil potret, atau dapat digunakan sebagai lampu pengisi dalam kondisi terang untuk menghilangkan bayangan kasar. Tambahkan diffuser dan gel warna atau bereksperimenlah dengan memantulkan cahaya untuk menciptakan hasil yang unik namun dapat diulang. Filter

Lens adalah alat berguna lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk membatasi atau mewarnai cahaya yang masuk ke lensa sehingga Anda dapat memperoleh hasil yang unik dalam segala kondisi. Misalnya, jika Anda berada di lingkungan yang terang benderang tetapi Anda ingin membidik “terbuka lebar” untuk mendapatkan latar belakang buram yang lembut, filter dapat mencegah kamera membiarkan terlalu banyak cahaya masuk dan menghilangkan eksposur.

Lulusan filter densitas netral adalah alat berharga untuk fotografi lanskap. Mereka memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan tingkat cahaya langit dengan pencahayaan lanskap yang dikurangi sehingga Anda dapat menangkap detail sebanyak mungkin dalam satu eksposur. Ini mencegah Anda kehilangan detail bayangan di lanskap atau detail awan di langit. Anda juga dapat menggunakan bracketing eksposur untuk mencapai hasil yang serupa, tetapi ini mengharuskan Anda menggabungkan eksposur setelah pemotretan.

Filter lain memungkinkan Anda menghilangkan cahaya terpolarisasi (untuk kontras yang lebih baik dan mengurangi silau), menambahkan efek bintang ke cahaya terang, mengubah bentuk bokeh dalam pemandangan Anda, dan warnai pemandangan tersebut. Ada beberapa filter untuk iPhone, seperti Sistem Filter Magnetik iPhone, tetapi ini bergantung pada penggunaan kasing tertentu. Ada juga sejumlah besar aksesori untuk membantu mengatasi bobot tambahan menggunakan kamera khusus. Ini termasuk dudukan kamera untuk melampirkan peralatan Anda ke orang Anda ke tas untuk membawa banyak atau sangat sedikit perlengkapan.

Kamera Ponsel Cerdas Hanya Dapat Meningkatkan Banyak

Banyak kekurangan yang disorot di atas belum tentu “diperbaiki” dengan cara apa pun, bahkan lima tahun mulai sekarang. Ukuran sensor harus tetap kecil, meskipun kualitas sensor pasti akan meningkat. Penyempurnaan di masa mendatang untuk kinerja cahaya redup dan kualitas gambar secara keseluruhan akan sangat bergantung pada pemrosesan gambar yang lebih baik. Lensa yang dapat dipertukarkan yang tepat tidak akan membuat percikan dalam waktu dekat di luar variasi clip-on. Meskipun menyenangkan, ini tidak bisa dibandingkan dengan lensa mirrorless terbaik atau lensa SLR digital terbaik. Ini telah dicoba sebelumnya dan ternyata sebagian besar pemilik smartphone tidak tertarik. Lensa yang menonjol di bagian belakang ponsel cerdas Anda tidak banyak membantu untuk dibawa di saku, apalagi tahan air dan tahan debu.

Anda tidak akan dapat memisahkan baterai kamera dari baterai ponsel cerdas dalam waktu dekat, meskipun perangkat keras yang lebih efisien akan membantu dalam beberapa hal . Diperlukan terobosan nyata dalam teknologi baterai untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel cerdas secara berarti, dan hingga hal itu terjadi, harapkan peningkatan bertahap karena ukuran cetakan menyusut dan komponen menjadi lebih efisien. gambar yang mendapat manfaat dari sistem-on-chip yang lebih kuat, dan kualitas video yang lebih baik, terutama dalam hal HDR dan stabilisasi dalam kamera. Ini adalah perkembangan yang menarik tentunya, tetapi belum menjadi akhir zaman untuk kamera khusus (yang akan membawa peningkatan serupa di atas manfaat bawaannya).

Tidak Semua Orang Membutuhkan Kamera Khusus

Sebagian besar dari kita mengambil sebagian besar foto dan video di ponsel cerdas kami karena suatu alasan. Mereka nyaman, kualitasnya cukup baik, dan memiliki memori untuk dilihat kembali (di lokasi yang mudah ditemukan) lebih penting daripada mengarsipkan sesuatu dengan kualitas sempurna.

Tidak ada salahnya melakukan ini, bahkan jika Anda memilikinya sensor dan kaca senilai beberapa ribu dolar. Masa depan fotografi sangat bergantung pada smartphone, tetapi masih ada lagi yang bisa didapat jika Anda kurang beruntung.

Jika Anda ingin menjadikan fotografi lebih sebagai hobi, ingin lebih mengontrol hasil, atau sekadar muak berbagi masa pakai baterai dan penyimpanan dengan ponsel cerdas Anda, pertimbangkan kamera mirrorless atau digital SLR. Kami memiliki rekomendasi untuk mirrorless terbaik dan kamera SLR digital terbaik jika Anda bingung harus mulai dari mana.

Disadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized