Suatu fungsi logika atau operasi logika yang dimaksud dalam aljabar Boolean adalah suatu kombinasi variable biner seperti misalnya pada masukan dan keluaran dari suatu rangkaian digital yang dapat ditunjukkan bahwa di dalam aljabar Boolean semua hubungan logika antara variable variable biner dapat dijelaskan oleh tiga operasi logika dasar yaitu :
– Operasi NOT (negation)
– Operasi AND (conjuction)
– Operasi OR (disconjuction

Operasi operasi tersebut dijelaskan dalam tiga bentuk yaitu :
1. Tabel fungsi (tablel kebenaran) yang menunjukkan keadaan semua variabel masukan dan keluaran untuk setiap kemungkinan.
2. Simbol rangkaian untuk menjelaskan rangkaian digital.
3. Persamaan fungsi.

Operasi logika NOT
Fungsi NOT adalah membalik sebuah variable biner, misalnya jika masukannya adalah 0 maka keluarannya adalah 1. Gambar berikut memperlihatkan 3 macam bentuk penggambaran fungsi operasi NOT.

Operasi logika AND
Operasi AND menghubungkan paling sedikit dua masukan variable dan dapat lebih variabel masukannnya mulai x0, x1 sampai xn dan satu variabel keluaran y. Variabel keluaran akan berlogika 1 hanya jika semua masukannya x0, x1 sampai xn dalam keadaan 1.

Gambar berikut Menggambarkan 3 macam penggambaran fungsi operasi logika AND.

Operasi logika OR
Operasi OR juga menghubungkan paling sedikit dua masukan variable dan dapat lebih variabel masukannnya mulai x0, x1 sampai xn dan satu variabel keluaran y.
Variabel keluaran akan berlogika 0 hanya jika semua masukannya x0, x1
sampai xn dalam keadaan 0.

Gambar berikut Menggambarkan 3 macam penggambaran fungsi operasi
logika OR.