Cara Menghapus Jaringan Dari MetaMask

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Dompet cryptocurrency MetaMask memungkinkan Anda untuk menambahkan jaringan khusus yang kompatibel dengan Ethereum. Namun apa yang terjadi ketika Anda tidak lagi membutuhkan beberapa jaringan yang telah Anda tambahkan?

Kabar baiknya adalah Anda dapat menghapusnya dalam hitungan detik. Baca terus untuk mengetahui cara menghapus jaringan dari MetaMask dan mendapatkan jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang topik tersebut.

Cara Menghapus Jaringan Dari MetaMask di PC

Anda dapat menggunakan MetaMask di browser Anda dengan bantuan ekstensi. Untuk menghapus jaringan pada antarmuka ini, lakukan hal berikut:
Instal ekstensi browser MetaMask dari Toko Web Chrome.Klik ikon MetaMask di bilah alat ekstensi dan buka kunci akun Anda.Tekan bilah pilihan jaringan di bagian atas jendela untuk membuka daftar jaringan. Arahkan kursor ke jaringan yang ingin Anda hapus. Ikon “X” akan muncul di sebelah nama jaringan.Klik “X” dan konfirmasikan pilihan Anda di popup.
Cara lain untuk menghapus jaringan yang tidak lagi Anda perlukan adalah melalui settings.
Buka MetaMask dengan mengklik ikon di toolbar ekstensi Anda .Tekan ikon akun Anda di sudut kanan atas.Pilih “Pengaturan,” lalu “Jaringan.”Klik jaringan yang ingin Anda hapus.Tekan tombol “Hapus” di bagian bawah dan lagi di popup.
Jaringan akan hilang dari Anda list segera.

Cara Menghapus Jaringan Dari MetaMask di iPhone

Anda juga dapat menghapus jaringan dari MetaMask menggunakan iPhone.
Buka aplikasi MetaMask iOS dan masuk. Ketuk menu hamburger di sudut kiri atas dan temukan pengaturan Anda. Pilih “Jaringan” untuk melihat daftar jaringan yang Anda tambahkan.Tekan dan tahan jaringan yang ingin Anda hapus.Ketuk “Hapus” di popup.
Cara Menghapus Jaringan Dari MetaMask di Android

Hapus jaringan dari MetaMask di perangkat Android Anda dengan cara ini:
Luncurkan MetaMask Aplikasi Android dan masuk. Tekan ikon hamburger di sudut kiri atas layar beranda. Ketuk “Pengaturan” dan kemudian “Jaringan.” Tekan lama jaringan yang ingin Anda hapus. Konfirmasikan pilihan Anda, dan jaringan akan dihapus dari daftar Anda.
Cara Menghapus Jaringan Dari MetaMask di iPad

Anda juga dapat menggunakan aplikasi MetaMask iOS di iPad Anda. Berikut cara menghapus jaringan di platform ini:
Buka aplikasi MetaMask iOS di iPad Anda dan masuk. Ketuk menu hamburger di sudut kiri atas layar Anda. Buka “Pengaturan,” lalu “Jaringan.” Tekan lama tombol jaringan yang ingin Anda hapus. Pilih “Hapus” di popup, dan Anda siap melakukannya.
Cara Menambahkan Jaringan ke MetaMask

Anda mungkin ingin menambahkan jaringan baru ke MetaMask Anda setelah menyingkirkan jaringan yang tidak Anda gunakan. Anda dapat menambahkan jaringan secara langsung melalui Chainlist atau dengan melakukannya secara manual.

Menambahkan Jaringan melalui Chainlist

Untuk menambahkan jaringan melalui Chainlist di PC, pertama-tama Anda harus menghubungkan dompet Anda di situs web.
Pastikan Anda telah membuka ekstensi browser MetaMask Anda. Buka situs Chainlist dan klik “Connect Wallet” di pojok kanan atas. Konfirmasi keputusan Anda di popup.
Setelah terhubung, Anda dapat menelusuri jaringan di Chainlist dan menambahkannya ke MetaMask Anda dengan mengklik tombol “Add Chain”.

Untuk melakukannya ini di ponsel, gunakan fitur browser bawaan MetaMask.
Luncurkan aplikasi MetaMask dan buka menu hamburger.Ketuk “Browser” dan buka situs Chainlist.Hubungkan dompet Anda dengan menekan tombol.Tambahkan jaringan yang Anda inginkan dengan mengetuk “Tambah chain.”
Tambah Jaringan Secara Manual

Anda juga dapat menambahkan jaringan secara manual di PC dan seluler dengan cara berikut:
Buka MetaMask dan masuk ke pengaturan Anda.Pilih pengaturan Jaringan Anda.Klik atau ketuk “Tambah Jaringan.”Isi detail o f jaringan dan simpan perubahannya.
Tanya Jawab Tambahan
Dapatkah saya menghapus jaringan MetaMask apa pun?

Anda dapat menghapus jaringan MetaMask khusus apa pun terlepas dari cara Anda menambahkan jaringan. Namun, Anda tidak dapat menghapus Ethereum Mainnet default atau jaringan uji. Untuk menghapus jaringan uji, sembunyikan dengan menonaktifkannya di Pengaturan Lanjutan Anda. Saya tidak memiliki opsi hapus. Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda mencoba menghapus jaringan MetaMask dengan menggunakan metode yang diuraikan di atas dan mengalami kendala, pastikan jaringan tersebut tidak sedang dipilih. Pilih jaringan lain yang tersedia, dan opsi hapus akan tersedia. Selain itu, ingat bahwa default dan jaringan uji tidak dapat dihapus.

Kelola Jaringan Anda Secara Efisien

MetaMask memudahkan penghapusan jaringan yang tidak digunakan sehingga tidak mengacaukan daftar Anda. Menambahkan jaringan sama sederhananya, terutama menggunakan metode Chainlist. Kelola jaringan Anda dengan mengikuti petunjuk ini dan tetap di atas permainan Anda.

Metode mana untuk menghapus jaringan dari MetaMask yang Anda sukai? Apakah langkah-langkah dalam artikel ini membuat prosesnya lebih mudah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Scroll to Top