Lebih Banyak Kode GLSL Lama Dimusnahkan Dari Mesa 22.2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Bukan hanya kernel Linux yang mengalami pembersihan musim semi, tetapi pengembang Mesa juga cukup sibuk bekerja untuk menghapus beberapa kode lama yang tidak dirawat dengan baik dari komponen driver 3D open-source mereka. Bulan lalu adalah penghapusan besar jalur GLSL lama ke TGSI dengan sekarang driver Mesa di pohon selalu melalui NIR… Dan dalam driver yang kurang dipelihara secara aktif, mengonversi kembali ke TGSI IR untuk konsumsi driver jika tidak secara aktif memiliki ujung belakang NIR. Tapi setidaknya sekarang NIR digunakan di mana-mana dan dapat memanfaatkan optimasi yang lebih umum dan pemeliharaan kode yang lebih baik. Digabungkan akhir pekan ini adalah peningkatan lain untuk Mesa yang membebaskan lebih dari seribu baris kode dan meningkatkan keadaan untuk pengemudi yang lebih tua. Timothy Arceri telah mengalihkan semua driver Mesa untuk hanya menggunakan loop unroller NIR dan pada akhirnya menghapus kode unrolling loop GLSL IR yang lama. Arceri menyimpulkan situasinya sebagai: Kode pembuka gulungan GLSL IR lama diketahui bermasalah dan juga sangat lambat untuk dijalankan. Pada titik ini tampaknya beberapa driver menggunakan keduanya tanpa menyadari masalah yang dapat disebabkan oleh kode lama atau dalam beberapa kasus tidak menggunakan NIR unroller sama sekali tanpa menyadarinya, karena mereka menyebut nir unroller dalam loop optimasi backend mereka tetapi tidak pernah mengatur iterasi batas yang berarti tidak melakukan apa-apa. Permintaan penggabungan yang berumur sebulan mendarat akhir pekan ini dan menghapus 1.903 baris kode sambil menambahkan hanya 129 baris. Ini memengaruhi driver VMware SVGA, Nouveau NV30/NV50/NVC0, Lima untuk grafis Arm Mali awal, dan driver Freedreno serta menghapus kode pembuka loop GLSL IR yang sekarang tidak digunakan dari kode inti Mesa. Kartu grafis lama yang lama dijatuhkan oleh driver vendor resmi mereka terus mengalami peningkatan dengan kode sumber terbuka Mesa 3D.

Pembersihan kode terbaru ini dan lebih banyak lagi pekerjaan fitur akan ditemukan di Mesa 22.2 yang akan dirilis pada bulan Agustus.

Itulah berita seputar Lebih Banyak Kode GLSL Lama Dimusnahkan Dari Mesa 22.2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.