Cara memeriksa generasi prosesor Intel di Windows 11/10

Apakah Anda ingin tahu cara memeriksa generasi prosesor Intel di PC Windows 11/1o Anda? CPU adalah salah satu faktor yang kami pertimbangkan saat membeli komputer karena CPU memberi tahu kami tentang apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh PC. Selain itu, Anda mungkin memerlukan informasi tersebut jika Anda perlu memperbaiki masalah pada komputer Anda untuk memeriksa kompatibilitasnya. Mayoritas CPU komputer berasal dari Intel, tetapi beberapa PC juga menggunakan AMD dan Qualcomm. Anda dapat melihat spesifikasi prosesor Intel yang digunakan komputer Anda langsung di komputer Anda. Artikel ini akan membahas tiga cara untuk memeriksa generasi prosesor Intel di Windows.

Bagaimana cara memeriksa generasi prosesor Intel yang digunakan komputer Anda

Apa pun alasannya, jika Anda ingin memeriksa generasi prosesor Intel, Anda dapat mengetahui generasi prosesor Intel di komputer Windows 11/10 Anda menggunakan Command Prompt, Settings, Task Manager atau freeware:
Manfaatkan Command Prompt untuk menemukan Intel Processor GenerationPeriksa Intel Processor Generation melalui PC PropertiesTemukan Intel Processor Generation melalui Task ManagerMenggunakan perangkat lunak gratis.
Sekarang, bagaimana Anda melakukannya metode? Berikut adalah detail langkah demi langkah tentang cara melakukannya.
1] Manfaatkan Command Prompt untuk menemukan Generasi Prosesor Intel

Anda dapat memeriksa generasi prosesor Intel di komputer Windows dengan menjalankan beberapa perintah di CMD. Begini caranya:
Buka Command Prompt. Ketik wmic dan tekan Enter pada keyboard Anda. Kemudian ketik cpu get name, dan tekan Enter lagi. Perintah tersebut akan memunculkan detail CPU Anda setelah beberapa saat.
Baca: Bagaimana cara mengetahui Merek dan Model Prosesor pada Laptop Windows?
2] Periksa Generasi Prosesor Intel melalui Properti PCWindows 11

Untuk Memeriksa Generasi Prosesor Intel dan detail lainnya di Windows 11:
Buka Pengaturan > SistemKlik Tentang Anda akan melihat spesifikasi Perangkat Anda di sana.Windows 10

Untuk memeriksa generasi prosesor Intel di Windows 10, buka PC Properties:
Cukup buka File Explorer dan klik kanan pada PC Ini.Pada menu tarik-turun yang dihasilkan, tekan Properties. Di bawah Sistem, detail di depan Prosesor adalah detail CPU Anda. Dari sana, Anda dapat memeriksa generasi prosesor Intel Anda.
Baca: CPU tidak berjalan dengan kecepatan atau kapasitas penuh di Windows
3] Temukan Generasi Prosesor Intel melalui Pengelola Tugas

Lainnya Cara yang bisa anda gunakan untuk melihat generasi prosesor Intel di Windows adalah melalui Task Manager:
Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager.Switch ke tab Performa dan tekan opsi CPU. Detail di depan CPU adalah detail prosesor Anda.
Baca: Cari tahu RAM Komputer, Kartu Grafis/Memori Video
4] Menggunakan perangkat lunak gratis
Anda juga dapat menggunakan salah satu dari perangkat lunak gratis berikut  untuk menemukan keluar semua detail perangkat keras:

MiTeC Sistem Informasi X | Sandra Lite | BGInfo | CPU-Z | Informasi Sistem HiBit | Identifikasi Perangkat KerasItu adalah metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa generasi prosesor Intel pada PC Windows. Anda juga dapat dengan mudah mencari prosesor di Kotak Pencarian Windows dan membuka hasilnya untuk melihat generasi CPU Anda. Manfaatkan mana yang cocok untuk Anda.

Apakah Windows 11 mendukung i5 7th gen?

Tidak, Windows 11 tidak mendukung prosesor i5 generasi ke-7 karena tidak termasuk dalam daftar prosesor yang kompatibel dari Microsoft Windows 11. Prosesor minimum yang dapat Anda gunakan dengan Windows 11 adalah Intel generasi ke-8. Jadi yang terbaik adalah mempertimbangkan prosesor lain dari daftar yang kompatibel dan menggunakannya dengan PC Anda.

Mengapa Windows 11 memerlukan CPU generasi ke-8?

Seperti yang ditetapkan oleh Microsoft, Windows 11 membutuhkan minimal CPU Generasi ke-8 karena mendukung dan membuat mudah untuk meningkatkan beberapa fitur keamanan Sistem Operasi. Anda juga dapat menggunakan prosesor generasi yang lebih tinggi, tetapi Windows 11 bekerja dengan prosesor yang lebih rendah. Windows 11 mendukung prosesor Intel i7 Generasi ke-12 terbaru saat ini seperti yang dapat dilihat pada gambar di postingan ini.

Baca: Cara mengetahui Motherboard apa yang Anda miliki.

Scroll to Top