Cara Memperbaiki Folder Yang Terus Mengembalikan Menjadi Hanya Baca

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Opsi “Hanya-baca” adalah fitur yang berharga ketika Anda ingin melindungi folder Anda dari gangguan yang tidak disengaja atau disengaja. Namun, ini bisa membuat frustasi ketika folder terus kembali ke “Hanya-baca” meskipun fitur ini dinonaktifkan. Ini dapat secara signifikan memperlambat pekerjaan Anda atau menghentikan Anda dari menyelesaikan tugas Anda sama sekali.

Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan tentang masalah ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk mempelajari mengapa folder Anda terus kembali ke “Hanya-baca” dan apa yang harus dilakukan.

Cara Memperbaiki Folder Menjadi Hanya Baca

Ketika sebuah folder terus kembali ke “Hanya-baca”, ada beberapa kemungkinan penyebab. Masalahnya mungkin terletak pada salah satu dari berikut ini:
Akun penggunaFolder itu sendiriAplikasi pihak ketigaSistem Windows
Sayangnya, tidak ada cara untuk mendiagnosis masalah dan langsung mencari solusinya. Jadi, kami sarankan untuk mencoba metode ini satu per satu hingga Anda menemukan metode yang sesuai untuk Anda.

Mengakses Folder Menggunakan Akun Administrator

Izin adalah fitur Windows penting yang dapat mengizinkan atau memblokir operasi tertentu. Pengguna dengan izin Admin biasanya memiliki akses tak terbatas, sementara yang lain dibatasi dalam apa yang dapat mereka lakukan.

Periksa izin Anda jika ada lebih dari satu akun di PC Anda. Folder yang dibuat oleh akun administrator tidak dapat diubah oleh akun tamu. Jadi, pastikan untuk masuk menggunakan akun Administrator. Berikut caranya:
Arahkan ke Command Prompt dengan mengetikkan “cmd” di kotak pencarian. Klik kanan Command Prompt dan pilih opsi “Run as administrator”. Ketik perintah berikut: net user administrator / active: yes
Setelah Anda aktif sebagai administrator, coba akses kembali folder tersebut.

Ubah Izin Pengguna

Pengaturan izin terkadang dapat diubah tanpa sepengetahuan Anda, menyebabkan masalah dalam mengakses dan memodifikasi folder tertentu. Untungnya, Anda dapat dengan cepat memberikan izin yang diperlukan kepada diri sendiri, berapa pun jumlah pengguna.

Jika Anda satu-satunya pengguna di PC, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah izin:
Klik dua kali ikon “PC Ini” di desktop Anda.Kanan -klik folder “Local Disk (C :)” dan pilih “Properties” di bagian bawah menu. Buka tab “Security”. Klik tombol “Advanced” di sudut kanan bawah. Ketuk tombol “Change izin”. Pilih pengguna yang izinnya ingin Anda ubah. Tekan tombol “Edit” di sudut kiri bawah. Centang kotak “Kontrol penuh” di bawah “Izin dasar.” Klik “OK” di kanan bawah. ada lebih banyak pengguna di PC, langkah-langkah ini harus melakukan trik:
Klik dua kali ikon “PC Ini” di desktop Anda.Buka folder “Disk Lokal (C :)”. Arahkan ke folder “Pengguna”. Temukan folder pengguna dan klik kanan padanya. Pilih “Properties” dari menu drop-down. Ketuk tab “Security”. Tekan tombol “Advanced” di kanan bawah. Klik tombol “Ena ble warisan” di sudut kiri bawah. Simpan perubahan dengan mengklik tombol “Terapkan” di kanan bawah.
Ubah Atribut Folder

Jika Anda mengalami masalah dalam memodifikasi folder, folder itu sendiri mungkin yang harus disalahkan. Folder yang Anda coba akses mungkin berisi perintah “Hanya baca” di atributnya. Akibatnya, tidak ada pengguna yang dapat membuat perubahan atau menyimpan file baru.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus perintah dari atribut folder:
Ketik “cmd” di bilah pencarian Windows. Ketika Command Prompt muncul di hasil, klik kanan pada ikon dan pilih opsi “Jalankan sebagai administrator”. Hapus atribut “Hanya-baca” folder dengan mengetikkan perintah berikut:attrib -r +s drive:
Nonaktifkan Fitur Akses Folder Terkendali

Terkadang direktori yang Anda coba ubah memiliki fitur Akses Folder Terkendali diaktifkan secara default. Fitur ini menetapkan batasan tindakan yang dapat Anda lakukan di dalam folder.

Untuk menonaktifkan Akses Folder Terkendali, lakukan hal berikut:
Ketik “Keamanan Windows” di bilah pencarian dan klik ikonnya. Pilih “Perlindungan Virus & Ancaman” dari kiri panel.Klik “Kelola Pengaturan.” Arahkan ke bagian “Akses folder terkontrol”. Ketuk opsi “Kelola akses folder Terkendali”. Alihkan opsi “Akses folder terkontrol” ke “Mati.” Mulai ulang PC Anda.
Copot Instalasi Pihak Ketiga Aplikasi Keamanan

Bukan hal yang aneh bagi perangkat lunak anti-virus pihak ketiga atau aplikasi keamanan untuk mengubah pengaturan folder jika mereka menganggapnya sebagai ancaman. Akibatnya, folder dapat terus kembali ke status “Hanya-baca” setiap kali Anda mem-boot PC Anda.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus menghapus aplikasi keamanan pihak ketiga yang tidak dapat diandalkan.
Tekan pintasan “Windows + R” untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik “appwiz.cpl” dan tekan “Enter” untuk membuka daftar “Uninstall a Program”. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus instalasinya. Klik kanan pada aplikasi dan pilih opsi “Uninstall” dari drop -menu bawah.Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.Mulai ulang sistem Anda.
Perbaiki File yang Rusak

File yang rusak dapat menyebabkan folder terus-menerus kembali ke “Hanya-baca”. Untuk memperbaiki file yang rusak dan memulihkan kondisi sistem, Anda dapat menjalankan pemindaian SFC atau DISM di sistem Anda.

An SFC (Pemeriksa File Sistem) memindai memeriksa dan memperbaiki file sistem Windows. Jika pemindaian mendeteksi file yang dimodifikasi atau rusak, maka secara otomatis akan menggantinya dengan versi yang benar.

A DISM (Deployment Image Servicing and Management) pemindaian mendeteksi dan memperbaiki file yang rusak pada citra sistem Windows. Ini adalah alat diagnostik Windows yang paling kuat.

Anda harus melakukan pemindaian ini dari waktu ke waktu, bahkan jika Anda tidak mengalami masalah dengan korupsi.

Untuk menjalankan pemindaian SFC, lakukan hal berikut:
Buka bilah pencarian dan ketik “cmd. ”Klik kanan pada ikon Command Prompt dan klik opsi “Run as administrator”. Ketik perintah berikut: sfc /scannow
Jangan tutup Command Prompt sampai pemindaian selesai. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan salah satu pesan berikut:
Windows Resource Protection tidak menemukan pelanggaran integritas.Windows Resource Protection menemukan file yang rusak dan berhasil memperbaikinya.Windows Resource Protection menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa di antaranya.
Pesan pertama menandakan masalah folder Anda tidak terkait dengan file sistem. Pesan kedua berarti bahwa masalah Anda berpotensi terpecahkan. Buka folder yang diinginkan lagi untuk memeriksa dengan cepat apakah itu masalahnya.

Jika Anda melihat pesan ketiga, saatnya untuk melakukan pemindaian DISM:
Ulangi langkah 1-3.Ketik perintah berikut:Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealthJika pemindaian pertama tidak mengidentifikasi kerusakan apa pun, jalankan pemindaian lebih lanjut dengan mengetikkan perintah berikut:Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Misalkan salah satu pemindaian mengidentifikasi masalah dengan citra sistem. Dalam hal ini, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mengetikkan Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealthcommand.

Setelah pemindaian dan perbaikan selesai, mulai ulang sistem Anda dan jalankan kembali pemindaian SFC. Mudah-mudahan, Anda akan menerima pesan kedua dan memecahkan masalah folder Anda.

Membaca Lebih Sedikit dan Melakukan Lebih Banyak

Membuat folder “Hanya-baca” sangat cocok untuk melindungi integritasnya. Di luar itu, opsi ini hanya dapat mempersulit hidup Anda jika Anda mencoba bekerja menggunakan file di dalam folder itu. Untungnya, Anda dapat mencoba perbaikan sederhana yang diuraikan di atas, dan Anda akan dapat kembali berbisnis dalam waktu singkat.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan atribut Read-only? Bagaimana Anda memperbaikinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.