Cara mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel

Secara default, Excel menggunakan huruf untuk menunjukkan kolom dan angka untuk menunjukkan baris di lembar kerja apa pun. Namun, jika Anda ingin menggunakan angka untuk merujuk ke kolom alih-alih menggunakan A, B, C, D, dll., berikut adalah cara melakukannya. Anda dapat mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel menggunakan Opsi Excel, Editor Registri, dan Editor Kebijakan Grup Lokal.

Apa yang dimaksud dengan gaya referensi R1C1 di Excel?

Setiap spreadsheet Excel memiliki dua hal utama – baris dan kolom. Excel, Google Spreadsheet, dll., menunjukkan kolom menurut abjad, yaitu, A, B, C, D, E, dan seterusnya. Di sisi lain, mereka menunjukkan baris dengan angka, yaitu, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan huruf untuk menentukan kolom dan ingin menggunakan angka, Anda harus mengaktifkan gaya referensi R1C1 – atau gaya referensi Baris 1 Kolom 1.

Cara mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel

Untuk mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel , ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Microsoft Excel di PC Anda.Klik pada Opsi.Beralih ke tab Rumus.Centang kotak gaya referensi R1C1.Klik tombol OK.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda harus buka Microsoft Excel di komputer Anda. Kemudian, klik Opsi yang terlihat di sudut kiri bawah untuk membuka panel Opsi Excel.

Setelah itu, alihkan ke tab Rumus dan buka bagian Bekerja dengan rumus. Di sini Anda dapat menemukan setelan bernama R1C1 reference style.

Anda perlu mencentang kotak ini dan mengklik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Cara mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel menggunakan Kebijakan Grup

Untuk mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel menggunakan Kebijakan Grup, ikuti ini langkah:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan.Ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.Buka Microsoft Excel 2016 > Opsi Excel > Rumus di Konfigurasi Pengguna.Klik dua kali pada setelan gaya referensi R1C1.Pilih opsi Diaktifkan. .Klik tombol OK.
Mari kita lihat lebih lanjut tentang langkah-langkah ini.

Pertama, Anda perlu membuka Editor Kebijakan Grup Lokal di komputer Anda. Untuk itu, tekan Win+R untuk membuka dialog Run, ketik gpedit.msc, dan tekan tombol Enter.

Setelah dibuka di layar Anda, navigasikan ke jalur berikut:
User Configuration > Administrative Templates > Microsoft Excel 2016 > Excel Options > Rumus
Di folder Rumus, Anda dapat menemukan setelan bernama gaya referensi R1C1. Anda perlu mengklik dua kali pada setelan ini dan memilih opsi Diaktifkan.

Kemudian, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Catatan: Jika Anda ingin kembali ke gaya referensi asli, Anda perlu mengklik dua kali pada setelan ini dan pilih opsi Not Configured.

Cara mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel menggunakan Registry

Untuk mengaktifkan gaya referensi R1C1 di Excel menggunakan Registry, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk membuka dialog Run.Ketik regedit dan klik tombol OK.Klik tombol Ya button.Buka Microsoftoffice16.0 di HKCU.Klik kanan pada 16.0 > New > Key dan beri nama sebagai excel.Klik kanan pada excel > New > Key dan beri nama sebagai options.Klik kanan pada options > New > Kunci dan tetapkan namanya sebagai binaryoptions.Klik kanan pada binaryoptions > New > DWORD (32-bit) Value.Tetapkan nama sebagai frefa1_4_1.Mulai ulang komputer Anda.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Untuk memulai, Anda perlu untuk membuka Peninjau Suntingan Registri. Untuk itu, tekan Win+R untuk menampilkan dialog Run, ketik regedit, dan klik tombol OK. Setelah perintah UAC muncul, klik tombol Ya.

Kemudian, navigasikan ke jalur berikut:
HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftoffice16.0
Klik kanan n 16.0 > Baru > Kunci dan beri nama sebagai excel.

Kemudian, Anda perlu ulangi langkah yang sama untuk membuat sub-kunci di bawah tombol excel dan beri nama sebagai opsi. Setelah itu, lakukan hal yang sama dan buat sub-kunci lain bernama binaryoptions.

Setelah kunci binaryoptions siap, klik kanan di atasnya > Baru > Nilai DWORD (32-bit) dan tetapkan namanya sebagai frefa1_4_1.

Secara default, ia datang dengan a Nilai data 0, dan Anda harus menyimpan data Nilai ini untuk mengaktifkan gaya referensi R1C1. Terakhir, mulai ulang komputer Anda untuk menerapkan perubahan.

Catatan: Jika Anda ingin memilih setelan asli, Anda dapat menghapus nilai REG_DWORD. Untuk itu, klik kanan pada frefa1_4_1, pilih opsi Hapus, dan klik tombol Ya.

Baca: Cara menghapus Tabel Pivot di Excel

Bagaimana cara mengaktifkan R1C1 di Excel?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengaktifkan R1C1 di Excel dengan tiga cara berbeda . Anda dapat menggunakan panel Opsi Excel, Editor Kebijakan Grup Lokal, dan Editor Registri. Di panel Opsi Excel, buka tab Rumus dan buka bagian Bekerja dengan rumus. Kemudian, centang kotak R1C1 reference style untuk mengaktifkan pengaturan ini.

Bagaimana Anda mengubah gaya referensi di R1C1?

Untuk mengubah gaya referensi di R1C1 di Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Pertama, buka Editor Kebijakan Grup Lokal dan buka bagian Rumus di Konfigurasi Pengguna. Kemudian, klik dua kali pada setelan gaya referensi R1C1 dan pilih opsi Diaktifkan. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Baca: Cara mendapatkan Nilai Tukar Mata Uang real-time di Excel sheet.