Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pemecahan Masalah di Windows 11/10

Sistem operasi Windows dikirimkan dengan paket pemecahan masalah asli yang dapat Anda jalankan untuk memperbaiki masalah dengan audio, pemutaran video, Pembaruan Windows, koneksi internet, dll. Jika Anda mau, Anda dapat menambahkan/menghapus Pemecah Masalah ke Menu Konteks Desktop untuk akses cepat dan dengan mudah menjalankan utilitas bila diperlukan. Dalam posting ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah tentang cara melihat dan menghapus Riwayat Pemecahan Masalah di Windows 11/10.

Pemecah Masalah terutama disertakan untuk menyelesaikan masalah yang kadang-kadang terjadi di laptop atau komputer kami dan untuk secara otomatis memperbaiki dan menyimpannya riwayatnya jadi jika kesalahan atau masalah yang sama muncul lagi, itu akan diperbaiki secara otomatis oleh pemecah masalah tanpa menghambat kinerja pengguna. Di bawah ini adalah daftar kesalahan pemecahan masalah yang dapat diperbaiki oleh salah satu pemecah masalah ini.
Kesalahan saat menyambung ke internet dan masalah terkait konektivitas lainnya.Kesalahan saat memutar suara/audio atau saat memutar film atau video.Masalah terkait pencetakan.Kesalahan mencegah Windows tidak diperbarui. Masalah Bluetooth dengan menghubungkan PC Anda ke perangkat lain. Masalah koneksi dengan permintaan koneksi masuk karena pengaturan firewall. Masalah adaptor jaringan nirkabel dan lainnya. Masalah dengan pengaturan daya komputer untuk menghemat daya dan memperpanjang masa pakai baterai. Kesalahan kompatibilitas seperti sebagai versi lama dari program yang berjalan pada versi baru Windows. Masalah terkait perekaman suara seperti mikrofon tidak terdeteksi oleh perangkat Anda. Masalah pencarian Windows. Masalah dengan mengirim/menerima file dan folder dengan perangkat lain. Masalah aplikasi Microsoft Store.
Read : Cara menjalankan Troubleshooter di Windows dari perintah line

Cara Melihat dan Menghapus History Troubleshooting di Wind ows 11/10

Pemecah Masalah bawaan di Windows 11/10 secara otomatis mendeteksi dan memecahkan masalah apa pun yang ditemukan pada perangkat Anda. Setiap kali pemecah masalah berjalan di sistem, perangkat menyimpan riwayat Pemecah Masalah. Applet riwayat pemecahan masalah berisi daftar masalah pemecahan masalah yang diselesaikan oleh pemecah masalah pada tanggal dan jam berapa.

Kami akan membahas topik ini di bawah subjudul berikut:
Melihat Riwayat Pemecahan Masalah yang DirekomendasikanMelihat Riwayat dan Detail Pemecahan MasalahHapus/Hapus Riwayat Pemecahan Masalah
Mari kita lihat secara detail .
1] Lihat Riwayat Pemecahan Masalah yang Direkomendasikan
Tergantung pada masalah yang Anda alami pada PC Windows 11/10, Anda mungkin ingin melihat dulu riwayat pemecahan masalah yang disarankan seperti yang disarankan dan sebagai bagian dari pemeliharaan sistem yang secara otomatis berjalan secara berkala di sistem Anda. Pemecahan masalah yang disarankan adalah fitur yang dirancang untuk memperbaiki masalah tertentu pada perangkat secara otomatis saat terdeteksi.

Untuk melihat riwayat pemecah masalah yang Direkomendasikan di Windows 11, lakukan hal berikut:

Tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Setelan. Arahkan ke Sistem >Pemecahan masalah. Klik Riwayat pemecah masalah yang disarankan. Sekarang, riwayat pemecah masalah yang disarankan (jika ada) untuk komputer akan terdaftar. Anda sekarang dapat menjalankan pemecah masalah atau keluar dari aplikasi Pengaturan.
Untuk melihat riwayat pemecahan masalah yang disarankan di Windows 10, lakukan hal berikut:

Tekan Tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Setelan.Buka Pembaruan dan Keamanan.Klik Pemecahan masalah di panel navigasi kiri.Klik tautan Lihat riwayat di panel kanan.Sekarang, riwayat pemecahan masalah yang disarankan (jika ada) untuk komputer akan terdaftar.Anda sekarang dapat menjalankan pemecah masalah atau keluar dari aplikasi Pengaturan.
Baca: Membuat Windows menjalankan Pemecah Masalah secara otomatis saat diperlukan
2] Lihat Riwayat dan Detail Pemecahan Masalah

Setelah Anda menjalankan Pemecahan masalah yang disarankan atau Anda secara manual menjalankan satu atau lebih Pemecah Masalah untuk memperbaiki masalah secara otomatis pada komputer Windows 11/10 Anda, sistem menyimpan catatan atau menyimpan riwayat pemecahan masalah yang dapat Anda tinjau kapan saja untuk memahami masalah apa yang ditangani dan diperbaiki oleh pemecah masalah.

Untuk melihat Riwayat dan Detail Pemecahan Masalah, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run.Dalam kotak dialog Run, ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel. Dari sudut kanan atas jendela, setel opsi Lihat menurut ke Ikon besar atau Ikon kecil. Klik Pemecahan Masalah. Selanjutnya, klik/ketuk tautan Lihat riwayat di sudut kiri atas di Pemecahan Masalah.Jika saat ini Anda masuk sebagai administrator, lalu Anda dapat mengklik/mengetuk tautan Sertakan pemecah masalah yang dijalankan sebagai administrator jika Anda mau. Sekarang, untuk melihat detail pemecah masalah terpilih yang telah Anda jalankan, lakukan eit dari berikut ini: Pilih pemecah masalah yang terdaftar dan klik/ketuk pada Lihat detail pada bilah menu.Klik dua kali/ketuk pada pemecah masalah yang terdaftar.Klik kanan atau tekan dan tahan pada pemecah masalah yang terdaftar dan klik/ketuk pada Lihat detail. Keluar dari Panel Kontrol setelah selesai.
Baca: Cara menemukan dan melihat file log BSOD di Peraga Peristiwa Windows
3] Hapus/Hapus Riwayat Pemecahan Masalah

Riwayat pemecahan masalah tampaknya hanya berupa file log kecil dan tidak memakan terlalu banyak ruang. Namun, ada kasus yang dilaporkan oleh beberapa pengguna PC di mana mereka mendapatkan pesan kesalahan pemeliharaan sistem berikut saat boot atau ketika mereka secara manual menjalankan Pemecah Masalah Pemeliharaan Sistem:

Riwayat pemecahan masalah menghabiskan ruang disk — Tidak diperbaiki

Mengikuti pemberitahuan di atas, aman untuk mengasumsikan bahwa seiring berjalannya waktu Anda menjalankan Pemecah Masalah asli ini, riwayat pemecahan masalah terakumulasi dan menghabiskan ruang penyimpanan yang cukup besar di drive lokal Anda yang pada titik tertentu Anda mungkin ingin menghapus atau menghapus riwayat yang tersimpan ini.

Untuk menghapus/menghapus Riwayat Pemecahan Masalah, lakukan berikut ini:
Navigate to Troubleshooting in Control Panel.Selanjutnya, klik/ketuk tautan Lihat riwayat di sudut kiri atas di Troubleshooting.Jika saat ini Anda masuk sebagai administrator, Anda dapat mengeklik/mengetuk opsi Sertakan pemecah masalah yang dijalankan sebagai tautan administrator jika Anda mau. Sekarang, untuk menghapus pemecah masalah yang dipilih dari riwayat pemecahan masalah, lakukan salah satu dari berikut ini ng: Pilih pemecah masalah yang terdaftar dan klik/ketuk Hapus pada bilah menu. Klik kanan atau tekan dan tahan pada pemecah masalah yang terdaftar dan klik/ketuk Hapus. Untuk menghapus semua riwayat Pemecahan masalah untuk semua pemecah masalah, klik/ketuk pada Hapus riwayat pada bilah menu.Keluar dari Panel Kontrol setelah selesai.
Menggunakan Command Prompt
Untuk menghapus semua Riwayat Pemecahan Masalah Pengguna, termasuk semua riwayat pemecahan masalah dari pemecah masalah yang dijalankan sebagai pengguna saat ini di Prompt Perintah, jalankan perintah di bawah ini:rd /s /q “%LocalAppData %Diagnostics”Untuk menghapus semua Riwayat Pemecahan Masalah Administrator, termasuk semua riwayat pemecahan masalah dari pemecah masalah yang dijalankan sebagai administrator di Prompt Perintah, jalankan perintah di bawah ini pada prompt CMD yang ditinggikan: rd /s /q “%LocalAppData%ElevatedDiagnostics”Keluar dari Windows Terminal ketika selesai.
Baca: Cara menghapus Riwayat Pembaruan Windows di Windows

Itu saja!

Postingan ini mungkin menarik bagi Anda:
Cara melihat dan menghapus Riwayat Aktivitas di WindowsCara menghapus W indows Cari Riwayat dan hapus Aktivitas TerbaruCara menghapus Riwayat Pencarian YouTube di PC
Bagaimana cara memperbaiki Riwayat Pemecahan Masalah yang menghabiskan ruang disk?

Beberapa pengguna PC akan mendapatkan pemberitahuan pemeliharaan sistem ini saat mereka mem-boot komputer Windows 11/10 mereka atau ketika mereka menjalankannya secara manual Pemecah Masalah Pemeliharaan Sistem. Untuk mengatasi riwayat Troubleshooting yang memakan ruang disk, Anda hanya perlu menghapus/menghapus Riwayat Troubleshooting untuk pemecah masalah tertentu atau semua pemecah masalah.

Bagaimana cara melihat Riwayat aktivitas di Windows 11?

Untuk melihat riwayat aktivitas, tergantung pada versi Windows Anda , ikuti langkah-langkah berikut: Di Windows 10, pilih Mulai, lalu pilih Pengaturan > Privasi > Riwayat aktivitas. Di Windows 11, pilih Mulai, lalu pilih Pengaturan > Privasi & keamanan > Riwayat aktivitas.

Baca: Cara menonaktifkan Riwayat Aktivitas secara permanen di Windows

Bagaimana cara memeriksa riwayat masalah di Keamanan dan Pemeliharaan?

Buka Panel Kontrol, klik Sistem dan Keamanan. Pada jendela berikutnya, pilih Keamanan dan Pemeliharaan. Setelah jendela Keamanan dan Pemeliharaan terbuka, perluas konten bagian Pemeliharaan. Klik tautan Lihat riwayat keandalan. Sekarang tunggu laporan Anda dibuat – Anda dapat mengurutkan keandalan komputer menurut Hari atau berdasarkan Minggu.

Scroll to Top