12 Fitur Apple Watch yang Harus Anda Gunakan

Apple Watch hadir sebagai standar dengan banyak fitur yang harus Anda gunakan, termasuk pelacakan olahraga, pemantauan detak jantung, dan banyak lagi.

Apple mengemas banyak fitur menarik dan berguna ke dalam Apple Watch. Baik Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli Apple Watch atau ingin memaksimalkan penggunaan yang sudah Anda miliki, Anda akan menemukan beberapa tips dan trik bermanfaat di sini.

Pelacakan Latihan

Apple Watch dapat melacak berbagai latihan seperti berjalan, berlari, bersepeda, mendayung , menari, latihan interval intensitas tinggi, dan banyak lagi.

Anda dapat melacak latihan menggunakan aplikasi Latihan bawaan di jam tangan Anda, yang akan memberikan umpan balik waktu nyata tentang metrik seperti jarak yang ditempuh, detak jantung Anda saat ini, dan ketinggian yang diperoleh.

watchOS 9 memperkenalkan lebih banyak fitur, seperti pelacakan Zona Detak Jantung, yang memungkinkan Anda mengetahui berapa lama Anda telah menghabiskan waktu di berbagai zona intensitas latihan. Fitur lainnya termasuk tampilan baru untuk memvisualisasikan peningkatan ketinggian dan kemampuan untuk secara otomatis beralih di antara berbagai aktivitas di latihan Multisport.

Data latihan disimpan di aplikasi Kebugaran di iPhone Anda, sementara metrik seperti detak jantung, kecepatan berjalan , dan lainnya direkam di aplikasi Kesehatan. Anda dapat meninjau latihan untuk informasi seperti waktu split, rute, detak jantung rata-rata, peningkatan ketinggian, dan banyak lagi.

Bagi banyak orang, pelacakan olahraga saja merupakan alasan yang cukup baik untuk memiliki Apple Watch. Seiring waktu, Anda akan membuat gambaran mendetail tentang kebugaran Anda dan dapat memvisualisasikan area peningkatan.

Pemantauan Aktivitas

Apple Watch menggunakan Cincin Aktivitas untuk memotivasi Anda agar lebih aktif. Cincin aktivitas ini meliputi:

Move: Mencatat total energi aktif yang Anda bakar untuk hari ituOlahraga: Mencatat menit olahraga berat untuk hari ituBerdiri: Mencatat berapa jam Anda meluangkan waktu untuk berdiri

Cincin ini menggunakan sasaran untuk memotivasi Anda. Misalnya, Anda dapat mengisi cincin Pindah Anda setiap hari untuk mendapatkan garis Pindah. Tetapi jika Anda melewatkan satu hari, Anda harus memulai dari awal lagi. Apple Watch akan menyarankan sasaran Bergerak yang sesuai untuk Anda berdasarkan usia dan tingkat aktivitas Anda, tetapi Anda juga dapat menyesuaikannya secara manual.

Pemantauan aktivitas bekerja dengan baik bersama pelacakan Latihan. Karena latihan pelacakan akan membantu Anda mencapai tujuan Gerakan Anda, tujuan Gerakan yang menantang namun dapat dicapai dapat membantu memotivasi Anda untuk menggunakan aplikasi Latihan untuk melacak olahraga.

Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan berjalan-jalan cepat di sekitar blok hanya untuk memeras dalam beberapa menit Latihan tambahan atau selesaikan Move ring Anda.

Deteksi Jatuh dan Kecelakaan

Fall Detection adalah fitur yang berpotensi menyelamatkan jiwa yang dapat memperingatkan layanan darurat jika arloji Anda mencurigai Anda terjatuh. Anda memerlukan Apple Watch Series 4, SE, atau yang lebih baru untuk menggunakan fitur ini. Anda dapat mengaktifkan Deteksi Jatuh sepanjang waktu atau hanya selama Latihan menggunakan iPhone Anda di bawah Watch > Emergency SOS > Fall Detection.

Fitur ini mendeteksi jatuh yang keras dan kemudian meminta Anda untuk merespons, menawarkan penggeser yang dapat Anda seret ke kanan untuk menelepon help.

Jika jam tangan Anda tidak mendeteksi gerakan apa pun, panggilan akan dilakukan untuk Anda dengan Siri yang memberi tahu responden tentang lokasi Anda dan situasi yang memicu panggilan tersebut. Anda punya waktu untuk membatalkan panggilan jika fitur diaktifkan secara tidak perlu.

Crash Detection adalah fitur di Apple Watch Ultra, Series 8, dan jam tangan SE generasi kedua (ditambah iPhone 14 dan 14 Pro). Ini menggunakan sensor modern yang dapat mendeteksi tingkat kekuatan yang terkait dengan apa yang disebut Apple sebagai kecelakaan mobil “parah”. Fitur ini akan meminta Anda untuk menelepon layanan darurat atau menelepon Anda jika Anda tidak merespons.

Deteksi Kecelakaan diaktifkan secara default pada model Apple Watch yang mendukungnya. Anda dapat mematikannya menggunakan iPhone Anda di bawah Watch > Emergency SOS > Call After Parah Crash, tetapi Anda mungkin harus membiarkannya menyala.

Cepat Temukan iPhone Anda

Geser ke atas di Apple Watch saat tampilan jam ditampilkan untuk membuka Pusat Kontrol, yang menawarkan beberapa pintasan cepat seperti Pusat Kontrol di iPhone atau iPad Anda. Ketuk ikon iPhone untuk mengirim peringatan ke ponsel Anda, menyebabkannya mengeluarkan suara keras.

Ini ideal untuk menemukan iPhone yang salah tempat atau memastikan ponsel cerdas Anda ada di tas saat Anda meninggalkan rumah.

Kompas, Titik Arah, dan Jalur Balik

Apple Watch Seri 5 dan yang lebih baru dilengkapi kompas digital, diakses melalui aplikasi atau tampilan jam Komplikasi. watchOS 9 merombak aplikasi dengan fitur-fitur baru, termasuk kemampuan untuk menjatuhkan titik jalan, menemukan mobil Anda yang diparkir, dan menelusuri kembali langkah Anda dengan fitur Backtrack.

Menempatkan kompas Komplikasi pada tampilan jam memungkinkan Anda mengetahui arah mana yang Anda tuju sekilas. Ini bisa dibilang memiliki kegunaan yang terbatas di dunia di mana GPS dan peta online adalah hal biasa, tetapi masih berguna untuk mengarahkan diri Anda sendiri.

Anda dapat menjatuhkan titik arah menggunakan tombol “Waypoint” di sudut kiri bawah dan bahkan mengatur tampilan jam Komplikasi yang dapat memandu you back.

Backtrack baru untuk watchOS 9 dan bekerja dengan merekam rute Anda sehingga Anda dapat menemukan jalan pulang jika perlu. Fitur ini bisa dibilang paling berguna untuk penjelajah luar ruangan dan dapat diakses dengan cepat dengan menekan dan menahan Tombol Samping (di bawah Digital Crown) lalu menggeser penggeser “Compass Backtrack” ke kanan.

Wajah Jam

Seperti jam tangan pintar lainnya, Apple Watch sangat bagus untuk mendapatkan informasi secara sekilas. Ini tidak hanya berarti membaca pemberitahuan di pergelangan tangan Anda saat masuk, tetapi juga melihat informasi yang berguna bagi Anda setiap kali Anda melirik jam tangan Anda.

Komplikasi berkisar dari suhu saat ini atau indeks UV hingga janji temu Kalender Apple Anda berikutnya. Bahkan ada Komplikasi untuk memberi tahu Anda berapa jam waktu siang yang tersisa hingga matahari terbenam, waktu di belahan dunia lain, atau lagu yang sedang diputar.

Anda dapat menyiapkan Komplikasi wajah Apple Watch dengan mengetuk dan menahan wajah, lalu pilih “Edit” atau gunakan aplikasi jam tangan di iPhone Anda di bawah tab Galeri Wajah. Kami sarankan untuk membuat beberapa tampilan jam sehingga Anda dapat beralih di antaranya.

Komplikasi ini juga berguna untuk menyetel timer, memulai latihan, atau memicu Pintasan. Jika Anda ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin pada satu tampilan jam, coba Infograph atau Modular.

Pemantau Detak Jantung

Semua model Apple Watch menyertakan monitor detak jantung yang melakukan pembacaan sepanjang hari, termasuk saat berolahraga, istirahat, dan tidur. Informasi ini dicatat di app Kesehatan di iPhone Anda dan memberi Anda wawasan tentang metrik seperti detak jantung istirahat dan detak jantung berjalan.

Anda juga dapat melakukan pengukuran waktu nyata menggunakan app Jantung di Apple Watch jika Anda mau. Pemantauan detak jantung yang dipasangkan dengan Zona Detak Jantung di app WatchOS 9 Workouts dapat membantu Anda menargetkan tingkat intensitas latihan tertentu, yang sangat berguna untuk pelari dan atlet triatlon.

Selain itu, Apple Watch Anda dapat memberi Anda detak jantung tinggi dan rendah pemberitahuan, yang dapat menandakan adanya penyakit jantung atau kondisi yang memerlukan perawatan darurat.

Anda dapat mengaktifkan peringatan ini menggunakan iPhone di Jam Tangan > Jantung menggunakan opsi “Detak Jantung Tinggi” dan “Detak Jantung Rendah”.

Mode Fokus Tampilan Jam Beralih

Mode fokus tidak unik untuk Apple Watch. Mereka juga bekerja di iPhone, iPad, dan Mac. Anda dapat menggunakan mode Fokus untuk membantu mengurangi gangguan dan meningkatkan produktivitas.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan Layar Kunci di iPhone serta tampilan jam di Apple Watch. Dengan menautkan tampilan jam ke mode Fokus tertentu, tampilan jam akan berubah sepanjang hari berdasarkan apa pun yang Anda lakukan.

Ini memungkinkan Anda mengubah tampilan jam menjadi wajah yang berfokus pada aktivitas saat di gym, tampilan yang bebas gangguan wajah saat mengemudi, dan sesuatu yang lebih santai saat di rumah.

Pelacakan Siklus

IPhone dan Apple Watch dapat digunakan untuk pelacakan siklus menstruasi dan prediksi masa subur. Anda dapat mengatur ini menggunakan aplikasi Kesehatan di iPhone Anda di bawah opsi Pelacakan Siklus pada tab “Jelajahi”. Fitur ini mengharuskan Anda mencatat gejala, termasuk tanggal mulai dan berakhir, yang dapat Anda lakukan di kedua perangkat.

Menggunakan Apple Watch, secara teori, akan membuat Pelacakan Siklus menjadi lebih akurat. Informasi detak jantung yang disediakan oleh Apple Watch Anda dapat meningkatkan prediksi, dan jika Anda memiliki Apple Watch Series 8 atau yang lebih baru, sensor suhu pergelangan tangan mengukur perubahan suhu basal saat Anda tidur untuk memperbaiki keadaan lebih jauh.

Wallet & Apple Pay

Apple Pay sekarang diterima secara luas dan tersedia melalui sebagian besar bank dan lembaga keuangan besar, memungkinkan Anda melakukan pembayaran tanpa kontak. Setelah Anda mengatur Apple Pay di bawah Watch > Wallet & Apple Pay, Anda dapat melakukan pembelian menggunakan jam tangan Anda.

Setelah Anda siap, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk dua kali Tombol Samping (di bawah Digital Crown) dan arahkan jam tangan Anda melalui terminal pembayaran nirsentuh untuk menyelesaikan transaksi. Kartu loyalitas juga dapat dipindai dengan cara ini.

Jika Anda beruntung, Anda akan tinggal di kota atau negara bagian tempat Anda dapat menyimpan kartu transit dan SIM di Apple Wallet juga.

Pelacakan Tidur

Jika Anda dapat mengenakan Apple Watch dengan nyaman di malam, Anda dapat mengatur Tidur di aplikasi Kesehatan (pilih “Tidur” dari tab “Jelajahi”). Ini akan memberi Anda informasi mendetail tentang kualitas tidur yang Anda dapatkan dan rekomendasi tentang kapan harus bersantai di malam hari untuk meningkatkan peluang tidur yang nyenyak.

Mengenakan jam tangan di tempat tidur bukan untuk semua orang, dan Anda harus melakukannya cari tahu waktu terbaik untuk mengisi daya jam tangan Anda di siang hari daripada hanya membiarkannya di pengisi daya di samping tempat tidur Anda.

Menggunakan Apple Watch, Anda dapat mengatur jadwal tidur yang berbeda tergantung pada hari dalam seminggu, menggunakan Apple Watch sebagai alarm, dan tinjau data menarik tentang berapa lama Anda menghabiskan waktu di setiap fase tidur.

Emergency SOS Alerts

Terakhir, Apple Watch mungkin merupakan cara tercepat untuk meminta bantuan jika Anda berada dalam situasi yang mengancam jiwa. Tekan dan tahan Tombol Samping di Apple Watch Anda hingga hitungan mundur mencapai nol (atau gunakan penggeser “SOS” yang muncul di layar sentuh). Apple Watch Anda akan menghubungi layanan darurat dan membagikan lokasi Anda dengan mereka.

Setelah Anda selesai, kontak darurat apa pun yang Anda pilih di ID Medis Anda akan menerima pesan teks (atau Anda dapat membatalkannya). Kontak juga akan menerima pembaruan saat lokasi Anda berubah untuk waktu yang singkat setelah panggilan darurat SOS.

Jika Anda memiliki Apple Watch Series 5, SE generasi pertama, atau yang lebih baru, panggilan darurat internasional bahkan akan berfungsi di luar negeri di negara dan wilayah yang didukung. Untuk melakukan panggilan SOS Darurat, Anda harus berada dalam jangkauan iPhone atau memiliki model GPS+Seluler Apple Watch.

Tips dan Trik untuk Menggunakan Apple Watch

Jika Anda baru saja menerima perangkat yang dapat dikenakan, lihat panduan pemula Apple Watch kami. Anda juga harus mempelajari cara menggunakan fitur seperti Mode Daya Rendah dan cara memasang aplikasi menggunakan jam tangan secara langsung.

Terakhir, lihat tips dan trik Apple Watch favorit kami yang perlu diketahui semua pemilik jam tangan.

Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top