Cara Membuat GIF Animasi Wallpaper Mac Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

GIF adalah file Format Pertukaran Grafik. File-file ini paling banyak dikenal sebagai gambar animasi yang digunakan sebagai anekdot lucu di media sosial. Tapi ada banyak kegunaan lain juga. Nbsp
Memiliki wallpaper diam yang sama di Mac Anda bisa sangat cepat membosankan. Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menghidupkan layar dan menyetel GIF animasi sebagai wallpaper? Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Mengatur GIF Animasi sebagai Wallpaper di Komputer Mac Anda

Sistem operasi komputer Anda (macOS) tidak memiliki perangkat lunak yang mendukung pengaturan GIF animasi sebagai wallpaper atau screensaver.

Namun, itu tidak bukan berarti Anda tidak dapat menginstal program tambahan yang dapat membantu Anda. Ada banyak program yang dapat Anda temukan online untuk ini, tetapi sebagian besar penuh dengan bug atau tidak berfungsi sama sekali.

Untungnya, kami telah menemukan dua program yang andal dan tersedia untuk perangkat macOS. Program-program ini juga terus diperbarui sehingga pengguna dapat menikmati lebih banyak fitur hampir setiap bulan. Selain itu, keduanya benar-benar gratis.

Mari telusuri keduanya dan biarkan Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.

Sebelum Kita Mulai

Karena tutorial berikut akan menunjukkan cara mengunduh, memasang, dan menggunakan program ini, pastikan Anda memiliki sudah mengunduh GIF animasi.

Anda dapat mencari GIF yang Anda inginkan di situs web seperti GIPHY dan Tenor. Setelah Anda menemukan GIF yang Anda sukai, klik kanan padanya dan pilih Save As.

Ini juga merupakan ide bagus untuk membuat GIF animasi Anda sendiri. Banyak alat online memungkinkan Anda membuat animasi hanya dengan menambahkan gambar Anda. Gif Maker adalah salah satu alat yang dapat Anda gunakan.
GIFPaper

GIFPaper adalah salah satu program pertama yang memungkinkan pengguna menyetel GIF animasi sebagai wallpaper di komputer Mac. Dalam versi awalnya, perangkat lunak GIFPaper tidak dianggap ramah pengguna. Anda perlu menginstal dan mengatur semuanya secara manual, yang memakan waktu cukup lama.

Selain itu, program ini menghabiskan sekitar 15% daya CPU komputer untuk menampilkan GIF animasi. Anda tidak perlu paham teknologi untuk mengetahui bahwa 15% terlalu banyak.

Namun, pengembang telah memperbaiki sebagian besar masalah ini, sehingga GIFPaper yang kami miliki sekarang berjalan dengan cukup baik.

Kami akan mulai dengan menunjukkan cara mengunduh dan instal perangkat lunak ini.

CATATAN: Perlu diingat bahwa animasi selalu menggunakan lebih banyak RAM dan daya CPU daripada format lain. Jadi, apa pun program yang Anda pilih, Anda akan melihat bahwa CPU Anda bekerja dari waktu ke waktu.

Jika CPU Anda tidak sekuat itu atau Anda memiliki komputer Mac lama, Anda harus menghindari menyetel animasi sebagai wallpaper. Animasi kemungkinan besar akan lamban, dan Anda mungkin akan merusak CPU Anda dalam jangka panjang (walaupun itu cukup sulit).

Mengunduh, Menginstal, dan Menggunakan GIFPaper

GIFPaper tidak memiliki situs web resmi. Oleh karena itu, tautan unduhan yang kami berikan kepada Anda dalam artikel ini berasal dari situs web pihak ketiga. Meskipun mengunduh apa pun dari situs web pihak ketiga tidak disarankan untuk alasan keamanan, tautan ini mendapat lampu hijau dari kami. Jika tautan itu berhenti berfungsi, Anda dapat memeriksa alternatifnya.

Klik tautan dan unduh GIFPaper. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menginstal dan menggunakan perangkat lunak ini:
Klik dua kali pada file instalasi bernama GIFPaperPrefs. Jendela popup akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menginstal panel preferensi GifPaperPrefs. Pilih opsi yang Anda inginkan (Instal untuk pengguna ini saja atau Instal untuk semua pengguna komputer ini) dan klik Instal. Instalasi akan selesai dalam beberapa detik. Buka program GIFPaperPrefs yang terinstal. Pilih Telusuri dari layar awalnya dan pilih GIF yang ingin Anda atur. Setelah memilih GIF, Anda dapat menyesuaikan perataan, penskalaan, dan warna latar belakangnya. Jalankan file kedua dari folder tempat Anda mengunduh GIFPaper. Ini disebut GIFPaperAgent.Pilih Buka, dan wallpaper GIF animasi Anda harus disetel.AnimatedGIF

AnimatedGIF adalah program yang dikembangkan untuk Mac OSX/macOS yang memungkinkan pengguna memainkan GIF animasi. Awalnya, program ini berfungsi sebagai screensaver. Dengan pembaruan terbarunya, AnimatedGIF dapat mengatur latar belakang animasi GIF di komputer Mac Anda. Perangkat lunak ini sekarang relatif stabil dan tidak menggunakan banyak RAM atau CPU, tetapi Anda tetap harus berhati-hati karena bervariasi dari satu komputer ke komputer lainnya.

Pertama, Anda perlu mengunduh AnimatedGIF. Anda dapat mengunduh program dari sini.

Seperti yang Anda lihat, program ini diposting di GitHub, di mana Anda bahkan dapat melihat kode sumbernya. Untuk mengunduh AnimatedGIF, klik rilis yang Anda inginkan. Anda harus selalu memilih rilis terbaru (rilis 1.5.3 dalam kasus ini) karena memiliki semua pembaruan terbaru.

Gulir ke bawah ke bagian Aset dan unduh file zip AnimatedGif.saver dan Uninstall_AnimatedGif.app. Anda dapat mengunduh kode sumbernya juga jika Anda mau, tetapi itu tidak perlu. macOS kemudian akan menanyakan apakah Anda ingin menginstal program ini. Klik Install.Pergi ke System Preferences.Pilih Desktop dan Screensaver.Dari sana, pilih AnimatedGIF Screensaver.Klik pada Screen Saver Options.Pilih GIF yang ingin Anda gunakan. Anda juga akan dapat menyesuaikan jumlah pengaturan yang layak dari jendela itu.
Pertanyaan Umum

Tidak selalu mudah untuk memaksa OSX melakukan hal-hal yang tidak dibuat untuk dilakukannya. Namun, selalu ada solusi jika Anda bersedia melakukan pekerjaan itu. Jika kami tidak menjawab semua pertanyaan Anda di atas, baca terus! Jika Anda menemukan GIF yang sempurna di GIPHY, Anda harus mencari cara untuk mengunduhnya.

Untungnya, kami memiliki artikel di sini yang akan mengajarkan cara mengunduh GIF animasi.
Bagaimana cara menghapus GIF animasi?

Jika wallpaper macet di GIF yang tidak lagi Anda sukai, Anda dapat menghapusnya. Ikuti jalur di atas untuk membuka System Preferences dan Desktop dan screen saver Anda. Klik kanan GIF dan klik Hapus di menu dropdown.

Sesuaikan Wallpaper Komputer Mac Anda

GIFPaper dan AnimatedGIF keduanya memungkinkan Anda untuk menyesuaikan wallpaper Mac Anda dengan menyetel GIF animasi daripada gambar latar belakang yang tidak bergerak. Anda sekarang tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk menginstal dan menggunakan program ini. Pilih program yang menurut Anda lebih mudah digunakan dan bersenang-senanglah dengannya.

Perlu disebutkan lagi bahwa GIF dan animasi lainnya menggunakan lebih banyak daya CPU dan RAM, sehingga komputer Anda dapat berjalan lebih lambat.

Manakah dari kedua program ini yang akan Anda gunakan? Apakah Anda sudah memiliki GIF yang sempurna untuk wallpaper baru Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.