Microsoft Mulai Menyediakan DirectX Shader Compiler Linux Binaries

Pada awal 2017 Microsoft membuka-sumber kompiler shader DirectX mereka dan tidak lama kemudian dimungkinkan untuk membangunnya di Linux sementara akhirnya pada minggu ini Microsoft telah mulai menyediakan binari Linux resmi dari kompiler shader mereka.
Dirilis pada hari Sabtu adalah DirectXShaderCompiler v1.7.2212 sebagai rilis kompiler DX “Desember 2022”. Selain sekarang termasuk dukungan penuh HLSL 2021 untuk generasi SPIR-V dan berbagai flag compiler baru, ini menandai pertama kalinya mereka menyertakan binari Linux lengkap sebagai bagian dari rilis.
Catatan rilis menyebutkan:
Binari Linux sekarang disertakan. Ini termasuk kompiler yang dapat dieksekusi, pustaka dinamis, dan pustaka penandatanganan dxil…Untuk pertama kalinya paket ini juga menyertakan versi Linux dari kompiler dengan executable yang sesuai, libdxcompiler.so, header, dan libdxil.so untuk platform x64. Ini tidak ada manfaat nyata bagi pengguna akhir Linux. Seperti yang disebutkan, sudah mungkin untuk mengkompilasi kompiler shader DirectX untuk Linux sementara sekarang mereka menyediakan binari resmi. Sebelum ada yang terlalu bersemangat, ini tidak mendapatkan Direct3D 12 di Linux secara asli, ganti VKD3D-Proton, atau apa pun di sepanjang garis itu – ini hanya kompiler shader DirectX. DirectXShaderCompiler di Linux dapat berguna untuk pengembang dalam kasus konversi SPIR-V untuk shader, mengkompilasi shader HLSL ke DXIL di Linux, digunakan oleh Mesa sebagai bagian dari pekerjaan D3D12 mereka untuk memanfaatkan penggunaan Subsistem Windows untuk Linux (WSL2), dan pengembang serupa jalan untuk interoperabilitas yang lebih baik.

Mereka yang tertarik dapat menemukan rilis DirectX Shader Compiler Microsoft yang baru dengan binari Linux sekarang di belakangnya melalui GitHub.

Itulah berita seputar Microsoft Mulai Menyediakan DirectX Shader Compiler Linux Binaries, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.

Scroll to Top