Inilah Yang Sebenarnya Dilakukan Pengarsipan Obrolan di WhatsApp

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Hampir setiap pengguna Internet seluler memiliki WhatsApp – 1,5 miliar orang dari seluruh penjuru dunia menggunakan aplikasi ini. Popularitasnya semakin meningkat dengan diperkenalkannya fitur lain di antara banyak fitur fantastis – fitur arsip.

Tujuan utama fitur ini adalah, cukup sederhana, untuk memungkinkan Anda menyimpan semua pesan Anda. Selain itu, ini cara yang bagus untuk memastikan tidak ada pihak ketiga yang dapat mengintai utas pribadi Anda.

Anda mungkin telah melihat fitur ini di pengaturan Anda dan menyadarinya, tetapi apakah Anda mengetahui semua opsi dan manfaat yang mereka bawa ? Mari jelajahi.

Langkah Sederhana

Jika Anda masih belum mencoba fitur arsip karena khawatir akan rumit, Anda harus tahu bahwa ini cukup sederhana. Semuanya bermuara hanya pada ikon Arsip. Ini akan muncul di Android setelah Anda mengetuk dan menahan obrolan, dan di iPhone, Anda harus menggesek dari kanan ke kiri di obrolan.

Individu atau Grup

Anda dapat mengarsipkan obrolan individu, serta grup percakapan. Satu-satunya syarat adalah Anda perlu mengarsipkan utas obrolan lengkap, sehingga pengarsipan satu pesan atau file media tertentu di dalam obrolan tidak dimungkinkan.

Anda bahkan dapat mengarsipkan semua obrolan Anda secara bersamaan, mengosongkan seluruh kotak masuk Anda tanpa menghapus apa pun. Di Android, Anda harus mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih secara berurutan: Pengaturan – Obrolan – Riwayat obrolan – Arsipkan semua obrolan. Pada tab Pengaturan di iPhone, Anda harus mengetuk Obrolan, lalu Arsipkan semua obrolan.

Penghilangan yang Dapat Diakses

Sekarang, apa yang terjadi jika Anda mengarsipkan obrolan? Hampir sama dengan fitur ini di Instagram atau Gmail – obrolan akan hilang dari daftar percakapan di jendela utama, tetapi akan tetap dapat diakses sepenuhnya. Anda dapat memeriksa pesan yang diarsipkan dan membatalkan pengarsipan kapan pun Anda mau.

Hanya Tersembunyi

Karena pengarsipan obrolan tidak melakukan hal lain selain menyembunyikannya dari tampilan utama, Anda dapat menerima pesan dari semua obrolan yang diarsipkan. Jika Anda khawatir akan melewatkannya, ketahuilah bahwa Anda akan menerima pemberitahuan atau setiap pesan baru, meskipun Anda telah mengarsipkan obrolan. Setelah pesan tiba, utas percakapan muncul kembali di daftar utama, sehingga tidak diarsipkan secara otomatis.

Kerahasiaan Dua Arah

Pengarsipan adalah tentang tampilan yang jelas dan kenang-kenangan. WhatsApp tidak akan memberi tahu orang lain jika Anda mengarsipkan percakapan, karena tidak memberi tahu mereka jika Anda telah menghapusnya. Itu juga tidak berpengaruh pada status online Anda – semua obrolan yang diarsipkan akan tetap ditampilkan jika Anda sedang online. Namun demikian, ini adalah kerahasiaan dua arah: juga tidak ada cara untuk mengetahui apakah orang lain mengarsipkan obrolan Anda.

Mereka Tidak Hilang

Jika Anda menggunakan fitur ini untuk pertama kali, Anda mungkin khawatir tidak dapat menemukannya obrolan yang diarsipkan. Tidak perlu khawatir. Anda hanya mungkin mencari di tempat yang salah.

Di Android, Anda akan menemukan percakapan yang diarsipkan dengan menggulir ke bagian bawah layar Obrolan. Di iPhone, obrolan yang diarsipkan berada tepat di bagian atas tab Obrolan.

Kembali ke Kotak Masuk

Memindahkan obrolan yang diarsipkan kembali ke kotak masuk sama mudahnya. Di Android, Anda harus mengetuk dan menahan obrolan tertentu, lalu ketuk opsi Unarchive yang akan segera memindahkan obrolan itu kembali ke kotak masuk. Di iPhone, Anda harus menggesek ke kiri pada obrolan yang dipilih dan ketuk Unarchive.

Hapus Masih Pilihan

Tidak perlu membatalkan pengarsipan obrolan jika Anda ingin menghapusnya. Prosesnya sama dengan unarchive, meskipun Anda memilih Hapus. Android akan memberi Anda pop-up untuk mengonfirmasi. Di iPhone, Anda harus mengetuk Lainnya setelah menggesek, lalu Hapus.

Ingatlah bahwa Arsip hanya tentang menyembunyikan pesan dan mendeklarasikan, sedangkan Hapus adalah langkah yang lebih permanen. Ada beberapa cara penyelesaian untuk mengembalikan jebakan yang terhapus, tetapi ini merupakan komplikasi yang tidak perlu, jadi berhati-hatilah saat memilih pilihan ini.

Arsipkan Obrolan Anda untuk Merapikan Kotak Masuk

Itulah semua yang dapat terjadi saat Anda mengarsipkan obrolan di WhatsApp, sejauh yang kami tahu tahu. Jika Anda menemukan beberapa efek samping lain, kami pasti ingin mendengarnya di bagian komentar di bawah.